Sarapan pagi ditambah buah kiwi. (unsplash.com/@alexischloe)

Yuk Bangkitkan Semangat Pagi dengan Sarapan Kiwi

29 June 2022   |   08:04 WIB

Orang Indonesia mungkin tidak terbiasa mengonsumsi buah yang rasanya kecut pada saat sarapan. Padahal, makan buah pada pagi hari bisa memberikan berbagai manfaat positif bagi tubuh, hingga meningkatkan semangat jika dikonsumsi secara teratur.

Pada dasarnya, sarapan merupakan kegiatan untuk mempersiapkan energi yang akan digunakan dalam beraktivitas sepanjang hari.

Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Fiastuti Witjaksono mengatakan sarapan sehat harus mengandung gizi lengkap yaitu karbohidrat, serat, protein, lemak, cairan, serta vitamin, dan mineral. Nah, buah sebaiknya masuk dalam menu santapan untuk mengawali hari karena buah mengandung serat, vitamin dan mineral, serta cairan.

Salah satu jenis buah yang dianjurkan untuk sarapan adalah kiwi. “Kiwi tergolong buah yang kandungan zat gizinya tinggi,” katanya. Kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, bahkan tertinggi atau tiga kali lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

Selain itu, kiwi juga memiliki kandungan nutrisi sepuluh kali lebih tinggi ketimbang apel. Fakta tersebut berdasarkan The United States Department of Agriculture (USDA) Nutrient Database 2012. Menurut Fiastuti, vitamin C sangat penting  untuk melancarkan proses metabolisme tubuh.

Sementara itu, kandungan serat pada kiwi yang juga cukup tinggi, mampu membuat seseorang merasa kenyang lebih lama saat menunggu waktu makan siang. 

Secara jangka panjang, kiwi sangat baik dikonsumsi karena bisa memperbaiki kesehatan pencernaan, memperbaiki kadar glukosa dan kolesterol dalam darah, mencegah kegemukan, hingga mencegah kanker.

Tak cuma soal kesehatan, kiwi juga rupanya bisa meningkatkan semangat jika dikonsumsi secara teratur. Riset dari  University of Otago memperlihatkan makan dua buah kiwi gold per hari bisa mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, serta menumbuhkan semangat.

Nah, bayangkan alangkah menyenangkannya jika setiap pagi Anda bisa merasa bersemangat berkat konsumsi kiwi. Saat sarapan, kiwi dapat dimasukan dalam roti isi yang dilengkapi ayam atau daging asap. Pilihan lainnya dengan mencampur potongan kiwi dengan oatmeal atau salad.

Catatan redaksi: artikel dikutip dari BI Weekend edisi 14 Juni 2015.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Ampuh Mengobati Nyeri Otot, Tulang dan Sendi

BERIKUTNYA

5 Jurus Jitu Tangkis Rayuan Investasi Bodong

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: