Ilustrasi mobil listrik. (Sumber gambar: Freepik)

Menengok Kecanggihan Mobil Listrik Premium yang Mengaspal di Indonesia

11 April 2023   |   17:09 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Kehadiran mobil listrik di Indonesia makin bervariasi. Saat ini banyak pabrikan otomotif juga mulai berani membawa seri mobil listrik premium mereka ke pasar dalam negeri. Tidak hanya unsur kemewahan yang ditampilkan, spesifikasi dan teknologi yang tertanam di mobil listrik premium pun juga sangat menarik perkembangannya.

Menurut pengamat otomotif nasional Bebin Djuana, mobil listrik premium berada di niche market, tetapi geliatnya sangat seru dalam beberapa tahun terakhir ini. Beberapa jenama berkelas, seperti Lexus, Tesla, Porsche, hingga Hyundai saling beradu di segmen ini.

Berada di kelas premium, mobil listrik dari jenama berkelas tentu banyak menawarkan teknologi baru yang menarik. Selain soal jarak tempuh yang bisa lebih jauh, mobil listrik premium juga saling bersaing di sisi kecepatan.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Orang Membeli Mobil Listrik

Bebin juga mengatakan salah satu keunggulan dari segmen ini adalah pengisian daya baterai yang bisa lebih cepat. Namun, soal pengisian daya ini membutuhkan bantuan banyak sektor, terutama terkait dengan kecanggihan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang mengandalkan DC Charging.

Oleh karena itu, seiring dengan kemajuan teknologi mobil listrik, ekosistem kendaraan ramah lingkungan di Indonesia juga harus terus diperbaharui. Meski masih baru memulai, ada harapan baik bahwa ekosistem mobil listrik di Indonesia bisa terbentuk lebih cepat seiring dengan ramainya para pabrikan otomotif mengeluarkan seri premium mereka.
 

Ilustrasi pengisian mobil listrik (Sumbe gambar: Freepik)

Ilustrasi pengisian mobil listrik (Sumbe gambar: Freepik)


Salah satu wajah baru di segmen mobil listrik premium adalah The All New Lexus RZ. Diperkenalkan pertama kali pada ajang Gaikindo Jakarta Autoweek (GJAW) 2023, The All New Lexus RZ sudah berteknologi full listrik dan masuk kategori battery electric vehicle (BEV).

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan bahwa The All New Lexus RZ menjadi tanda babak baru dalam era elektrifikasi Lexus yang menggabungkan unsur Lexus electrified, limitless design, Lexus Driving Signature, dan human centered technology. Membawa konsep Seamless E-Motion, The All New Lexus RZ menghadirkan identitas yang berbeda dari kendaraan BEV lain.

“Pada ajang GIIAS 2022 lalu, kami menghadirkan mobil konsep Lexus LF-Z Electrified Concept dan berhasil terealisasi melalui The All New Lexus RZ,” kata Bansar dalam ajang GJAW, beberapa waktu lalu.

The All New Lexus RZ sudah mengadopsi teknologi baru, yakni DIRECT4 Technology, yang menjadikan model ini memiliki sistem full All-Wheel-Drive. Dengan teknologi tersebut, mobil ini bisa mengantisipasi semua kebutuhan berkendara dan kondisi jalan.

Pengemudi akan merasakan pengalaman berkendara yang natural sesuai dengan intuisi dan intensinya, sehingga mengemudikan kendaraan terasa lebih imersif. Ini adalah bentuk omotenashi atau perhatian dari Lexus untuk memberikan sensasi berkendara yang nyaman. Mobil ini juga dibekali baterai berkapasitas 71,4 kWh yang menghasilkan daya 308 tenaga kuda.

Pada bagian kabin, The All New Lexus RZ mengaplikasikan konsep Tazuna Cockpit untuk meningkatkan koneksi pengemudi dengan kendaraan. Material pada jok mobil ini terasa mewah dengan bahan ultrasuede. Bahan ini juga merepresentasikan sustainability sebagai bagian dari cara Lexus menerapkan carbon neutrality society.

Baca juga: Lexus RX Terbaru Hadir dengan Dua Varian Mesin Hybrid

Dilihat dari eksterior, mobil ini sudah mengadopsi desain Spindle Body Concept. Desain baru dari Lexus yang berfokus pada efisiensi dan aerodinamis. Tujuannya adalah untuk membangkitkan pengalaman berkendara yang baru. Meski sudah diperkenalkan dan diluncurkan, Lexus masih merahasiakan harga mobil premium ini.

Sementara itu, Toyota juga memiliki seri bZ4X yang tak kalah saing di kelas mobil listrik premium. Toyota memakai baterai Lithium-ion di dalam bZ4X dengan kapasitas 71,4 kWh. Jika baterai terisi penuh, bZ4X bisa melaju hingga 500 kilometer dengan nol emisi. Pengisian baterai hingga 80 persen hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Kendaraan ini dibangun di atas platform e-TNGA atau Toyota New Global Architecture yang telah ditingkatkan. Teknologi baru ini mampu menyajikan performa berkendara yang intuitif, mulus, dan atraktif.

Dengan teknologi tersebut, unit baterai yang dipakai di bZ4X juga akan lebih ramping dan aman dari benturan. Sebab, unit baterai diletakkan di bawah lantai kendaraan dan dijadikan bagian integral dari chassis.

Mobil bZ4X juga sudah memiliki teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang berguna untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi dan keamanannya. Hal ini bisa meminimalisir potensi kecelakaan di jalan raya. Mobil bertipe SUV mid-size ini juga membawa sisi eksterior yang modern dan premium. Toyota bZ4X dibanderol mulai Rp1,19 miliar.

Baca juga: 4 Jenis Mobil Listrik yang Perlu Genhype Ketahui

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Belanja Baju Lebaran, Biar Kantong Enggak Boncos

BERIKUTNYA

Jejak Karier Gemilang The Jacksons, Band Keluarga Ternama di Industri Musik Amerika Serikat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: