Kendaraan mobil sewaan bisa menjadi pilihan untuk mudik (Sumber gambar: pexels/ Alfonso Escalante)

5 Cara Memilih Mobil Rental untuk Mudik

08 April 2023   |   14:26 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Mudik menggunakan kendaraan pribadi atau rental mobil memiliki beberapa keunggulan, seperti fleksibilitas dalam menentukan jadwal keberangkatan, rute perjalanan, serta dapat membawa banyak barang bawaan. Selain itu, mudik dengan mobil juga dapat menghindari kerumunan di transportasi umum.

Namun, sebelum memutuskan untuk menyewa mobil untuk mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan kendaraan yang disewa dalam kondisi baik dan terawat dengan baik. Hal ini penting untuk menghindari masalah teknis di tengah perjalanan, yang dapat menghambat perjalanan Anda dan merugikan waktu dan biaya.

Baca juga: 5 Alasan Pemudik Menggunakan Pesawat Untuk Pulang ke Kampung Halaman

Selain itu, pastikan Anda memiliki SIM yang sesuai dengan jenis mobil yang akan disewa, dan bawa juga dokumen asli seperti KTP dan Kartu Keluarga sebagai syarat penyewaan mobil.

Kemudian, perhatikan juga kapasitas mobil, terutama jika kalian membawa banyak penumpang atau barang bawaan. Pastikan mobil yang dipilih dapat menampung semua barang bawaan dengan aman dan nyaman, serta dapat menampung semua penumpang dengan kapasitas yang memadai.

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah tip memilih mobil rental untuk mudik dari TREVO dan berbagai sumber lainnya yang dirangkum Hypeabis.id.


1. Tempat Rental Mobil Tepercaya

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh Genhype ketika hendak mencari mobil sewaan adalah mencari tempat penyedia yang tepercaya. Pastikan proses penyewaan kendaraan praktis, tidak berbelit-belit, dan mudah. Tidak hanya itu, sistem keamanan yang dimiliki oleh penyedia juga menjadi langkah penting ketika hendak menyewa mobil agar perjalanan menjadi lebih nyaman.


2. Biaya

Langkah selanjutnya adalah biaya. Ada banyak pilihan kendaraan dengan beragam harga yang ditawarkan oleh penyedia mobil sewaan. Jadi, sesuaikan dana yang dimiliki dengan jenis mobil yang akan dipilih untuk digunakan saat pulang ke kampung halaman.


3. Jenis Mobil

Selain faktor dana, pemilihan jenis mobil sewaan yang diperlukan untuk melakukan perjalanan mudik juga perlu memperhatikan kebutuhan. Kendaraan orang serbaguna menjadi mobil yang dapat menjadi pilihan lantaran mampu menampung banyak penumpang jika memiliki banyak keluarga. 

Apabila perjalanan mudik hanya berdua, kendaraan sewaan yang dapat dipilih adalah city car. Jenis kendaraan ini sudah cukup mengingat tidak banyak penumpang yang dbiawa. Tidak hanya itu, barang-barang yang mengisi bagasi juga tidak akan banyak apabila yang melakukan perjalanan hanbya dua orang saja.


3. Promo

Pada saat ini, banyak penyedia mobil sewaan memberikan promo dan beragam fitur pembayaran guna menarik konsumen agar perjalanan pulang ke kampung halaman tetap nyaman dan juga menjadi murah. Jadi, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan promo menarik yang disediakan oleh para penyewa mobil jelang waktu mudik lebaran. Dengan begitu, maka biaya pengeluaran untuk menyewa mobil bisa berkurang.


4. Periksa kondisi mobil

Sebelum melakukan sewa mobil, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara detail. Periksa bagian mesin, rem, lampu, kaca, dan juga ban mobil. Pastikan juga mobil dalam kondisi bersih dan terawat dengan baik. Jangan ragu untuk menanyakan riwayat perawatan mobil kepada pihak rental, agar Anda bisa lebih yakin dengan kualitas mobil yang akan disewa.


5. Pastikan perlengkapan keselamatan ada

Perlengkapan keselamatan seperti sabuk pengaman, kantong udara, serta ban cadangan, sangat penting untuk memastikan keselamatan selama perjalanan. Pastikan mobil sewaan dilengkapi dengan semua perlengkapan keselamatan tersebut, dan jangan lupa untuk memeriksa keberadaannya sebelum melakukan perjalanan.

Baca juga: Berencana Pulang Kampung? Simak 5 Keuntungan Mudik dengan Mobil Rental


Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Shrek 5 Bakal Diproduksi, Bos Illumination Kasih Bocorannya

BERIKUTNYA

ONIC Amankan MSC 2023, Alter Ego vs EVOS Legends Berebut Tiket Grand Final MPL ID S11

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: