Kolak merupakan salah satu menu 'wajib' saat berbuka puasa (Sumber: Bisnis/Nurul Hidayat)

Rekomendasi Ide & Resep 5 Kuliner Khas Ramadan, Cocok untuk Berbuka Puasa

28 March 2023   |   10:39 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Ramadan telah tiba, berbagai kegiatan dan tradisi dilakukan umat muslim di seluruh dunia untuk turut merayakan bulan suci dan penuh ampunan ini. Salah satu yang pantang dilewatkan adalah menyantap sajian khas bulan puasa atau biasa disebut takjil. 

Saat Ramadan, takjil marak dijajakan di berbagai tempat dan mudah ditemukan di mana-mana dibanding bulan biasa. Genhype tentu akrab dengan takjil seperti es pleret, jalakotek, atau bubur kampiun yang menjadi hidangan khas saat puasa.

Namun, selain menu tersebut ada juga ragam kuliner lain khas Ramadan yang bisa dijadikan inspirasi untuk berbuka puasa. Tak hanya itu, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah agar lebih puas dan higienis. Dirangkum dari berbagai sumber berikut beberapa di antaranya. 

Baca juga: Cek 7 Lokasi Berburu Takjil Murah Meriah di Jakarta, dari Benhil hingga Gandaria


1. Es Timun Suri

Minuman satu ini memang menjadi salah satu andalan saat berbuka puasa. Ya, es timun suri merupakan salah satu menu yang digandrungi masyarakat karena rasanya yang menyegarkan. Selain itu, buah ini juga memiliki aroma harum dan tekstur yang empuk.

Bagi yang tertarik, cara membuat es timun suri pun cukup mudah. Kalian hanya perlu mengeruk daging timun suri, lalu campurkan dengan air dan sirup sesuai selera. Untuk menggugah selera, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan lain seperti kelapa, blewah, atau buah naga.
 

2. Kolak 

Kudapan manis ini pun sudah tidak asing bagi lidah masyarakat Indonesia sebagai menu andalan untuk berbuka. Ya, kolak memang identik sebagai menu takjil berbuka puasa. Oleh karena itu, tak lengkap rasanya jika tak menyantap kolak pada bulan Ramadan.

Cara membuat kolak juga cukup praktis. Kamu hanya perlu merebus air dengan gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Kemudian tambahkan bahan seperti ubi, pisang, dan kolang-kaling, serta sejumput garam. Setelahnya, masukkan santan, dan masak hingga kuahnya mengental.
 

3. Es Pisang Ijo

Selain es timun suri, es pisang ijo juga kerap menjadi favorit saat buka puasa. Ya, sajian khas Makassar, Sulawesi Selatan ini memang menggugah selera, dan menjadi salah satu pilihan untuk melepas dahaga ketika berbuka puasa.

Untuk membuatnya caranya pun cukup mudah. Yaitu campurkan tepung beras, garam, air daun suji, dan pewarna hijau. Didihkan di api kecil sambil diaduk. Setelahnya, masukkan tepung sagu, aduk hingga kalis. Balut pisang dengan adonan, lalu rebus hingga mengapung. Kukus selama sekitar 20 menit.

Setelah itu, potong-potong pisang sesuai selera. Sajikan dengan sirup, susu kental manis, es serut, dan saus yang terbuat dari santan yang sudah dididihkan. Untuk menggugah selera, kamu juga bisa menambahkan bubur sumsum, dan es mutiara.
 

4. Ketan Bintul

Bagi yang berasal dari Banten dan Jawa Barat, pasti sudah tidak asing dengan sajian ini, yakni ketan bintul. Ya, kudapan dengan tekstur lembut dan rasa yang gurih berkat taburan bumbu serundeng ini memang menjadi salah satu menu primadona untuk berbuka.

Cara membuat ketan bintul adalah dengan mengukus ketan yang telah direndam semalaman selama 20 menit. Kemudian, masak santan, sejumput garam dan pandan, lalu campurkan dengan ketan. Kukus kembali ketan hingga lembut dengan cara diaduk. Lalu bentuk ketan sesuai selera, dan sajikan dengan taburan serundeng kelapa.
 

5. Bubur Pacar China

Sajian buka puasa yang satu ini berasal dari Betawi, dan tidak boleh dilewatkan oleh kalian. Bubur pacar Bhina terbuat dari tepung sagu yang diolah cukup sederhana, yaitu dengan merebus biji pacar china hingga matang dan empuk.

Setelah itu, kalian bisa memasukan biji pacar China ke dalam olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Rebus semua bahan dengan api kecil sambil diaduk. Matikan kompor setelah dirasa matang. Sajikan bubur pacar china sesuai selera.

Baca juga: Mulai Puasa Ramadan, Cek 5 Resep Menu Sahur Mudah dan Praktis

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Asyik, IVE Rilis MV Kitsch Jelang Comeback Untuk Album Terbaru

BERIKUTNYA

MultiVersus Tutup Open Beta 25 Juni 2023, Kapan Versi Full Game Rilis?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: