Ilustrasi kuliner khas Indonesia. (Sumber gambar : Freepik/Timolina)

7 Kuliner Legendaris Jalur Pantura, Cocok Jadi Tempat Singgah saat Mudik

17 April 2023   |   19:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

4. Nasi Grombyang, Pemalang

Ketika singgah ke Pemalang, kamu bisa menjajal nikmatnya nasi grombyang. Tidak jauh dari alun-alun kota, kamu bisa menikmati sajian yang mirip rawon ini. 

Walaupun tampilannya mirip rawon, bumbu rempah grombyang lebih kuat dan kuahnya lebih encer dibandingkan dengan rawon. Rasanya semakin gurih dan sedap dengan campuran kelapa yang disangrai serta tambahan daging kerbau atau sapi yang empuk. 
 

5. Nasi Megono, Pekalongan

Singgah di Pekalongan, kuliner yang wajib dicoba yakni nasi megono. Sajian ini berupa nasi hangat yang dihidangkan dengan sayur nangka cacah halus lengkap dengan kelapa parut dan kecombrang. Nasi ini bebas disantap dengan ragam lauk favorit seperti ayam goreng, tongseng sapi, ayam kecap, gorengan, hingga tumis terong.

Mengutip Traveloka, salah satu tempat yang menawarkan lezatnya nasi megono di Pekalongan yaitu Warung Mbak Ibah yang berada di kawasan Sorogenen, tepatnya di Jalan Mawar tak jauh dari Lapangan Sorogenen. Warung ini telah menjajakan nasi megono sejak 1992. 
 

6. Tahu Gimbal, Semarang

Beranjak ke wilayah Semarang, kamu bisa mencicipi Tahu Gimbal. Dinamakan demikian, karena sajian ini terdiri potongan tahu goreng, telur, lontong, kol, serta gimbal (udang yang digoreng dengan tepung), kemudian disiram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Rasa menu ini sangat khas karena bumbunya menggunakan petis udang. 
 

7. Sate Buntel, Solo 

Tiba di kampung halaman Presiden Jokowi, cobalah cicipi sate buntel. Hidangan ini merupakan olahan sate kambing khas Solo yang unik. 

Adapun yang membuat sate buntel berbeda dengan sate kambing biasanya adalah dagingnya yang dipotong cincang serta tambahan lemak kambing tipis sebagai pembungkus dagingnya. Selain itu, ciri khas lain dari sate buntel terdapat pada taburan lada yang melimpah di atas satenya.

Baca juga: Kerap Disajikan Saat Lebaran, Apa Beda Ketupat, Lontong, & Buras?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

4 Tip Outfit Lebaran yang Nyaman dan Stylish dari Zaskia Sungkar

BERIKUTNYA

4 Drama Korea Terbaru Untuk Menemani Libur Lebaran, Ada Duty After School

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: