Masyarakat bisa memanfaatkan bus transjakarta untuk berlibur (Sumber gambar ilustrasi: pxels/ Jen)

Ini Rute Transjakarta Saat Libur Lebaran ke Tempat Wisata di Jakarta

21 April 2023   |   04:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Lebaran memang menjadi ajang bagi banyak orang untuk pulang ke kampung halaman alias mudik. Namun, tidak semua bisa melakukannya karena beragam alasan. Meskipun begitu, mereka bisa tetap menikmati liburan di ibu kota memanfaatkan transportasi umum.

Salah satu liburan yang dapat dilakukan di Jakarta adalah dengan berkeliling kota ini. Suasana Jakarta yang sepi dan lengang menjadi pemandangan tersendiri yang langka dan hanya dapat terjadi satu tahun sekali. Selain itu, kalian juga bisa menikmati berbagai tempat liburan yang akan buka pada masa libur Lebaran tahun ini.

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta, Daud Joseph mengatakan manajemen akan mengoperasikan sebanyak empat rute menuju tempat wisata selama periode libur Lebaran tahun ini. Rute-rute itu adalah Puri Beta – Ragunan, Pulo Gadung 2 – Ragunan, Juanda – Ancol, dan Ragunan – Departemen Pertanian.

Menurutnya, bus Transjakarta dengan rute ke sejumlah tempat wisata akan mulai beroperasi dari 22 sampai 30 April 2023. “Kami siap mendukung kegiatan berwisata bagi warga DKI Jakarta dengan layanan kami,” katanya.

Dia menambahkan, perusahaan juga telah memiliki bus Transjakarta yang memiliki rute ke sejumlah tempat wisata, seperti Taman Mini Indonesia Indah dengan rute Kampung Rambutan – Pancoran via Taman Mini Indonesia Indah. Kemudian, kawasan Monas dengan rute koridor 1 Blok M - Kota, koridor 2 Pulo Gadung - Juanda dan koridor 3 Kalideres - Bundaran HI.

 

Ilustrasi bus Transjakarta (sumber foto: Bisnis/Suselo Jati

Ilustrasi bus Transjakarta (sumber foto: Bisnis/Suselo Jati


Dia menuturkan manajemen akan melakukan penyesuaian waktu layanan pada saat perayaan Idulfitri 1444 H. Layanan pertama akan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB. Kebijakan ini merupakan bentuk kepedulian manajemen kepada seluruh karyawan guna melaksanakan salat Idulftri.

“Setelah itu, kami akan kembali melayani pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam bermobilitas menggunakan transportasi publik yang terbaik,” katanya

Penyesuaian jam operasional ini berlaku di semua layanan transjakarta,  baik bus rapid transit (BRT), Non BRT, bus wisata, hingga mikrotrans.

TransJakarta adalah sebuah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan dengan jalur lintasan terpanjang di dunia, yakni 208 km. Sistem BRT ini didesain berdasarkan sistem TransMilenio di Bogota, Kolombia. Terhitung sejak 1 Februari 2004, TransJakarta resmi beroperasi.

Pada 2011, TransJakarta menenerapkan sistem manajemen armada terpadu. Salah satunya adalah melakukan integrasi dengan operator bus untuk menyediakan layanan feeder busway bagi para pelanggannya.

Pada tahun ini juga perusahaan mulai melakukan persiapan pembukaan layanan koridor 11 & 12 serta mengganti bus koridor 1 dengan bus articulated.

Baca juga: TMII, Primadona Wisata Jakarta yang Sempat Jadi Polemik

Pada 27 Maret 2014, status transJakarta mengalami perubahan status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan resmi berganti nama menjadi PT. Transportasi Jakarta. Rencana pembukaan layanan koridor-koridor baru terus berjalan dan sejumlah inovasi diluncurkan demi kenyamanan para pelanggan.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Tok, Pemerintah Tetapkan Idulfitri 2023 Jatuh pada Sabtu 22 April

BERIKUTNYA

Rekomendasi Tempat Jasa Penitipan Anabul, Mudik Dijamin Tenang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: