Microsoft Photos (sumber foto: Tangkapan layar Microsoft)

Membandingkan Microsoft Photos dengan Photos Legacy

21 April 2023   |   14:11 WIB

Sesuatu yang terbaru tidak selalu lebih baik. Ini mungkin berlaku juga dengan aplikasi Microsoft Photos dan Photos Legacy.  Kedua aplikasi dari Microsoft ini dapat digunakan untuk mengelola foto dan video di Windows 11. Microsoft Photos adalah versi yang lebih baru yang hanya tersedia di Windows 11. Photos Legacy adalah versi sebelumnya dari Microsoft Photos, sebagaimana dijumpai di Windows 10.

Meskipun Photos lebih baru, cukup banyak pengguna Windows yang masih lebih menyukai Photos Legacy. Sepertinya Microsoft menyadari hal ini, karena kita masih bisa mengunduh Photos Legacy ini dari toko aplikasi Microsoft Store. Dalam kesempatan ini kita akan membandingkan kedua aplikasi pengelola foto tersebut.


Integrasi dengan OneDrive

Baik Microsoft Photos dan Photos Legacy terintegrasi dengan Microsoft OneDrive.  Layanan penyimpanan daring ini merupakan bawaan Windows, dan memungkinkan pengguna untuk menyimpan, berbagi, dan mengakses foto dan video dari mana saja.

Integrasi dengan OneDrive ini  akan menarik buat pengguna aplikasi, karena  pengguna tidak perlu khawatir kehilangan atau kehabisan ruang penyimpanan di perangkat mereka. Namun bila Anda memanfaatkan fitur penyimpanan daring ini, pastikan bahwa Anda punya kapasitas yang cukup. Kapasitas layanan versi gratisan ini hanya 5 GB, walaupun pelanggan Microsoft yang lebih lama mungkin bisa mengakses sampai 25 GB.
 

Integrasi dengan iCloud

Hanya aplikasi Microsoft Photos yang bisa terintegrasi dengan Apple iCloud, layanan penyimpanan daring  yang mungkin dimiliki pengguna Windows yang juga memiliki iPhone/iPad atau Mac.

Bila Anda ingin mengakses layanan iCloud dari Windows, ini dapat dilakukan dari Microsoft Photos, bukan dari Photos Legacy. Dengan integrasi ini, pengguna dapat menyinkronkan foto dan video antara perangkat Windows 11 dan Apple dengan mudah.
 

Fitur penyunting video

Perbedaan lain antara Microsoft Photos dan Photos Legacy adalah bahwa Microsoft Photos tidak disertai dengan editor video. Sebagai gantinya, Microsoft mempromosikan Clipchamp. Aplikasi ini tersedia baik sebagai aplikasi web atau aplikasi Windows. Clipchamp memiliki fitur seperti pemotongan, transisi, teks, musik, filter, efek khusus, dan lain-lain. Clipchamp dapat diakses melalui browser atau diunduh dari Microsoft Store.

 

Photos Legacy  (Sumber foto Tangkapan layar)

Photos Legacy (Sumber foto Tangkapan layar)


Sementara itu, Photos Legacy masih memiliki editor video bawaan yang dapat digunakan untuk membuat film pendek dari foto dan video yang dipilih. Editor video ini memiliki fitur-fitur dasar seperti menambahkan judul, musik latar belakang, tema visual, durasi slide, dan sebagainya.
 

Pencarian foto

Fitur pencarian adalah salah satu keunggulan aplikasi Photos Legacy. Di aplikasi ini, kita bisa mencari foto berdasarkan orang, tempat, atau benda-benda. Ini karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur deteksi. Sayangnya fitur ini tidak tersedia di versi Microsoft Photos. Kita hanya bisa mencari berdasarkan tanggal, nama berkas, dan jenis berkas.

Untuk memanfaatkan fitur pencarian ini dengan lebih maksimal pada Photos Legacy, Anda harus mengaktifkan fitur pengindeks (indexing) dan pelabelan (tagging), serta mengizinkan Photos Legacy mengakses data buku alamat.


Tidak perlu memilih

Bila Anda ingin aplikasi yang lebih sederhana dan lebih terintegrasi dengan Apple iCloud (tidak hanya OneDrive), Microsoft Photos edisi baru mungkin akan lebih Anda sukai. Namun bila Anda lebih suka aplikasi yang lebih lengkap fiturnya, lengkap dengan penyunting video bawaan, Photos Legacy akan lebih menarik buat dicoba.

Baca juga: Menjajal Bing Chat, Mirip Chat GPT dari Microsoft

Untungnya, kita tidak perlu memilih antara Microsoft Photos atau Photos Legacy, karena keduanya dapat  dipasang bersamaan di komputer Windows 11.  Bila ingin mencari alternatif non-Microsoft, Google Photos masih menjadi alternatif utama. Sayangnya tidak ada versi desktop dari aplikasi ini, dan kita hanya bisa mengakses dari versi web.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

6 Fitur Unggulan Ponsel Pintar iQOO Z7 Series 5G yang Dukung Aktivitas Liburan di Hari Raya

BERIKUTNYA

Kartini dalam Wajah-Wajah Seniman Perempuan Masa Kini, Simak Cerita Inspiratifnya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: