Film Losmen Bu Broto (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

Film Losmen Bu Broto Tayang di Disney+ Hotstar 14 April

14 April 2023   |   09:34 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
Setelah tayang di bioskop, film Losmen Bu Broto akan kembali menemui penontonnya di platform streaming Disney+ Hotstar mulai 14 April 2023. Film besutan sutradara Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono ini merupakan adaptasi dari serial legendaris berjudul Losmen yang tayang di TVRI pada tahun 1980-an.

Film ini membawakan kehangatan kisah keluarga Bu Broto yang menyuguhkan sebuah keluarga sederhana dan kehidupan wisatawan di sebuah losmen. Namun, meskipun terlihat harmonis, Pak Broto dan Bu Broto ternyata menyembunyikan masalah dari ketiga anak mereka: Pur, Sri, dan Tarjo.

Baca juga: Mulai Tayang Hari Ini, Simak 5 Fakta Menarik Film Losmen Bu Broto

Di sisi lain, Mbak Pur, Jeng Sri, dan Tarjo menghadapi dilema mereka masing-masing, mulai dari Pur yang masih belum bisa melupakan calon suaminya yang telah meninggal, Sri yang memperjuangkan hobinya untuk bernyanyi meskipun tidak disetujui orang tuanya karena dianggap tidak sesuai dengan citra Losmen, dan Tarjo yang sulit menemukan motivasinya untuk kuliah.
 

Film Losmen Bu Broto (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

Film Losmen Bu Broto (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

Film Losmen Bu Broto pertama kali dirilis di bioskop pada 18 November 2021 dan mampu mendatangkan sebanyak 120.413 penonton. Dalam proses penggarapannya, film yang diproduksi oleh Paragon Pictures ini mengalami banyak tantangan karena diproduksi dan ditayangkan di era pandemi.

Pada masa awal produksi, proses reading naskah film ini juga harus dilakukan jarak jauh karena masing-masing pemain berada di kota bahkan negara yang berbeda, di mana kala itu Ifa Isfansyah berada di Yogyakarta, Maudy Ayunda di Amerika serikat, sedangkan para pemain lainnya berada di Jakarta. 

Selain itu, film ini juga ditayangkan di era pandemi dan menjadi film lokal yang pertama yang dirilis saat bioskop kembali beroperasi di Indonesia pasca pagebluk selama dua tahun.

Untuk kian melengkapi penyajiannya, film ini juga diisi dengan original soundtrack yang ditulis dan dinyanyikan oleh para pemainnya yaitu Maudy Ayunda dan Danilla Riyadi. Adapun, lagu  berjudul Semakin Jauh diciptakan oleh Maudy Ayunda untuk menggambarkan perasaan karakternya yang diasingkan dalam kesendirian.

Sementara lagu Sayangnya diciptakan oleh Danilla Riyadi untuk menggambarkan rasa yang sudah ada dan energi cinta yang ada dalam kisah Losmen Bu Broto. Menariknya, film ini juga mengantarkan salah satu pemainnya, Putri Marino, menyabet penghargaan Piala Citra sebagai Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2022.
 

Poster film Losmen Bu Broto (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

Poster film Losmen Bu Broto (Sumber gambar: Disney+ Hotstar)

Meski dikemas secara lebih modern, sutradara Ifa Isfansyah mengatakan film Losmen Bu Broto tidak akan meninggalkan marwah serialnya. Menurutnya, serial yang tayang kurang lebih 35 tahun silam itu memiliki isu dan masalah yang progresif serta kontekstual pada masanya, namun masih relevan dengan kehidupan di zaman sekarang.

“Tentu ada penyesuaian untuk bisa relate dengan kehidupan sekarang. Harapannya, penonton yang bahkan belum pernah nonton serialnya, bisa menemukan dan mampu menerima value penting di film ini, terutama tentang kesederhanaan,” ujarnya.

Sementara itu, Produser Eksekutif Ideosource Entertainment Andi Boediman mengatakan serial yang ditulis oleh Tatiek Maliyati dan Wahyu Sihombing itu dibuat kembali untuk menunjukkan kekuatan wanita Indonesia serta kehangatan khas keluarga Indonesia. Melalui sosok Bu Broto, penonton akan melihat bagaimana sosok perempuan Jawa dalam mendidik anak serta mengurus keluarganya.

“Tidak sekadar bernostalgia dengan sinetron lama, kita akan menampilkan keluarga di masa sekarang dengan peran wanita yang kuat dan dilema yang dihadapinya,” kata Andi.

Film Losmen Bu Broto dibintangi oleh sederet aktor dan aktris kenamaan Indonesia diantaranya Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi, Maudy Ayunda, Putri Marino, Baskara Mahendra, Danilla Riyadi, Marthino Lio, dan Erick Estrada.

Baca juga: Ini Dia Cuplikan Konflik Keluarga dalam Trailer Film Losmen Bu Broto
 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Cek Fitur Canggih Kamera Xiaomi Redmi Note 12 untuk Foto OOTD Lebaran

BERIKUTNYA

Element hingga Angkasa Bagikan Resep Jaga Eksistensi sebagai Band

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: