Gambaran dilarang makan saat berpuasa. (Sumber gambar : PV Production/Freepik)

5 Kiat Aman Puasa untuk Pengidap Penyakit Batu Ginjal

05 April 2023   |   13:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Penderita batu ginjal memiliki sejumlah tantangan, terutama dalam menerapkan pola makan demi menjaga kualitas hidupnya. Mereka harus memastikan sistem metabolisme yang terjaga dengan baik, dengan begitu batu ginjal tidak dapat terbentuk dan menyebabkan masalah. Salah satunya yaitu kebutuhan cairan tubuh terpenuhi.

Lantas apakah mereka bisa berpuasa? Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi, dr. Andry Giovanny mengatakan, bisa puasa atau tidaknya pengidap batu ginjal tergantung pada kondisinya. Mereka tidak akan dianjurkan berpuasa jika batu ginjal yang dialami sudah dalam kondisi parah.

Bagi yang kondisinya masih terbilang baik, berpuasa tetap bisa dilakukan. Namun, ada yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan sebelum melaksanakan puasa mulai dari kondisi hingga asupan nutrisi yang akan dibutuhkan. 

Baca juga: Begini Tip Agar Gula Darah Tetap Terkendali bagi Pengidap Diabetes Saat Berpuasa

Apabila puasa dapat jalankan, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Berikut tips berpuasa untuk penderita batu ginjal yang nyaman dan aman. 


1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Andry menyebut asupan cairan tubuh adalah hal esensial yang harus tetap terjaga bagi penderita batu ginjal. Untuk menghindari dehidrasi pada saat berpuasa, dia menyarankan untuk tetap konsumsi minimal 8 gelas air putih sehari pada saat sahur dan berbuka puasa. 

“Anda bisa membagi takarannya 4 gelas pada saat sahur dan 4-6 gelas pada saat dan setelah waktu berbuka puasa,” ujarnya dikutip Hypeabis.id, Rabu (5/4/2023). 

Selain air putih, asupan cairan tubuh bisa didapatkan melalui konsumsi sayuran berkuah seperti sup atau buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka dan jeruk.
1
2


SEBELUMNYA

Pertunjukan Sandiwara Sunda Boeh Hideung akan Tampil di Gedung Kesenian Miss Tjitjih

BERIKUTNYA

Tembus 10 Juta Subscribers, Ini Alasan Windah Basudara Rehat dari YouTube

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: