Suga BTS (Sumber gambar: Instagram.com/agustd)

Suga BTS Siap Debut Tur Dunia Sebagai Penyanyi Solo di New York

27 April 2023   |   02:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Suga, member dari boygroup asal Korea Selatan BTS akhirnya memulai debut tur dunia pertamanya sebagai artis solo. Rapper bernama lengkap Min Yoongi itu menjadikan New York, Amerika Serikat sebagai kota awal turnya yang bertajuk Suga Agust D-Day pada Rabu, (26/4/23) waktu setempat. 

Agensi BigHit Music mengumumkan bahwa tur yang dimulai di UBS Arena di Belmont, New York, Amerika Serikat tersebut akan membawanya ke sembilan kota di seluruh dunia. Beberapa di antaranya termasuk di Indonesia, Jepang, Thailand, Singapura, dan Korea Selatan selama dua bulan menurut Korea Times.

Adapun dalam tur dunianya kali ini Suga akan membawakan lagu-lagu di album solo resmi pertamanya, D-Day. Tak hanya itu penyanyi berusia tiga puluh tahun itu juga kana membawakan lagu-lagu di mixtape miliknya seperti Agust D (2016) dan D-2 (2020) karena ketiga judul tersebut merupakan dari trilogi Agust D. 
 
 


Sebagai informasi, menurut data Hanteo Chart, album ketiga yang dikeluarkan dengan nama panggung Agust D itu habis terjual lebih dari 1.070.000 eksemplar pada hari pertama saat diluncurkan pada 21 April 2023 di Korea selatan. Bahkan, di Jepang album ini terjual 111.621 kopi saat hari pertama dirilis.

“Tur ini akan berfokus pada kisah Suga sebelum dan sesudah debutnya saat menghadapi beberapa titik balik karier. Pengaturan panggung dan daftar set juga akan dibuat untuk menampilkan sejarah perubahannya dengan baik lewat trilogi Agust D," kata pihak agensi.

Baca juga: Mantap! Suga BTS Pecahkan Rekor Penjualan Album Lewat D-Day

Suga pun menyebutkan bahwa dia telah mempersiapkan diri untuk tur dunia solo pertamanya itu. Pasalnya, tur yang dijalankan juga menandai tur dunia solo pertama oleh seorang anggota BTS. Oleh karenanya dia mengatakan harus memiliki persiapan yang matang agar tidak mengecewakan penggemar.

“Saya sudah berlatih terus menerus dan percaya diri untuk tur solo ini. Saya juga merasa lebih nyaman dari sebelumnya dan senang bertemu dengan ARMY. Saya harap kalian menikmati pertunjukanku,” papar Suga.

Sekadar informasi, album D-Day menandai proyek solo pertama Suga dalam tiga tahun sejak D-2 dirilis pada 2020. Album ini juga menandai bagian terakhir dari trilogi Agust D, yang dimulai dengan mixtape miliknya Agust D dan D-2.

Adapun album baru ini terdiri dari 10 lagu, diantaranya Haegeum, lagu prarilis People Pt. 2 (Feat. IU), D-Day, Huh?! (Feat. J-Hope), AMYGDALA, SDL, Interlude: Dawn, dan Snooze (Feat. Ryuichi Sakamoto, Kim Woo-sung dari The Rose).

Setelah melakukan tur solonya di New York, Suga akan melanjutkan tur  di Newark pada 29 April. Rosemont pada 3,5, dan 6 Mei. Lalu di Los Angeles pada 10, 11, dan 14 Mei. Adapun rangkaian tur terakhir AS yakni berlangsung di Oakland pada 16-17 Mei 2023.

Sementara itu, untuk tur Asia, Jakarta akan menjadi pembukanya pada 26-28 Mei di ICE BSD. Setelahnya akan dilanjutkan di Impact Arena Bangkok, Thailand pada 10--11 Juni dan Singapura pada 17--18 Juni 2023. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Lakukan 4 Hal Ini Saat Akun TikTok Kena Shadowban Saat Live Selling

BERIKUTNYA

Manfaat & Efek Samping Susu bagi Pengidap Asam Lambung, Perhatikan Aturan Minumnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: