Ilustrasi menonton di ruangan keluarga (Sumber gambar: Sony)

Rekomendasi Soundbar Bersuara Menggelegar, Cocok Buat Bioskop Mini di Rumah

24 April 2023   |   19:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu hal penting dalam menciptakan home theater atau bioskop di dalam rumah adalah speaker. Pemilihan speaker yang tepat membuat audio saat mendengarkan musik atau menonton film menjadi lebih berkesan dan mendebarkan. Untuk urusan ini, speaker berjenis soundbar sangat bisa diandalkan.

Jenis speaker ini cukup ringkas dan tidak membutuhkan ruang yang besar. Namun, soal kualitas, soundbar tak perlu diragukan lagi karena sudah mumpuni menghadirkan suasana bioskop di dalam rumah.

Baca juga: 5 Tips Memilih Perangkat Home Theater yang Tepat

Ada beberapa soundbar berkualitas yang kini beredar di pasaran. Salah satunya ialah seri HT-A3000 yang dikeluarkan Sony. Product Marketing Video & Sound PT Sony Indonesia Leo Saputra pengalaman menonton di rumah akan lebih terasa dengan soundbar yang memiliki teknologi 360 Spatial Sound.

Teknologi tersebut bisa menyesuaikan kondisi ruangan sehingga menciptakan efek audio yang indah. Suara yang dihasilkan tampak memenuhi ruangan.

Teknologi tersebut membuat pengguna dapat merasakan suara terasa lebih luas dan mampu memenuhi setiap bagian ruangan. Hal itu akan membuat pengguna hanyut dalam menikmati film yang ditontonnya.

“Suara yang terdengar jadi lebih sensasional. Hal itu membuatnya cocok untuk menambah sensasi menonton drama,” ujar Leo kepada Hypeabis.id.

Adanya Dolby Atmos dan Digital Theatre System juga membuat suara akan terasa lebih dekat dan jernih. Pengguna dapat mendengar setiap tarikan napas, langkah, dan kata-kata di dalam film.

HT-A3000 memiliki saluran 3,1 dengan tiga speaker depan, termasuk speaker tengah khusus untuk menghasilkan dialog jernih. Subwoofer  ganda bawaan akan menghasilkan suara bass yang bertenaga.

Leo menjelaskan HT-A3000 juga cukup praktis dioperasikan. Soundbar ini kompatibel dengan Google-assistant menggunakan Chromecast bawaan. Cukup dengan menambahkan A3000 ke grup speaker menggunakan aplikasi Google Home, pengguna bisa memutar musik, mengubah volume, atau banyak lainnya dengan menggunakan suara.

HT-A3000 dijual dengan harga Rp13,49 juta lengkap dengan subwoofer SA-SW3 pada 1 paket penjualan. Soundbar ini cocok untuk tipe ruang keluarga dengan ukuran yang sedang.
 

Ilustrasi penyebaran suara soundbar (Sumber gambar: Sony Indonesia)

Ilustrasi penyebaran suara soundbar (Sumber gambar: Sony)


Selain Sony, produsen peralatan audio asal Amerika Serikat juga memiliki soundbar  berkelas. Salah satunya ialah tipe 700 Wireless Bluetooth Home Theater Speaker.

Soundbar 700 adalah jenis speaker yang berbentuk memanjang. Seri ini memiliki berbagai spesifikasi canggih yang akan menghasilkan detail suara mirip film. Audio yang dimunculkan pada soundbar ini pun akan terasa lebih hidup.

Seri 700 juga sudah dilengkapi Adaptiq Audio Calibration. Fitur tersebut dapat mendeteksi material ruangan dan bisa menyesuaikannya sehingga dapat menghasilkan suara yang sangat bagus. Dengan demikian, fungsinya cukup fleksibel untuk beradaptasi pada ukuran ruangan.

Sesuai dengan namanya, seri ini juga telah dilengkapi dengan Wifi, Bluetooth & AirPlay 2. Speaker pun akan otomatis tersambung dengan wifi dalam satu kali pengaturan.

Untuk mendapatkan pengalaman audio yang lebih, pengguna juga bisa menambahkan wireless bass module & wireless surround. Hal itu membuat keduanya bisa diletakkan di mana pun tanpa mengganggu estetika desain rumah.

Baca juga: Dyson Zone, Headphone dan Penjernih Udara dalam Satu Perangkat Unik

Selain itu, teknologi surround speaker juga akan membuat pengalaman menonton terasa lebih nyata karena suara akan mengitar. Sensasi menonton di bioskop pun akan lebih terasa meski dilakukan di dalam rumah. Bose  Soundbar 700 Wireless Bluetooth Home Theater Speaker dibanderol dengan harga Rp16,29 juta

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Drakor & Film yang Dibintangi Choi Woo-shik

BERIKUTNYA

Blackpink Tampil Memukau dalam Balutan David Koma hingga Mugler di Coachella Week 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: