Ilustrasi Jumat Agung (Sumber gambar: Unsplash/Sincerely Media)

20 Ucapan Jumat Agung yang Penuh Doa, Cocok Dijadikan Status Media Sosial

03 April 2023   |   20:00 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Jumat Agung merupakan hari penting umat Kristen di seluruh dunia. Momen ini diperingati sebagai hari penyaliban dan kematian Yesus Kristus di kayu salib, dan menjadi salah satu dari beberapa perayaan penting dalam agama Kristen, bersama-sama dengan Paskah dan Natal. Pada tahun ini, Jumat Agung jatuh pada 7 April 2023.

Jumat Agung atau Good Friday diperingati sebagai hari di mana Yesus Kristus memberikan dirinya sebagai korban untuk menebus dosa umat manusia. Pada hari Jumat Agung, umat Kristen di seluruh dunia mengikuti tradisi yang berbeda-beda. Salah satu tradisi yang umum dilakukan adalah melaksanakan ibadah gereja pada malam Jumat Agung.

Ibadah ini berlangsung secara khusyuk dan seringkali diwarnai dengan pertunjukan teater dan nyanyian-nyanyian rohani. Anglikan, Ortodoks, dan banyak agama Protestan juga mengadakan kebaktian khusus pada Jumat Agung untuk mengenang penderitaan Yesus sebagai persiapan perayaan kebangkitan pada hari Minggu Paskah.

Baca juga: Simak 5 Tradisi Peringatan Jumat Agung di Berbagai Negara, dari Italia hingga Jamaika

Biasanya umat Kristen pergi ke gereja mengikuti liturgi dengan mengenakan pakaian yang serba hitam sebagai simbol berkabung dan duka cita atas kematian Yesus Kristus. Beberapa umat Kristen juga melakukan penahanan diri seperti berpuasa sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan kepada Yesus Kristus.

Di beberapa negara, seperti di Filipina, tradisi Jumat Agung diperingati secara lebih dramatis yakni dengan mengadakan prosesi penyaliban hidup di jalan-jalan dan kota-kota. Prosesi ini berisi adegan-adegan dramatis dari penyaliban dan kematian Yesus Kristus.

Jumat Agung di Jamaika diperingati dengan tradisi mewarnai telur dengan warna-warna cerah. Orang Jamaika memiliki tradisi unik dengan telur selama peringatan Jumat Agung. Mereka akan memecahkan telur dan memisahkan kuning telur dari putihnya. Sebelum matahari terbit, mereka lalu akan menuangkan putih telur ke dalam segelas air. Saat panas matahari menghangatkan gelas, pola akan terbentuk dari telur.

Di Roma, Italia, Jumat Agung disebut juga Venerdi Santo yang berarti Jumat Suci, hari Yesus Kristus disalibkan. Saat Jumat Agung tiba, banyak orang Italia memilih untuk berpuasa atau mengonsumsi makanan yang hanya terdiri dari ikan.

Untuk memperingati hari berkabung Gereja Katolik, setiap patung dan salib di gereja ditutup dengan kain hitam atau ungu. Selain itu, ada acara Jumat Agung terbesar di Roma yang dikenal sebagai Jalan Salib atau Stasiun Salib.

Semua tradisi ini bertujuan untuk mengenang pengorbanan besar yang dilakukan oleh Yesus Kristus untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa dan kegelapan. 

Saat perayaan Jumat Agung maupun Paskah, umat kristiani kerap membagikan kata-kata ucapan selamat Jumat Agung kepada keluarga, teman, dan orang-orang terkasih yang merayakannya. Biasanya kata-kata ucapan tersebut berisi doa serta harapan positif yang dibagikan lewat media sosial Instagram, Facebook,Twitter, dan status Whatsapp.

Tak hanya itu, kalian juga bisa mengirimkan ucapan Jumat Agung tersebut secara langsung melalui pesan singkat kepada orang terdekat. Berikut ini kumpulan kata-kata ucapan Jumat Agung yang penuh makna dan harapan yang bisa Genhype bagikan. Semoga kutipan tentang Jumat Agung ini memberikan inspirasi untuk iman yang lebih dalam.
 

Ucapan Jumat Agung Penuh Doa dan Harapan

1. “Selamat Jumat Agung! Pada hari yang sakral ini, mari kita merenungkan kembali penderitaan dan pengorbanan Yesus Kristus demi keselamatan kita. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa Jumat Agung ini, serta mempererat ikatan kita dengan Tuhan dan sesama. Tuhan memberkati!”

2. “Saya berdoa untuk kebahagiaan dan kesuksesan Anda sepenuhnya. Semoga kita dan keluarga menikmati Jumat Agung dan Paskah ini dengan penuh sukacita dan tawa.”

3. “Semoga kita dan keluarga mendapatkan salam yang paling tulus pada hari Jumat Agung dan Paskah! Semoga sukacita, kedamaian, dan berkat dari kasih karunia Tuhan memenuhi hidup kita semua hingga penuh.”

4. “Semoga kita menikmati musim semi ini yang dipenuhi dengan berkah berlimpah dari Tuhan. Semoga kita bahagia dan tenang selama musim liburan. Selamat Jumat Agung dan Paskah untukmu!”

5. “Pada Hari Jumat Agung ini, mari kita bersyukur untuk kasih dan belas kasihan Allah. Semoga kita semua selalu dapat menjaga kebaikan hati kita dan saling membantu satu sama lain.”

6. “Selamat Hari Jumat Agung! Semoga kita dapat mengambil momen ini untuk merenung dan memperbaiki diri dalam hidup kita.”

7. “Hari Jumat Agung mengingatkan kita akan pentingnya kerendahan hati, pengampunan, dan cinta kasih. Mari kita jadikan hari ini sebagai awal perubahan kita menjadi lebih baik.”

8. “Selamat Hari Jumat Agung! Semoga kesempurnaan kasih Kristus memberikan arti baru dalam hidup kita dan memperkuat iman kita.”

9. “Pada Hari Jumat Agung ini, mari kita memberikan penghormatan yang besar untuk pengorbanan besar Kristus. Semoga kita dapat selalu berdoa dan menghormati-Nya dalam setiap langkah kita dalam hidup.”

10. “Tuhan Yesus selalu menyertai kita dan memberi kita kekuatan untuk mengatasi segala hal negatif. Hendaknya berkah Jumat Agung mengisi hatimu dengan kedamaian, cinta, dan harapan.”

11.” Pada Hari Jumat Agung ini, mari kita merenungkan kesempurnaan kasih Allah dan berdoa agar kita semua dapat mengikuti teladan-Nya. Hendaknya cahaya ilahi Yesus terus menyinarimu sampai akhir. Selamat Jumat Agung!”

12. “Selamat Hari Jumat Agung! Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa penting dalam sejarah ini dan menjadi pribadi yang lebih baik.”

13. “Hari Jumat Agung adalah hari yang penuh pengharapan dan keajaiban. Mari kita bersama-sama memuliakan pengorbanan-Nya dengan cara yang terbaik.”

14. “Selamat Hari Jumat Agung! Semoga kita dapat menghayati kembali makna sejati kehidupan dan menghargai setiap berkah yang diberikan kepada kita.”

15. “Saya berdoa hari ini dan selalu semoga kasih Yesus yang tanpa syarat selalu dan tetap tidak berubah untukmu. Selamat Jumat Agung untukmu, temanku!”

16. “Kita bisa belajar banyak dari Yesus Kristus, tapi hal terbesar yang bisa kamu pelajari dari-Nya adalah mengorbankan diri sendiri demi melindungi kebenaran dan kemanusiaan. Semoga Kristus membangkitkan setiap aspek kehidupan dan mengubah kita menjadi manusia yang lebih baik!”

17. "Dia mencintai. Dia peduli. Dia ada untukmu setiap saat dan dimanapun. Betapa besarnya kekuatan-Nya, Dia melindungi kita semua. Semoga berkat-Nya akan selalu menyertai kamu selamanya. Selamat Jumat Agung.”

18. "Tuhan telah mengirimkan anak-Nya yang tunggal kepada kita untuk menyelamatkan kita dari semua rasa sakit dan penderitaan. Tuhan selalu menjaga kita. Selamat Jumat Agung."

19. “Pada hari berkabung ini, semoga kita terhibur dengan pengetahuan bahwa pengorbanan Kristus membuka gerbang surga bagi kita semua. Selamat Jumat Agung!”

20. “Semoga pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib menjadi pengingat akan dalamnya kasih Tuhan bagi kita semua. Biarkan belas kasihan dan pengampunan-Nya jatuh padamu.”

Baca juga: 15 Ucapan Selamat Natal, Cocok untuk dibagikan di Medsos

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Sambut Hari Raya, Cek Tip Memilih Koper & Promo Be Ready Home Awaits dari Samsonite

BERIKUTNYA

Tantangan Mengemas Jagat Film Horor, Begini Cerita Awi Suryadi Garap Danur Universe

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: