Ilustrasi asam urat (Sumber foto: Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

Perhatikan, 5 Makanan Khas Lebaran Ini Penyebab Asam Urat

15 April 2023   |   14:23 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Opor, rendang, gulai, hingga ragam kue kering dan minuman manis menjadi sajian yang paling ditunggu umat muslim di Indonesia ketika menyambut Hari Raya Idulfitri. Namun, di balik kenikmatannya, risiko penyakit seperti meningkatnya asam urat dalam darah, mengintai.

Spesialis Penyakit Dalam Eka Hospital Pekanbaru dr Hady mengatakan asam urat rentan untuk meningkat karena pola makan yang cenderung tidak terjaga selama masa Lebaran. Tentu hal tersebut semakin berisiko ketika kamu mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Baca juga: Awas Asam Urat! Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Kemudian kondisi medis tertentu seperti tekanan darah tinggi, sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan riwayat asam urat dalam keluarga Untuk mencegah asam urat tinggi, Hady menyarankan sebaiknya membatasi makanan yang bisa meningkatkan asam urat, imbangi asupan cairan, dan konsumsi makanan sehat untuk menjaga kadar asam urat. 

"Contohnya buah-buahan, air putih, susu rendah lemak, sayuran tinggi serat seperti terung, wortel, tomat, dan teh hijau," ujarnya dikutip Hypeabis.id, Sabtu (15/4/2023)

Dia menyebut selalu imbangi menu makanan Lebaran dengan asupan sayur dan buah untuk menjaga kadar asam urat dalam tubuh. Pasalnya, sayur dan buah relatif memiliki kandungan serat yang berguna untuk mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan khas Lebaran yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. 
 

1. Gulai Daging

Beberapa jenis gulai daging merah pada saat Lebaran seperti daging sapi dan kambing dapat menyebabkan kadar asam urat meningkat karena kadar purin yang tinggi terkandung di dalamnya. Jadi, tidak heran jika makanan ini sering menjadi sumber penyebab utama mengapa seseorang mengalami peningkatan asam urat selama masa lebaran, karena menu tersebut sering menjadi menu santapan utama pada saat lebaran. Oleh karena itu, Hady menyarankan untuk membatasi asupan gulai daging pada saat hari raya.
 

2. Jeroan

Jeroan sering ditemukan dalam jajaran menu perayaan Hari Lebaran. Beberapa jenis jeroan seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam dipercaya dapat berkontribusi dalam peningkatan kadar asam urat dalam tubuh karena memiliki kadar purin yang sangat tinggi.
 

3. Emping

Untuk beberapa orang, emping adalah menu pendamping terbaik untuk dikonsumsi menemani gulai dan lontong sayur selama lebaran. Namun dibalik kelezatannya, emping dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh karena emping memiliki kadar purin yang relatif cukup tinggi.
 

4. Kacang

Siapa di sini yang gemar ngemil kacang pada saat Lebaran? Hady menuturkan beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah juga memiliki kandungan purin di dalamnya. 

Meski kandungan purin dalam kacang terbilang rendah, namun jika dikonsumsi secara berlebihan tetap dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh. Batasi konsumsi kacang secukupnya selama lebaran untuk terhindar dari meningkatnya asam urat dalam tubuh.


5. Minuman Manis

Banyak orang sudah tau jika minuman manis berperan dalam peningkatan kadar gula darah seseorang. Namun, beberapa minuman manis dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan beberapa minuman manis seperti minuman bersoda dan jus kotak memiliki kadar fruktosa yang tinggi, dan tubuh kita dapat memecah fruktosa menjadi purin, yaitu zat yang dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.


6. Seafood

Makanan laut atau seafood seperti udang, kepiting, kerang, dan berbagai jenis seafood lainnya memiliki kandungan purin yang cukup tinggi dan meningkatkan kadar asam urat. Sebaiknya, hindari asupan seafood selama lebaran terlebih dahulu untuk menghindari peningkatan kadar asam urat dalam tubuh, terutama jika Anda memiliki riwayat asam urat.

Baca juga: Lakukan 8 Cara Ini untuk Menjaga Kesehatan Selama Mudik

SEBELUMNYA

Cek Jadwal Contraflow Arus Mudik-Balik 2023, Biar Enggak Kena Macet! 

BERIKUTNYA

Mark Sheehan, Gitaris Band Rock Legendaris The Script Meninggal Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: