Ilustrasi samosa, mkana favorit untuk berbuka bagi masyarakat Pakistan (sumber gambar Unsplash/ Khabir Cheema)

Cek 7 Menu Buka Puasa Favorit di Luar Negeri, Ada Shami Kebab hingga Qatayef

07 April 2023   |   22:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Samosa, Pakistan

(Sumber: Unsplash/Kabir Cheema)

(Sumber: Unsplash/Kabir Cheema)

Nama samosa mungkin cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia karena memang banyak dijajakan di Tanah Air. Namun, siapa sangka jika hidangan yang hampir mirip pastel ini menjadi menu andalan untuk berbuka puasa bagi masyarakat di Pakistan.

Dipercaya berasal dari Persia, camilan serbaguna ini memang sering digoreng atau dipanggang. Di Pakistan juga ada banyak versi samosa untuk menu berbuka puasa dengan berbagai varian isi yang dibumbui dengan jinten, ketumbar, dan garam.

Beberapa di antaranya adalah samosa dengan isian daging dan kentang tumbuk. Samosa isi sayuran jagung dan kacang polong, hingga samosa dengan isian daging domba giling. Saat berbuka puasa, menu ini biasa disajikan dengan chutney asam manis. 
 

5. Mansaf, Yordania

(Sumber: Wikimedia/EvanCarroll)

(Sumber: Wikimedia/EvanCarroll)

Hidangan ini selalu menjadi menu andalan bagi masyarakat di Yordania saat berbuka. Bahkan, menurut beberapa sumber, tidak akan lengkap rasanya jika perayaan hari besar atau ajang pertemuan sosial tidak menyajikan kudapan mansaf.

Mansaf sendiri merupakan makanan yang dibuat dari daging domba yang dimasak dalam waktu lama dengan bola-bola yogurt yang telah difermentasi. Setelah matang, kudapan ini akan disajikan di atas nasi kunyit, roti shark, dan taburan kacang almond serta peterseli. 
 

6. Moi Moi, Nigeria

(Sumber: Wikimedia Commons/Bukky658)

(Sumber: Wikimedia Commons/Bukky658)

Makanan khas Nigeria ini terbuat dari kacang yang dihaluskan dan dicampur dengan telur, daging sapi, ikan, atau udang hingga menjadi semacam puding yang empuk. Sepintas, makanan ini hampir mirip ote-ote atau bakwan, tapi dengan isian yang berbeda.

Adapun, cara membuat moi moi (moin moin) adalah mencampurkan semua bahan lalu dibumbui dengan paprika Romano, scotch bonnet, bawang, dan air, sebelum digabungkan dengan isian yang diinginkan. Adonan tersebut lalu dituang ke daun pisang atau wadah plastik. Setelahnya dikukus hingga matang dan dinikmati selagi hangat. 
 

7. Qatayef, Mesir

(Sumber: Wikimedia Commons)

(Sumber: Wikimedia Commons)

Qatayef hampir mirip dengan pastel di Indonesia. Namun kue berbentuk bulan sabit ini memiliki isian berbeda dengan pastel yang kita kenal. Yakni berisi keju, pistachio, kacang almond dan walnut yang digiling hingga setengah halus.

Kudapan ini biasanya akan dimasak dengan sejenis tepung kulit khusus yang dilipat menjadi dua, disegel, lalu digoreng hingga garing. Saat disajikan, qatayef akan dimakan dengan sirup gula sehingga memberikan rasa yang cukup eksperimental di lidah. 

Baca juga: 5 Resep Makanan Berkuah untuk Menu Sahur, Praktis dan Hangat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

6 Rest Area Instagramable di Jalur Tol Trans Jawa, Ada Bekas Pabrik Gula sampai Konsep Pendopo

BERIKUTNYA

 Joker 2 Segera Meluncur 2024, Ada Update Terbaru nih dari Sutradara Todd Phillips

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: