Suasana masjid saat malam hari bulan Ramadan (Sumber gambar: Unsplash/ kel Avelino)

Mengenal Malam Lailatul Qadar, Keistimewaan dan Amalan yang Dianjurkan

11 April 2023   |   19:42 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

3. Malam Lebih Baik dari 1.000 Bulan

Malam Lailatul Qadar merupakan waktu yang lebih baik daripada 1.000 bulan atau setara dengan 83-84 tahun umur manusia. Sehingga, jika seorang muslim beribadah pada waktu tersebut, maka ibadahnya lebih baik daripada amalan selama 1.000 bulan lamanya di dunia.

Oleh karena itu, Syekh Abdul Halim Mahmud dikutip dari Nu Online menyatakan malam Lailatul Qadar juga lebih mulia dari seluruh umur manusia. Bahkan beliau menuturkan bahwa malam Lailatul Qadar juga lebih baik dari usia zaman. 
 

4. Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

Malam Lailatul Qadar juga menjadi malam pencatatan takdir tahunan. Hal ini sebagaimana termaktub dalam firman Allah SWT dalam surah Ad Dukhan ayat 4 yang berbunyi. "Pada malam [Lailatul Qadar] itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah," (QS. Ad Dukhan: 4).

Untuk memahami ayat tersebut, menurut tafsir Ibnu Katsir yang disampaikan Imam Nawawi dalam Syarah Muslim disebutkan bahwa catatan takdir tahunan tersebut didahului oleh ilmu dan penulisan Allah SWT. Takdir tersebut akan diperlihatkan kepada para malaikat lalu mereka akan menjalankan tugas yang diperintahkan tugas yang oleh Allah SWT. 
 

5. Malam Dikabulkannya Doa-doa

Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam penuh keberkahan karena pada malam ini doa-doa akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana dikatakan Syekh Ahmad Thayyib yang mengungkap bahwa segala doa yang tidak diterima di waktu-waktu lain akan diterima di malam tersebut. 

Oleh karena itu, beliau juga mengajak seluruh umat Islam untuk memperbanyak ibadah, seperti salat, istighfar, membaca Al Quran, dan mengharap rahmat Allah pada malam-malam di sepertiga terakhir bulan Ramadan. 
 

Amalan & Doa di Malam Lailatul Qadar

Dikutip dari Nu Online, amalan-amalan yang dapat dilakukan untuk mendapat malam Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak bacaan Al-Qur’an, melakukan zikir, serta membaca doa-doa yang disunahkan pada tempat atau waktu yang mulia. 

Terkait doa ini, dijelaskan hadits riwayat Imam At-Tirmidzi yang berbunyi sebagai berikut: Dari Sayyidah  Aisyah dia pernah bertanya pada Rasulullah.

"Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui Lailatul Qadar, apa yang bagus aku baca?" Rasulullah menjawab, "Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’". Adapun, arti dari hadis tersebut adalah, Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.  

Baca juga: 5 Tradisi Unik Ramadan di Berbagai Negara, dari Lentera Warna-warni hingga Permainan Mheibes 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tes Untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

BERIKUTNYA

Makna Lagu Kunang-Kunang, Single Terbaru dari D'Cinnamons

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: