ilustrasi Hong Kong (sumber gambar : simon zhu / unsplash)

Kesempatan Bagi Wisatawan Muslim, Hong Kong Genjot Destinasi Wisata Halal

13 April 2023   |   13:37 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang sedang merencanakan liburan saat memasuki masa libur Lebaran, mungkin kalian bisa memasukkan Hong Kong sebagai salah satu list destinasi wisata yang bakal dikunjungi. Apalagi sejak Februari 2023 lalu, pemerintah Hong Kong telah mencabut semua pembatasan masuk ke Hong Kong dan terus mengkampanyekan promosi ‘Helo, Hong Kong’.

Sejak Hong Kong mulai menyambut pengunjung pada Februari 2023, kota ini mencatat 1,46 juta kedatangan pengunjung sementara pada bulan yang sama. Jumlah tersebut tiga kali lebih banyak dari 500.000 kedatangan pengunjung sementara yang tercatat pada Januari 2023, setara dengan sekitar 30 persen jumlah pengunjung sebelum pandemi.

“Selain pengunjung dari Tiongkok Daratan, pengunjung jarak dekat sebagian besar berasal dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia,” ujar Martin Gwee, Marketing Director Southeast Asia, Hong Kong Tourism Board dalam konferensi pers, Rabu (13/4/2023).

Nah, buat kalian umat Muslim yang berencana berlibur ke Hong Kong, jangan khawatir sebab kota tersebut kini makin ramah terhadap wisatawan Muslim. Ini sejalan juga dengan upaya Hong Kong untuk memenuhi kebutuhan wisatawan beragama Islam itu.

“Kami ingin menjadikan Hong Kong sebagai 5 besar destinasi Non-OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) untuk wisatawan Muslim,” ungkapnya.

 

Hong Kong (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Nextvoyage)

Hong Kong (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Nextvoyage)


Untuk meningkatkan pengalaman berwisata bagi wisatawan Muslim, HKTB telah mengembangkan rencana strategis yang mencakup penyelenggaraan Media Familiarization Trips (Media Fams). Selain itu, mereka juga aktif mengundang para Key Opinion Leader (KOL) dan Hong Kong Super Fans untuk merasakan pengalaman di Hong Kong sebagai destinasi yang ramah bagi wisatawan Muslim.

Tak hanya itu, pihak HKTB juga menyediakan berbagai fasilitas, layanan, kuliner, dan pengalaman yang ramah bagi wisatawan Muslim yang tersedia di Hong Kong.

Misalnya saja berbagai tempat makan dan minuman bersertifikasi Halal seperti Islamic Centre Canteen dan Imperial Patisserie, tur ke Kowloon Mosque and Islamic Centre, serta Ammar Mosque and Osman Ramju Sadick Islamic Centre.

Menariknya lagi, destinasi atraksi wisata seperti Hong Kong Disneyland juga telah menyediakan hidangan bersertifikasi Halal serta ruang ibadah sehingga para wisatawan Muslim dapat lebih mengenal lebih jauh tentang komunitas Muslim dan budayanya di Hong Kong.

“Inisiatif ini memberikan kesempatan bagi perwakilan media untuk merasakan secara langsung penawaran wisata ramah Muslim di Hong Kong dan berbagi pengalaman dengan audiens mereka,” ujarnya.

Baca juga: Asyik, Ada Puluhan Ribu Tiket Pesawat Gratis ke Hong Kong Pulang Pergi Bagi Pelancong

Nah, untuk lebih menarik wisatawan dari Indonesia, HKTB juga terus mengkampanyekan "Hello Hong Kong" dengan mengadopsi pendekatan terpadu, memaksimalkan eksposur melalui berbagai saluran, termasuk platform digital dan media sosial, serta iklan luar ruang di Indonesia.

Tak hanya itu, sebagai bagian dari kampanye "World of Winners" yang disponsori oleh Otoritas Bandara Hong Kong, pihaknya memberikan 500.000 tiket gratis kepada pengunjung global, Penerbangan Cathay Pacific juga menawarkan 80.000 tiket pesawat pulang-pergi ke Hong Kong untuk penduduk di seluruh Asia Tenggara.

Sebanyak 11.510 dari tiket tersebut dialokasikan untuk penduduk Indonesia, dan periode kampanye di Indonesia berlangsung dari 15-21 Maret 2023. Banyak pemenang dari Indonesia yang telah memanfaatkan penawaran ini belum pernah berkunjung ke Hong Kong sebelumnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Reviu Serial Dokumenter Netflix MH370: The Plane That Disappeared

BERIKUTNYA

5 Alasan True to Love Menarik Untuk Ditonton, Drama Korea Comeback dari Yoo In-na

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: