Kebun teh menjadi salah satu pemandangan indah yang ada di kawasan puncak (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Min An)

Kawasan Puncak Macet Total, Jasa Marga Rekayasa Lalu Lintas di Tol Jagorawi

25 April 2023   |   14:34 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

PT Jasa Marga melakukan rekayasa pengalihan lalu lintas untuk mengatasi kepadatan menuju kawasan Puncak Bogor, atas diskresi kepolisian. Pengguna jalan dengan tujuan puncak melalui gerbang tol Ciawi ruas tol Jagorawi dialihkan keluar Bogor melalui gerbang tol Bogor 1 pada kilometer 40.

Para pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi rute perjalanan agar dapat mengoptimalkan rekayasa lalu lintas yang sedang berlaku pada saat ini.

“Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk dapat memastikan kecukupan saldo kartu elektronik sebelum memulai perjalanan untuk menghindari kepadatan ketika bertransaksi di gerbang tol,” demikian dalam tertulisnya.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Kawasan Puncak Bogor, Tempat Healing Presiden Sukarno & Wilayah Konservasi

Manajemen menambahkan, para pengguna jalan juga diminta untuk selalu mematuhi rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Sementara itu, dikutip dari akun Twitter @TMCPolresBogor, kepolisian menerapkan lalu lintas di jalur wisata itu menjadi satu arah dari Puncak menuju Jakarta. Pemberlakuan ini meneruskan kebijakan yang telah dilakukan sejak Senin, 24 April 2023.

Akun tersebut tercatat mengeluarkan perkembangan lalu lintas tentang jalur Puncak satu arah menuju Jakarta sejak pukul 17.30 WIB pada Senin, 24 April 2023. Kemudian, kebijakan itu masih berlanjut pada pukul 21.00 WIB.

Perkembangan terbaru adalah pada pukul 10.00 WIB hari ini, Selasa, 25 April 2023. “Saat ini jalur Puncak diberlakukan satu arah dari arah Puncak ke arah Jakarta,” demikian tulisan dalam unggahan akun Twitter @TMCPolresBogor.

Untuk diketahui, penyebab kemacetan yang terjadi di kawasan Puncak, Bogor, adalah volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan dan terdapat sejumlah simpul kemacetan.

Kawasan Puncak merupakan salah satu daerah yang menjadi langganan tujuan wisata bagi banyak pelancong, terutama yang tinggal di sekitar Jabodetabek. Bukan tanpa sebab, pemandangan yang asri dan sejuk menjadi salah satu pendorongnya.

Laman pemerintah Kabupaten Bogor, menuliskan kawasan Puncak sudah lama dikenal karena kesejukan dan kesegaran udara yang ada. Kondisi ini membuatnya menjadi salah satu daerah primadona bagi para wisatawan.

Kawasan Puncak terbentang mulai dari Kecamatan Ciawi - sampai Cisarua. Kemudian, kawasan perkebunan teh Gunung Mas milik PT Perkebunan Nusantara VIII yang terletak di Kecamatan Cisarua adalah landmark bagi daerah ini.

“Dikarenakan daerahnya yang tidak jauh dari Ibu Kota Jakarta, serta mudahnya aksesibilitas menuju daerah ini, menjadikan kawasan Puncak sebagai salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi warga ibu kota, disamping bagi wisatawan dari daerah-daerah lainnya,” demikian tertulis.

Baca juga: Lebaran Enggak Mudik? Cek 6 Wisata Alternatif Sekitar Jakarta Selain Puncak

Selain itu, di tempat ini juga terdapat tempat-tempat rekreasi dan agrowisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan, seperti gantole atau paralayang selain kebun teh. Kemudian, tempat wisata lainnya adalah Taman Safari, Kebun Bunga, dan Masjid Atta’awun dengan arsitektur yang khas.

Para wisatawan dari dalam dan luar negeri juga dapat menikmati keindahan Puncak dengan menginap di sejumlah vila dan hotel yang dimiliki oleh warga sekitar.

Editor: Fajar Sidik 
 

SEBELUMNYA

Begini Kiat Menghadapi Gelombang Panas yang Melanda Kawasan Asia Selatan

BERIKUTNYA

8 Wanita Sumber Inspirasi Perancang Busana Karl Lagerfeld dari Tahun ke Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: