Salah satu tempat makan siomai di Jakarta, yakni King's Siomay Bandung. (Sumber gambar: Unsplash/Rio Lecatompessy)

Rekomendasi 6 Tempat Makan Siomai di Jakarta

17 April 2023   |   15:57 WIB

Like
Siomai merupakan salah satu jajanan favorit di Indonesia yang termasuk ke dalam  jenis dim sum. Perlu diketahui, siomai berasal dari negeri Tiongkok, khususnya di Mongolia dalam. Lalu, siomai dalam bahasa Mandarin disebut shaomai. Ada pun, dalam bahasa Kanton siomai disebut siu maai.

Di negeri asalnya, siomai ini menggunakan daging babi yang dicingcang dan dibungkus kulit tipis dari tepung terigu. Selanjutnya, siomai dimasak dengan cara dikukus. Setelah itu, siomai dinikmati dengan cuka atau kecap asin. Selain dengan cuka atau kecap asin, Genhype juga bisa menikmati siomai dengan sambal kacang, saus sambal, kecap, dan jeruk limau.

Masuknya siomai ke Indonesia disebabkan adanya percampuran budaya Indonesia dengan Tiongkok. Karena mayoritas penduduk Indonesia yang beragama Islam, maka siomai yang disajikan berisi ayam, ikan tenggiri, dan udang yang dicampur dengan adonan dari tepung sagu atau tapioka.

Baca juga: Mudah & Murah, Yuk Coba Resep Siomay Ayam Nikmat Ini!

Sementara itu, bentuk siomai di Indonesia juga berubah. Awalnya berbentuk pipih menjadi bulat. Selain bentuknya yang berubah, kulit siomai tidak lagi dibungkus dengan terigu tipis dan diganti dengan kulit pangsit.

Selain itu, ada juga beberapa bahan pelengkap untuk menemani siomay seperti tahu, telur rebus, kentang, kol, dan pare. Untuk Genhype yang ingin menikmati siomai di sekitaran Jakarta, Hypeabis.id sudah merangkum dari berbagai sumber untuk beberapa tempat makan siomai.


1. Restoran Rendezvous

Restoran ini berlokasi di Jl. Johar No. 2B-C, RT.18/RW.6, Kb. Sirih, Kec. Menteng, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10340. Untuk harga siomai dengan porsi komplet berjumlah Rp55.000. Jam operasional restoran ini mulai Senin sampai Minggu dari pukul 10.30 WIB – 20.30 WIB.
 

Siomay Rendezvous (pergikuliner/Febriani Djunaedi)

Siomay Rendezvous (pergikuliner/Febriani Djunaedi)

2. King’s Siomay Bandung

King’s Siomay Bandung terletak di ITC Mangga Dua, Lantai 3, Jl. Mangga Dua Raya, Mangga Dua, Jakarta Utara. Untuk jam operasionalnya, tempat makan ini mulai dari Senin sampai Minggu dari pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB. Harga sekali makan siomay di tempat ini berjumlah Rp25.000 saja.
 

King's Siomay Bandung (pergikuliner/Magdalena Fridawati)

King's Siomay Bandung (pergikuliner/Magdalena Fridawati)

3. Warung Siomay

Warung ini berlokasi di Jl. Boulevard Raya Blok WA2 No. 33, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Untuk jam operasionalnya, warung ini buka mulai Senin sampai Minggu dari pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB. Harga siomai di warung ini mulai dari Rp12.000 per buahnya.
 

Warung Siomay (pergikuliner/Tirta Lie)

Warung Siomay (pergikuliner/Tirta Lie)
 

4. Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung

Untuk tempat satu ini, banyak cabangnya. Genhype yang tinggal di Jakarta Barat bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Mall Taman Anggrek, Lantai 4, Lima-Lima, Jl. Letjen S. Parman, Slipi, Jakarta Barat. Untuk harga siomai di tempat ini, dibanderol dengan harga Rp8.000 per buahnya. Jam operasional Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung mulai Senin sampai Minggu dari pukul 10.00 WIB – 21.00 WIB.
 

Mie Kangkung & Siomay Si Jangkung (pergikuliner/makankalap)

Siomay Si Jangkung (pergikuliner/makankalap)

5. Bakso Titoti

Bakso Titoti sendiri juga mempunyai banyak cabang dan memiliki menu siomai. Genhype yang tinggal di Jakarta Timur bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Jl. Raya Bogor KM 24 No. 22B, Ciracas, Jakarta Timur. Untuk harga sekali makan siomay di tempat ini berjumlah Rp20.000 saja. Jam operasional Bakso Titoti mulai Senin sampai Minggu dari pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.
 

Siomay di Bakso Titoti (Instagram/titoticijantung)

Siomay di Bakso Titoti (Instagram/titoticijantung)

6. MM Juice

MM Juice mempunyai banyak cabang. Untuk Genhype yang tinggal di Jakarta Selatan bisa mengunjungi salah satu cabangnya di Jl. Cikajang No. 44, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jam operasional MM Juice mulai Senin sampai Minggu dari pukul 07.00 WIB – 22.00 WIB. Seporsi siomai komplet dibanderol dengan harga Rp24.000 saja.

Baca juga: Resep Rahasia Dimsum Ayam Lezat ala Devina Hermawan, Wajib Gunakan Kulit Ayam

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Begini 5 Cara Memilih Jenis Buah Kiwi yang Manis

BERIKUTNYA

Serial Algrafi Masuki Tahap Produksi, Tayang di Viu Pertengahan Mei 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: