Banyak cara untuk membuat momen Lebaran makin berkesan (Sumber gambar: Thirdman/Pexels)

5 Cara Bikin Suasana Lebaran Makin Seru & Berkesan

20 April 2023   |   08:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Idulfitri sudah di depan mata. Pada momen Lebaran, umat Muslim di Indonesia memiliki beragam kebiasaan atau tradisi dimulai dari salat Ied, sungkeman atau bermaaf-maafan dengan orang tua dan keluarga inti, hingga berkumpul dengan keluarga besar. Semua bersuka cita untuk menyambut Hari Kemenangan.

Bagi tuan rumah, Lebaran juga memberikan kesempatan untuk menjamu tamu dengan sebaik-baiknya untuk menciptakan sebuah kebahagiaan dalam kebersamaan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana Lebaran yang seru dan berkesan bagi seluruh anggota keluarga dan sanak saudara seperti berikut ini.

Baca juga: Lebaran Tiba! Intip 5 Kiat Tetap Sehat saat Merayakan Idulfitri


1. Dekorasi Rumah

Sebagai tempat berkumpul, tak ada salahnya jika kalian mendekorasi rumah untuk menyambut Lebaran agar terasa hangat dan nyaman. Tak perlu mendekornya dengan aksesoris yang mahal dan rumit, kalian bisa mempercantik rumah dengan hiasan sederhana seperti gambar bintang dan bulan serta gantungan ketupat. Dengan begitu, suasan Lebaran pun semakin terasa.
 

Contoh dekorasi Lebaran (Sumber gambar: Yusuf M/Pexels)

Contoh dekorasi Lebaran (Sumber gambar: Yusuf M/Pexels)


2. Abadikan Momen bersama Keluarga

Untuk menciptakan momen yang lebih berkesan, kalian juga bisa menyempatkan diri bersama keluarga besar untuk membuat video ucapan selamat Idulfitri yang bisa kalian simpan atau unggah ke media sosial.

Selain itu, selagi keluarga besar berkumpul, kalian juga bisa meluangkan waktu untuk membuat foto keluarga yang bisa dikenang pada masa mendatang. Apalagi jika kalian merupakan seorang perantau, foto atau video bersama keluarga bisa memberikan nuansa hangat di manapun kalian berada.


3. Berbagi THR

Meskipun tak wajib, Lebaran seolah kurang lengkap tanpa kehadiran tunjangan hari raya atau yang bisa disebut THR. Kegiatan lebaran Idulfitri yang telah menjadi tradisi ini biasanya dilakukan dengan membagikan THR kepada keponakan, keluarga, serta kerabat, baik secara langsung ataupun melalui transfer bank dan e-wallet.

Di samping itu, mengisi kegiatan selama lebaran dengan berbagi THR juga merupakan bentuk syukur sekaligus cara untuk mengungkapkan rasa perhatian kepada keluarga.
 

Ilustrasi momen Lebaran (Sumber gambar: Thirdman/Pexels)

Ilustrasi momen Lebaran (Sumber gambar: Thirdman/Pexels)


4. Ciptakan Aktivitas yang Seru

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan waktu luang saat Lebaran, misalnya dengan menonton film bernuansa Islami dengan keluarga. Selain menghibur, film-film bertemakan Islami ini tentunya juga mengandung nilai positif yang dapat diambil dan bermanfaat untuk sebagai refleksi diri.

Jika menonton film mulai membosankan, selingi dengan aneka permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga, misalnya membuat kuis, atau sekadar bercengkerama dengan keluarga.


5. Suguhkan Menu Spesial

Berkumpul bersama keluarga rasanya kurang afdol jika tidak disuguhi makanan spesial atau hidangan khas Lebaran seperti ketupat, opor ayam, rendang, dan kue kering. Selain itu, kalian juga bisa membuat aneka minuman segar yang bisa dinikmati oleh keluarga dan tamu yang berkunjung ke rumah, sebagai teman saat sedang bercengkrama.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Agensi Konfirmasi Kematian Moonbin Astro, Konser di Jakarta Batal Digelar

BERIKUTNYA

Lomba Sihir Suguhkan Musik yang Berbeda dalam Single Ribuan Memori

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: