Boeh Hideung menjadi lakon kedua di Gedung Kesenian Miss Tjitjih setelah diresmikan kembali. (Sumber gambar: Instagram/@uppkjtim/ diolah

Pertunjukan Sandiwara Sunda Boeh Hideung akan Tampil di Gedung Kesenian Miss Tjitjih

05 April 2023   |   11:37 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Gedung Kesenian Miss Tjitjih di kawasan Cempaka Putih Baru, Jakarta Pusat yang telah direnovasi akan menjadi tempat pertunjukan kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih 1928. Pertunjukan bertajuk Boeh Hideung (Kain Kafan Hitam) digelar pada Minggu, 9 April 2023, dimulai pukul 15.30 WIB.

Dikutip dari unggahan akun instagram @uppkjtim, lakon Boeh Hideung atau Kain Kafan Hitam bercerita tentang kehidupan Minta dan Rusdi yang mendapatkan pembagian harta warisan secara rata setelah seorang juragan bernama Danu meninggal dunia.

Dalam perjalanan kehidupan, nasib Minta dan Rusdi berbanding terbalik meskipun mendapatkan warisan dalam jumlah yang sama. Minta mengalami kebangkrutan lantaran tidak bisa mengelola harta yang didapat dengan baik.

Baca juga: Pergulatan Batin Perempuan dalam Pertunjukan Teater Boneka "Jalinan Kusam di Lemari Sosi"

Sementara itu, Rusdi memiliki kehidupan yang kian maju setelah mendapatkan harta warisan dari sang juragan. Merasa Iri, terbesit keinginan dalam hati Minta untuk merampas semua harta yang dimiliki oleh Rusdi.

Niat dalam hati berubah menjadi tindakan. Minta berhasil merampas barang-barang Rusdi yang lebih sukses dalam kehidupan. Setibanya di rumah, sang anak yang bernama Sarti merasa kaget lantaran mengenali semua barang rampasan yang dibawa oleh sang ayah.

Sarti menyadari bahwa barang-barang yang dibawa adalah milik sang ibu. Kisah selanjutnya tentang cerita ini dapat dinikmati oleh para penikmat seni pertunjukan di Gedung Kesenian Miss Tjitjih. 

Untuk dapat menyaksikan lakon yang mendapatkan arahan dari Sutradara Elly Sunteba itu, para penonton harus memenuhi syarat telah berusia lebih dari lima belas tahun. Kemudian, pertunjukan itu juga dapat disaksikan secara gratis.

Kalian perlu mengisi formulir registrasi secara daring melalui https://forms.gle/YjrCDwYeZNE2Yb8J6. Terkait dengan reservasi, penyelenggara memberikan penjelasan bahwa pendaftaran tiket elektronik hanya sekadar untuk menonton pertunjukan.
 

Lakon Boeh Hideung (Sumber gambar: instagram/akun @uppkjtim)

Lakon Boeh Hideung (Sumber gambar: instagram/akun @uppkjtim)


“Bila terkonfirmasi atau mendapatkan email konfirmasi dari [email protected] berarti anda terpilih menjadi penonton pertunjukan ini,” demikian tertulis. Tiket elektronik dan nomor kursi akan secara otomatis terlampir.

Penyelenggara menuliskan, satu tiket elektronik berlaku untuk satu orang saja. Individu yang telah mendapatkannya wajib datang pada pukul 14.00 WIB – 15.00 WIB. Jika melewati waktu yang ditentukan, tiket elektronik tidak akan berlaku.

Kemudian, pastikan bahwa seluruh penonton sudah bersama saat hendak konfirmasi. Setelah itu, antre di bagian tiket untuk konfirmasi kedatangan. Langkah selanjutnya adalah menunjukkan tiket elektronik untuk memperoleh tiket fisik.

Saat menonton pertunjukan, sejumlah tata tertib dan aturan harus ditaati, yakni duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera di tiket. Kemudian, matikan segala alat elektronik atau atur dalam mode bisu.

Keinginan untuk mengabadikan pasti akan timbul ketika menonton lakon tersebut. Saat mengambil gambar dokumentasi, pastikan lampu blitz tidak menyala. Tidak hanya itu, kalian juga tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman meskipun menonton sambil makan dan minum cukup mengasyikkan.

Ribut atau membuat kebisingan suara juga tidak boleh dilakukan oleh para penonton saat menyaksikan pertunjukan Boeh Hideung lantaran dapat mengganggu orang lain yang menyaksikan para pemain berlaga di atas panggung.

Selain itu, pastikan juga tidak membawa hewan, senjata tajam, korek, dan rokok dalam segala bentuk ketika menyaksikan pertunjukan ini. Kemudian, dua hal lainnya yang harus diperhatikan adalah hadir sesuai waktu yang ditentukan dan gunakan pakaian sopan dan rapi.

Berdasarkan akun instagram @misstjitjih1928, pertunjukan lakon Boeh Hideung di Gedung Kesenian Miss Tjitjih merupakan yang pertama diadakan pada April 2023 atau yang kedua sejak gedung diresmikan kembali pada 8 Maret 2023 silam.

Sepanjang tahun ini, setidaknya telah terdapat tiga pertunjukan di gedung tersebut. Pertunjukan pertama berjudul Kuntilanak Sumur Tua yang diadakan pada 25 Februari 2023 silam. Kedua, Kuntilanak Waru Doyong yang terselenggara pada 10 Maret 2023. Pertunjukan selanjutnya adalah Boeh Hideung yang akan diselenggarakan pada Minggu, 9 April 2023 nanti.

Baca juga: Tampil di Teater Musikal Internasional, Dira Sugandi Terlibat dalam Pertunjukan The Jungle Book di Belgia


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sinopsis Film The Super Mario Bros. Movie, Kisah Petualangan Mario Selamatkan Luigi

BERIKUTNYA

5 Kiat Aman Puasa untuk Pengidap Penyakit Batu Ginjal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: