Menggunakan masker menjadi cara agar terhindar dari Covid-19 (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Anna Shvets)

Ini Tip Terhindar Dari Covid-19 yang Kembali Marak

20 April 2023   |   15:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Kasus Covid-19 di dalam negeri terus mengalami pertumbuhan. Data 19 April 2023 menunjukkan terdapat lebih dari 1.000 kasus baru. Kondisi ini membuat para pemudik perlu tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terkena kasus tersebut.

Dikutip dari laman Setkab, Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali masyarakat mengenai betapa penting vaksinasi Covid-19 lengkap karena merupakan salah satu solusi mengatasi tren peningkatan kasus virus tersebut.

“Saat ini penyebaran Covid-19 mulai agak meningkat. Namun, kita tidak perlu menyikapinya secara berlebihan. Dan untuk itu saya mengingatkan kembali pentingnya vaksinasi,” katanya.

Baca juga: Waspada Cuaca Tak Menentu, Ini 4 Penyakit Langganan Saat Musim Pancaroba

Tidak hanya itu, pria yang akrab disapa Jokowi itu juga meminta masyarakat untuk waspada dan tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam menjalankan protokol kesehatan. Salah satu di antaranya adalah menggunakan masker ketika sedang sakit. Selain itu, masyarakat juga dihimbau menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setelah melakukan berbagai kegiatan.

Untuk diketahui, pada saat ini, pemerintah tidak melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Kondisi ini membuat banyak orang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran pada tahun ini. Mereka antusias setelah beberapa tahun tidak mudik.

Keadaan ini berpotensi membuat pemudik terpapar virus Covid-19 di tengah penambahan kasus yang tengah terjadi. Guna menghindarinya, berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan oleh kalian dirangkum dari berbagai sumber.


Memakai Masker

Seperti yang telah diungkapkan oleh Presiden Joko Widodo, memakai masker merupakan salah satu cara utama yang dapat dilakukan untuk terhindar dari virus Covid-19. Jadi, gunakan masker dalam berbagai kesempatan minimal 3 lapis.

Masker harus selalu digunakan ketika berada di dalam moda transportasi, berada di tempat-tempat keramaian yang tidak memungkinkan untuk menjaga jarak, dan dalam kondisi sedang tidak sehat seperti flu atau demam.


Cuci Tangan & Gunakan Hand Sanitizer

Cara lain agar tidak terpapar virus Covid-19 adalah selalu mencuci tangan di air mengalir dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer setiap selesai melakukan kegiatan. Salah satu di antaranya seperti memegang hidung atau mengucek mata.  

Dengan begitu, maka virus yang mungkin nempel di tangan dapat mati atau hilang. Kondisi ini membuat kalian dapat terhindar darinya, sehingga kalian tidak akan mengalami sejumlah gejalanya.


Tidak Menyentuh Mata & Hidung

Langkah lain agar tidak terpapar Covid-19 adalah tidak menyentuh mata & hidung. Bukan tanpa sebab, salah satu penyebaran virus tersebut melalui droplet yang dapat menempel di sejumlah tempat dan disentuh oleh tangan.

Tangan yang menyentuh mata & hidung dapat membuat virus yang berada di tangan masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini membuat individu terkena virus tersebut.


Tidak Berbincang tanpa Masker

Cara lain agar terhindar dari Covid-19 adalah tidak berbincang dengan orang lain tanpa masker dalam jarang yang dekat, terlebih individu itu baru dikenal. Seseorang dapat terpapar Covid-19 dari orang lain melalui droplet yang mungkin keluar dari dalam tubuh ketika berbicang dalam jarak yang dekat.

Kita tidak pernah tahu seseorang terkena Covid-19 atau tidak lantaran bisa saja mereka yang terpapar tidak memiliki gejala. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu berjaga. 


Daya Tahan Tubuh

Selain itu, langkah lain yang tidak kalah penting adalah menjaga daya tahan tubuh agar tidak terkena Covid-19. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang agar imun dapat tetap kuat, seperti cukup istirahat, makan makanan yang bergizi, dan mengonsumsi vitamin jika perlu.

Aktivitas perjalanan mudik pada saat menjalani puasa ditambah kondisi cuaca pada masa pancaroba membuat sistem imun tubuh berpotensi melemah. Daya tahan tubuh yang lemah membuat kalian dapat dengan mudah terserang Covid-19. 


Vaksin

Vaksinasi Covid-19 lengkap, yakni satu dan dua, merupakan salah satu langkah ampuh mengatasi kemungkinan terpapar virus tersebut. Jadi, segera lakukan vaksinasi sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Pada saat ini, terdapat sejumlah fasilitas vaksinasi Covid-19 yang dapat dimanfaatkan oleh individu yang belum mendapatkannya. Salah satu di antaranya adalah di stasiun kereta api. 


Editor: Indyah Sutrinngrum

SEBELUMNYA

Gerhana Matahari Hibrida Redupkan Langit Siang di Berbagai Wilayah Indonesia

BERIKUTNYA

Menjajal Bing Chat, Mirip Chat GPT dari Microsoft

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: