Durian (Sumber gambar: Jim Teo/Unsplash)

10 Tip Memilih Durian yang Matang, Manis & Banyak Dagingnya

11 August 2022   |   10:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, buah durian tentu sudah dikenal dan disukai banyak orang. Julukan The King of Fruit atau ‘raja buah’ yang disematkan pada durian bukan tanpa alasan. Pasalnya, selain aroma khasnya yang tajam, buah durian memiliki tekstur yang menarik serta rasanya yang manis legit.

Bagi sebagian orang, hanya dengan mencium aroma atau mencicipi daging buahnya sedikit, mereka bisa langsung mengenali buah ini. Meski begitu, untuk mendapatkan buah durian dengan rasa manis yang pas, tentu seseorang tidak bisa sembarangan memilih. Kalian harus tahu apa saja ciri-ciri yang menandakan jika buah tersebut benar-benar telah masak dan memiliki rasa manis.

Jika salah memilih, bukan tidak mungkin kalian malah kecewa karena durian tersebut tawar, lembek, dan dagingnya pun sedikit. Nah, untuk kalian yang ingin membeli buah durian namun masih bingung bagaimana cara memilihnya, berikut ini adalah tujuh cara memilih durian yang matang dan manis.
 

1. Berbentuk Bulat

Jika kalian ingin memperoleh buah durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Melansir dari laman Kementerian Pertanian, buah yang bentuknya lonjong cenderung memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat.
 

2. Pilih yang Ringan

Beberapa orang awam tentu akan berpikir semakin berat buah durian, mungkin akan semakin banyak isinya, sehingga memilih buah durian dengan bobot yang lebih berat. Padahal, cara memilih durian yang tepat justru adalah memilih bobot buah yang ringan.

Jika kalian membeli buah durian dengan bobot yang ringan maka bisa pertanda kalau buah durian tersebut matang dan berlimpah. Sebaliknya, semakin berat durian tersebut maka bijinya yang besar, bukan dagingnya.
 

Durian (Sumber gambar: Jhonny Clow/Unsplash)

Durian (Sumber gambar: Jhonny Clow/Unsplash)


3. Tangkai Tebal & Pendek

Saat memilih durian, selain dari sisi warna, ukuran, dan aroma, penting juga untuk memperhatikan tangkai yang bisa menjadi petunjuk durian sudah matang atau belum. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak.

Sebaliknya, jika tangkainya ramping dan panjang bisa pertanda daging tersebut sedikit dan tidak terlalu tebal. Jadi, mulai sekarang cobalah memperhatikan tangkai durian yang akan kalian beli jika ingin menyantap daging buah durian yang lebih tebal.


4. Cek Bunyinya

Ciri-ciri durian matang juga bisa diketahui ketika kalian mengetuk buah tersebut. Cara ini juga sering dilakukan oleh para penjual durian jika ingin memilihkan untuk pembelinya dengan cara mengetuk-ketuk.

Untuk menghindari durinya, maka kalian bisa minta penjual untuk mengetuknya, lalu cermati bunyi yang timbul. Bila durian sudah matang, maka bunyinya akan terasa sedikit berat dan terendam seperti "bluk-bluk", sedangkan jika suaranya terdengar seperti rongga, maka bisa menjadi tanda bahwa durian sudah tak lagi segar.


5. Cermati Bentuk Durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, kalian juga bisa mencermati bentuk durinya. Pilih durian dengan bentuk duri pendek dan jarang, karena dipercaya lebih manis. Sebaliknya, jika kalian mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, bisa jadi kalian akan mendapatkan buah durian dengan daging yang sedikit.
 
1
2


SEBELUMNYA

Ekstrakurikuler & Kepemimpinan Jadi Kunci Penting Lolos Seleksi Kampus Luar Negeri

BERIKUTNYA

Bintang Gandeng Irukandji, Berkolaborasi Meluncurkan 33 NFT

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: