Ilustrasi makanan sehat (Sumber gambar: Freepik)

Bosen makanan Bersantan? Simak Rekomendasi Restoran Sehat di Jakarta, Yogyakarta, dan Solo

23 April 2023   |   17:38 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah kepungan makanan berlemak tinggi dan bersantan yang menggoda, prinsip untuk menjalankan gaya hidup sehat tidak boleh goyah. Genhype, boleh-boleh saja mencicipi makanan-makanan tersebut saat merayakan Lebaran. Namun, ingat, konsumsinya tidak boleh berlebihan ya.

Lagi pula, kalau sudah memasuki Lebaran hari kedua, biasanya makanan-makanan tersebut sudah banyak ditinggalkan. Sudah bosan, katanya. Saat Lebaran hari kedua dan seterusnya, biasanya memang banyak orang mulai mencari alternatif makanan baru.

Baca juga: Cerita Menarik dan Menyentuh Hati di Balik Sajian Menu Restoran August Jakarta

Nah, setelah kemarin puas mencicipi aneka kuliner Lebaran yang tinggi santan, kini kayaknya jadi saat yang tepat untuk menetralkan kembali dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Saat ini sudah banyak restoran-restoran yang menyediakan makanan sehat di berbagai daerah. Tidak hanya menyehatkan, makanan tersebut juga memiliki rasa yang enggak kalah enak. Berikut beberapa rekomendasi restoran sehat yang layak dicoba di Kota Jakarta, Yogyakarta, dan Solo Genhype.


Supergrain

 

Supergrain merupakan restoran yang tepat dikunjungi jika kamu sedang mencari makanan sehat. Restoran ini tampil cukup beda, mereka menjual berbagai menu makanan sehat dengan cita rasa yang tetap enak di lidah.

Restoran sehat ini juga unik karena kamu bisa bebas bikin menu sehatmu sendiri. Pengunjung bebas mengisi isian bowl dengan bahan-bahan yang disuka, dari pilihan sayuran hingga proteinnya juga lengkap. Namun, jika ingin yang lebih jelas, mereka juga menyediakan menu-menu signature-nya. Salah satu yang cukup
direkomendasikan adalah menu Beef Kofta Bowl.

Alamat: Grand Indonesia, East Mall 3A & Central Park Mall, LG


Burgreens

 

Sesuai dengan namanya, Burgreens menjual burger versi sehat. Restoran ini cocok buat kamu yang kangen makan burger, tetapi tetap ingin menjaga pola makan sehat. Tak perlu ragu dengan cita rasanya, Burgreens berhasil membuktikan bahwa makanan sehat enggak selalu hambar.

Selain burger, restoran ini juga menjual aneka makanan vegan lain yang tak kalah enak. Misalnya, menu pasta, sandwich, rendang, nasi goreng, karaage, dan masih banyak lagi. Menu-menu yang disajikan di sini sudah dirancang khusus untuk orang Asia sehingga rasanya pun bisa tetap masuk.

Sebagai pelengkap, restoran ini juga menyediakan aneka shake berbasis tumbuhan yang lezat, jus dan sari rempah bahan-bahan sayuran, dan masih banyak lagi.

Alamat: Burgreens Darmawangsa, Burgreens Menteng, Burgreens Pondok Indah Mall, Burgreens Oakwood, Burgreens Mall Of Indonesia


SaladStop!

Salad selama ini identik dengan makanan sehat yang hanya berisi sayuran saja. Namun, salad sebenarnya adalah makanan yang bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan lain. Paduan antara pilihan protein yang berkualitas dan saus yang lezat, akan membuat sebuah salad jadi sangat nikmat.

Sebagai sebuah restoran yang berfokus pada menu salad, SaladStop! Memiliki banyak sekali varian sayuran sebagai isi dari makananya. Tak hanya itu, pilihan protein dan saus yang digunakan juga beragam.

Mereka baru-baru ini juga memperkenalkan seri menu terbarunya bernama SaladStop! BBQ Series. Seri baru ini menggabungkan sayuran organik dengan kreasi protein, yang ditambah dengan dressing nikmat. Terlebih, protein atau daging yang dipakai juga tidak menggunakan minyak tambahan, tetapi dari minyak alami yang sudah terkandung di dalam daging tersebut.

Alamat: Central Park Mall Lower Ground, Grand Indonesia West Mall Lower Ground, Gandaria City Ground Floow, dll


Veganissimo

Veganissimo merupakan restoran alternatif bagi orang yang sedang berburu kuliner vegetarian di Yogyakarta. Jam bukanya cukup lebar, yakni dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jadi Genhype bisa ke sini untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam.

Veganissimo menjajakan aneka menu makanan khas di daerah Jawa, khususnya Yogyakarta. Namun, sesuai dengan namanya, menu tersebut menggunakan bahan-bahan vegetarian sehingga aman bagi penganut diet vegan. Beberapa menunya yang terkenal seperti Nasgor sayur, nasgor rumput laut, mi goreng, mi jawa, mi sagu goreng, bihun kangkung, dan masih banyak lagi.

Alamat: Jalan Wisata, Pringwulung, Condongcatur, Sleman


Jejamuran

Jejamuran menjadi restoran sehat selanjutnya yang layak dikunjungi. Nama Jejamuran diambil dari menu mereka yang mayoritas menjajakan jamur. Mereka menjadikan jamur, yang tadinya hanya sebagai menu pinggiran, kini menjadi menu utama mereka.

Di restoran Jejamuran, jamur rupanya bisa diolah jadi beragai menu enak. Misalnya, sate jamur, jamur tongseng, rendang jamur, dan masih banyak lagi. Menu ini tentunya juga jadi salah satu alternatif jika sedang mencari menu sehat di kota Yogyakarta.

Alamat: Jalan Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta


Selat Solo

Sedang ada di Solo dan ingin makanan sehat, Selat Solo bisa menjadi pilihan terbaiknya. Makanan khas di daerah tersebut ini tidak mengandung santan dan tidak banyak mengandung minyak maupun gula.

Secara bentuk, Selat Solo mirip seperti steak ala Eropa yang sudah dimodifikasi. Biasanya, Selat Solo akan disajikan dengan aneka sayuran yang jumlahnya banyak dan tentu saja selat solonya sebagai sajian utama. Kuah segarnya akan membuat siapa saja menyukai makanan ini.

Alamat: Ada banyak Selat Solo, beberapa rekomendasinya dalah Selat Solo Mbak Lies, Selat Solo Tenda Biru, Omah Selat, dll.


Brambang Asem

Brambang Asem juga menjadi kuliner khas Solo yang direkomendasikan. Makanan sehat ini terbuat dari daun ibu jalar yang disajikan dengan tempe gembus. Daun ubi jalar yang sudah direbus tersebut kemudian disiram dengan sambal khusus yang memiliki rasa manis, pedas, dan menyegarkan.

Sekilas, makanan ini mungkin mirip pecel. Namun, sebenarnya keduanya berbeda. Selain bahannya yang berbeda, sambal yang digunakan menggunakan asam jawa, sehingga rasanya yang muncul adalah asam dan pedas. Sebagai salah satu makanan khas di daerah ini, tentu tidak cukup sulit menemukan kuliner ini di berbagai tempat.

Alamat: Ada banyak Brambang Asem di Solo, beberapa yang direkomendasikan adalah Brambang Asem Warned dan Anno Juice, Brambang Asem Mbah Wongso, dan sebagainya.

Baca juga: Rekomendasi Restoran Buffet Hotel Bintang 5 di Jakarta

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Hindari Puncak Arus Balik Lebaran, Ada Diskon Jalan Tol di Tanggal Segini Loh

BERIKUTNYA

3 Resep Sajian Daun Kelor yang Bisa Menjadi Pilihan Pada Hari Kedua Lebaran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: