Suga BTS (Sumber gambar: Instagram.com/agustd)

Suga BTS Rilis Tracklist D-DAY, Kolaborasi Bareng Ryuichi Sakamoto Jadi Sorotan

10 April 2023   |   07:49 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Suga, member boygroup asal Korea Selatan BTS hampir mendekati waktu untuk perilisan album solonya yang bertajuk D-DAY. Pria yang dipanggil Agust D ini baru saja membagikan tracklist yang akan segera diluncurkan dalam album terbarunya. Dibagikan melalui akun Twitter BIGHIT MUSIC, bagian dari trilogi Agust D ini siap menampilkan 10 karyanya.

Tak hanya merilis karya-karya solonya, Suga BTS mengungkap beberapa nama yang digaet dalam kolaborasi album ini. Dua lagu yang bertajuk HUH?! dan Life Goes On dnyanyikan bersama member BTS lainnya, J-Hope.

Sebagaimana diketahui, kedua anggota boygroup yang sama itu memang getol memegang posisi rapper untuk BTS. Penggemar pun menantikan duet combo dari rapper segrup ini.

Baca juga: Mengenang Ryuichi Sakamoto, Sang Pelopor Musik Elektronik

Namun yang paling menarik perhatian adalah kolaborasi Suga BTS bersama komposer kenamaan Jepang, Ryuichi Sakamoto. Penggemar sempat kaget tapi tak asing lagi dengan kemungkinan kolaborasi ini sebelumnya. Pasalnya, Suga BTS memang dikenal sebagai penggemar berat Ryuichi Sakamoto. Tetap saja, kabar meninggalnya sang komponis pada Maret 2023 lalu masih membawa duka.

Kolaborasi Suga BTS dan Ryuichi Sakamoto dalam lagu berjudul Snooze ini menjadi cara lain untuk mengenang sang musisi legendaris tersebut. Ryuichi Sakamoto dikenal sebagai pendiri Yellow Magic Orchestra yang mempelopori perkembangan musik elektronik dan hip hop bersama dua rekannya.

Dia juga pernah memenangkan piala Oscars untuk kategori skoring musik terbaik dalam film The Last Emperor. Suga BTS pun sempat memberi penghormatan untuk idolanya tersebut.

Snooze akan tampil sebagai lagu ke-9 dari rangkaian tracklist yang rilis. Hageum menjadi lagu utama yang mentereng di jajaran daftar lagu tersebut. Sementara itu, Suga BTS juga menampilkan karya kolaborasi lainnya dengan musisi dan idol ternama Korea Selatan seperti IU dan The Rose Woosung.
Lagu duetnya bersama IU bertajuk People Pt.2 menjadi bagian pre-release track yang sudah lebih dahulu meluncur sebelum album D-Day rilis. Lagu itu dirilis di kanal YouTube Hybe Labels pada Jumat (7/4) dan menduduki jajaran trending ke-3 untuk musik dengan total penayangan 10,5 juta kali dalam waktu 3 hari saja.

Music Video People Pt.2 menampilkan Suga BTS berbalut busana kasual putih dengan jeans biru, memperlihatkan kegiatan kreatifnya dalam membuat lagu di studio musik. Seperti posisinya di BTS, Suga banyak mengambil bagian rap sepanjang lagu ini.

Baca juga: Profil Ryuichi Sakamoto, Komposer Legendaris di Balik Serial Anime Exception

Sementara itu, album D-DAY direncanakan rilis pada 21 April 2023. Perilisan album ini juga akan bertepatan dengan penayangan film dokumenter bertajuk sama yang mengisahkan napak tilas bermusik Suga BTS dalam album solo studio pertamanya. Dokumenter D-DAY siap meluncur di platfrom streaming Disney+ dan Weverse.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Menerka Imajinasi Abstrak Lukisan I Wayan Sudarsana Yansen

BERIKUTNYA

ONIC Kembali Angkat Trofi MPL ID S11, Gelar Juara Bertahan Belum Terpatahkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: