Pameran Seni Visual Bittersweet (Sumber Foto: Hola PR)

Para Siswa Ini Unjuk Kebolehan di Pameran Seni Visual Bittersweet

03 April 2023   |   22:25 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Delapan murid Sampoerna Academy menghadirkan karya terbaiknya di Visual Art Exhibition Class 2022-2023. Karya-karya tersebut merupakan tugas akhir mereka dari mata pelajaran Seni Visual. Setiap karya mencerminkan kreativitas seni dari para remaja tersebut.

Sampoerna Academy sendiri merupakan sekolah interkultural yang menerapkan menerapkan kurikulum berstandar global. Lembaga ini memiliki program International Baccalaureate atau IB Diploma Programme (IBDP) untuk jenjang Secondary School atau remaja usia 16-19 tahun. Tujuannya untuk mendorong peserta didik merefleksikan perjalanan pembelajarannya, serta berbagi pengetahuan yang dipelajari atau Theory of Knowledge (TOK).

Baca juga: Pameran Dare to be Great, Dare to Collaborate, and Dare to Love, Bukti Penyandang Autisme Dapat Berkarya

Devender Singh Rawat selaku Sampoerna Academy IBDP Coordinator menyatakan bahwa program ini menjadi salah satu kurikulum yang mempersiapkan siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi internasional dengan menyediakan enam mata pengetahuan pilihan yaitu; bahasa dan sastra, bahasa asing, pribadi dan masyarakat, sains, matematika, dan seni.

“Dukungan yang kami berikan bagi delapan peserta didik yang menghadirkan pameran karyanya hari ini merupakan salah satu bukti komitmen dan upaya kami, sebagai institusi pendidikan yang terus mendorong kreativitas dan minat dari setiap murid," ujar Devender.

Melalui tema Bitter Sweet pameran ini diselenggarakan oleh siswa seni visual, dimulai dari perencanaan, proses pembuatan layout, hingga eksekusi acara. Pameran ini juga merupakan bentuk asesmen pembelajaran program Seni Visual (Visual Arts) bagi para siswa pada level kelas 11 dan 12 selama dua tahun.

“Seluruh karya di pameran ini terinspirasi dari berbagai ide kreatif dan refleksi pemahaman mengenai kehidupan sehari-hari, manusia, dan budaya," elas Ayu Fadira, Sampoerna Academy Visual Arts Teacher.

Tema Bitter Sweet juga dipilih oleh para siswa sebagai simbol perjalanan dua tahun menghasilkan hasil yang manis. Tahun ini, siswa Sampoerna Academy Grade 12 bidang Seni Visual menggelar IBDP Visual Art Exhibition Class 2022 – 2023 pada tanggal 30 – 31 Maret 2023 dan dibuka untuk publik.

Terdapat 50 karya yang dibuat oleh 8 siswa (G11 dan G12) yaitu; Francheska Angelique De Guzman (Entangled & Loose Ends), Cherish Sukmana (Chaos and Growth), Maria Emmanuelle Carmeline (Human Nature), Hasna Aulia Mufidah (Run Away from Reality), Rat Qailla Supraba (Indonesia Culture), Emiliania Favia (Façade), Freya Amada Gayatri Santoso (Price of Freedom), dan Tegar Mahesa Agni (Untitled).
 

Francheska Angelique De Guzman melalui karya Entangled & Loose Ends (Sumber Foto: Hola PR)

Francheska Angelique De Guzman melalui karya Entangled & Loose Ends (Sumber Foto: Hola PR)

Setiap siswa menampilkan karya berupa lukisan, patung, dan digital art. Para siswa menghasilkan karya tersebut terinspirasi dari orang-orang terdekat, pandangan hidup, bahkan budaya Indonesia. “Setiap karya yang saya buat terinspirasi dan didedikasikan untuk orang-orang yang saya cintai, yang membuat saya menyadari pentingnya hidup," kata Maria Emmanuelle Carmeline salah satu siswa Sampoerna Academy Grade 12.
 

Maria Emmanuelle Carmeline dengan karya Human Nature (Sumber Foto: Hola PR)

Maria Emmanuelle Carmeline dengan karya Human Nature (Sumber Foto: Hola PR)

Dia menyadari bahwa ketika kita tumbuh dewasa, beban yang akan dipikul akan menjadi semakin sulit. Membuat kesalahan, menyesali, kemudian melanjutkan, dan membuat harapan baru adalah bagian dari sifat manusia. Maria berharap pengunjung yang datang dapat memahami maksud dan arti karya seninya. Kemudian mengajak mereka memahami dan menyadari bahwa mereka tidak sendirian.

Tidak hanya berfokus pada penilaian, program ini juga memberi kesempatan bagi para siswa mendapatkan pengalaman nyata, serta masukan saran dari para pengunjung. Devender memaparkan, dia yakin bahwa para siswa mampu menembus, menyelesaikan studi, dan meraih gelar di universitas terkemuka dunia

"Kualifikasi lulusan IBDP sudah mendapat pengakuan internasional, baik oleh perguruan tinggi maupun perusahaan global,” katanya.

SEBELUMNYA

7 Ide Outfit Bukber Hijab yang Simpel dan Elegan

BERIKUTNYA

5 Seniman dengan Autisme Unjuk Karya Seni dalam Pameran Amal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: