Ilustrasi desain ruang tamu (sumber gambar:Pexels)

5 Ide Desain Ruang Tamu Ala Timur Tengah, Dijamin Makin Elegan

01 December 2022   |   17:40 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang pasti memiliki ciri khas tertentu untuk mendesain ruangan rumah mereka agar memberi kesan nyaman pada tamu yang datang. Salah satu yang bisa diterapkan adalah desain interior ala Timur Tengah yang memadukan furnitur elegan dan hiasan benuansa tradisional Arab.

Meski desain itu dibuat untuk menyikap kondisi kawasan Timur Tengah yang panas, ide tersebut juga bisa diterapkan di negeri beriklim tropis termasuk Indonesia. Dengan gaya arsitekturnya yang terkesan halus, tentunya hal ini akan membuat rumah kalian memiliki ciri khasnya sendiri.

Nah, bagi yang penasaran mengenai ide desain interior ruang tamu ala Timur Tengah, yuk simak 5 tip yang bisa Genhype ikuti untuk diterapkan di rumah kalian dalam  ulasan berikut.


1. Gunakan Permadani dan Bantal

Memilih untuk menggunakan permadani alih-alih sofa juga bisa menjadi alternatif untuk menghadirkan nuansa Timur Tengah di ruang tamu kalian. Selain menjadikan rumah terasa lebih luas tentunya hal ini akan membuat tempat duduk lesehan jadi lebih nyaman.

Usahakan juga untuk memilih motif permadani seperti bunga warna-warni, rempah-rempah atau pola-pola simetris agar memberi kesan etnik. Setelahnya, kalian juga bisa memadukan dengan bantal berwarna senada untuk menghasilkan ruangan yang lebih hangat bagi tamu.

2. Beri Ornamen dan Tirai Khas Arab

 

Ilustrasi ornamen Timur Tengah/ Freepik

Ilustrasi ornamen Timur Tengah/ Freepik


Memberi ornamen berbentuk melengkung dan tirai khas arab di ruang tamu juga akan memberi kesan mewah dan elegan. Untuk menyikapinya Genhype bisa memasang tirai di  dalamnya. Bentangkan tirai di sekitar area duduk dan lengkapi bagian atasnya dengan penutup.

Agar lebih semarak, kalian juga bisa memilih tirai dengan warna cerah seperti orange atau merah marun. Pilih juga tirai dengan pinggiran yang dihiasi rumbai-rumbai di bagian pinggirnya. Dijamin hasilnya akan lebih estetik.

3. Lapisi Dinding dengan Walpaper 

Melapisi dinding dengan walpaper sesuai corak yang diinginkan juga bisa jadi alternatif untuk menghadirkan suasana ala Timur Tengah. Selain praktis, dengan walpaper juga akan memudahkan Genhype bila sewaktu-waktu ingin menggantinya dengan tema baru.

Selain itu, pada bagian dinding Genhype juga bisa mencoba untuk memainkan warna cat natural yang bisa dikombinasikan dengan motif-motif seperti kaligrafi, atau corak yang biasa diterapkan di hunian orang-orang Arab. Tentunya hal ini bakal memberi membuat ruang tamu kalian jadi lebih klasik.


4. Tambahkan Kursi Ottoman 

Opsi lain untuk mendesain ruang tamu agar memiliki unsur Timur Tengah juga bisa dilakukan dengan menambahkan kursi Ottoman hingga bangku duduk sederhana dengan bantal. Furniture ini memang jamak digunakan oleh orang-orang negeri Arab untuk menampilkan kesan mewah.

Namun, untuk menghindari kesan glamor terhadap ruangan lain di dalam rumah, Genhype juga bisa memadukannya dengan nuansa khas tropis, termasuk menambahkan beberapa tanaman hias yang memberi kesan asri.


5. Lengkapi dengan Furnitur Antik

Desain interior Timur Tengah juga identik dengan berbagai furnitur antik dengan material kayu jati, gading, keramik. Tak jarang juga menggunakan bahan logam, termasuk kuningan dan tembaga. Jadi lengkapilah ruang tamu kalian dengan pernik-pernik tersebut.

Di bagian dinding, kalian juga bisa menambahkan dekorasi lukisan kaligrafi yang diambil dari ayat-ayat suci, atau piring-piring etnik dari tanah liat yang bisa ditempel untuk menyempurnakan nuansa Timur Tengah.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

Rekap Spotify Wrapped Indonesia, Tulus Jadi Artis Paling Banyak Didengarkan pada 2022

BERIKUTNYA

2 Siswi Asal Indonesia Raih 13 Medali di World Scholar’s Cup Tournament of Championship 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: