(Sumber gambar: unsplash/piotrmusioł)

Deretan Buah yang Aman Dikonsumsi Kucing

06 October 2023   |   22:30 WIB

Tidak dapat dipungkiri, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan tergemas favorit keluarga. Sejatinya kucing merupakan hewan karnivora. Daging merupakan makanan pokok mereka, mulai dari daging ikan, ayam, kelinci, hingga burung pun dapat mereka buru di alam liar.

Kucing juga mempunyai keunikan memakan rumput. Bukan berarti mereka doyan, alasan kucing makan rumput biasanya untuk membantu mereka mengatasi sakit perut. Saat kucing makan rumput, lalu mereka akan muntah karena tidak memiliki enzim yang cukup untuk mencernanya.

Baca juga: 6 Jenis Kucing yang Menggemaskan, dari Persia hingga Siam

Jadi memakan rumput membantu mereka memuntahkan sesuatu yang perlu dibuang dari perutnya seperti bulu-bulu maupun tulang.

Nah, bagaimana jika memakan buah-buahan? Apa kucing bisa memakannya serta amankah bagi pencernaan mereka? Biar sama-sama paham agar tidak membahayakan kucing, simak penjelasan berikut ini ya, Genhype.

Apakah Aman Kucing Konsumsi Buah?
Sebenarnya ada beberapa buah yang aman dimakan oleh kucing, tetapi juga ada yang berbahaya bila dikonsumsi. Kucing hanya boleh makan buah dalam porsi kecil dan tidak boleh terlalu sering. Dan juga pastikan untuk membuang kulit dan biji buah, karena kedua hal itu bisa membuat kucing mulas serta sistem pencernaannya terganggu.

Melansir dari Cat-World, beberapa buah yang bisa dikonsumsi oleh kucing yaitu, apel tanpa biji, semangka tanpa biji, pisang, kiwi, hingga berbagai macam buah beri. Tetapi, ada juga buah-buahan yang dilarang untuk dimakan kucing, antara lain jenis buah seperti jeruk, anggur, kismis, dan lemon sangat penting untuk dihindari, karena bila tidak sengaja termakan maka bisa menimbulkan reaksi negatif pada tubuhnya.

Sama seperti sayur, buah-buahan makanan berserat untuk kucing, jadi harus dibatasi pemberiannya, hanya sekitar 2 persen atau 1 inci dari porsi makanan kucing setiap harinya. Cara pemberian buah untuk kucing yaitu bisa dalam bentuk utuh atau dicampur pada makanannya, dan kembali lagi apa jenis buahnya. Berikut buah-buahan yang aman untuk kucing:


1. Semangka

Apakah kucing peliharaan kalian pernah memakan semangka? Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir. Mengutip dari Pet MD, semangka termasuk ke dalam salah satu buah yang aman dikonsumsi oleh kucing karena tidak menimbulkan racun. Namun, jangan terlalu banyak, cukup berikan 1-2 kali dalam seminggu dan pastikan biji semangka jangan sampai termakan.


2. Pisang

Selanjutnya, buah yang dapat kamu berikan untuk kucing adalah pisang. Buah ini mengandung vitamin B6 dan vitamin C, kalium, serta karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi serta energinya.
Tetapi perlu diingat, tidak semua kucing bisa memakannya. Pisang mengandung banyak gula dan tepung, maka tidak boleh dikonsumsi oleh kucing obesitas dan menderita diabetes.


3. Labu Kukus

Ternyata, buah labu baik dikonsumsi oleh kucing untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, seperti diare atau sembelit. Hal ini karena adanya kandungan serat juga nutrisinya yang cukup tinggi, seperti kalium, fosfor, kalsium, vitamin A, dan vitamin C.


4. Mangga

Mangga merupakan buah favorit banyak orang. Buah ini merupakan jenis buah yang cukup berserat untuk kucing dan direkomendasikan. Buah ini kaya akan vitamin A, C, dan B6. Cara memberikannya mudah, kalian wajib membuang kulit dan bijinya, dan potonglah buah mangga dalam ukuran kecil agar kucing tidak tersedak.


5. Apel

Buah apel memiliki banyak kandungan nutrisi seperti kalsium, pektin, vitamin C dan vitamin K. Ada perbedaan dengan buah lainnya, kulit apel ternyata masih aman diberikan kepada kucing kalian, lho, Genhype.

Baca juga: Ini 3 Bagian Tubuh yang Tidak Disukai Kucing Jika Disentuh

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mengenal Lebih Dekat Hoarding Disorder, Saat Menimbun Barang Jadi Masalah

BERIKUTNYA

Concrete Utopia Dominasi Buil Film Awards 2023, Ini Daftar Lengkap Pemenangnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: