Ilustrasi menu olahan oatmeal. (Sumber foto: Unsplash/Melissa Belanger)

5 Makanan Super Agar Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

04 April 2023   |   14:18 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Like
Bagaimana puasa Ramadan kalian, Genhype? Meski banyak yang akan menjawab baik-baik saja, terkadang kalian juga merasa sangat tidak bertenaga, bukan? Sesekali saat berpuasa kita merasa sangat haus dan mulai lapar terutama di sore hari. Atau mungkin kalian sudah merasakannya sejak pagi.

Nah, hal itu bisa dimaklumi karena makanan berkarbohidrat yang kalian konsumsi saat sahur biasanya hanya akan membuat kenyang selama beberapa jam saja. Apa yang kalian makan saat sahur dapat menentukan sensasi kenyang secara berbeda.

Baca juga: Sering Buka Puasa dengan Gorengan, Ahli Gizi Ingatkan Risiko Ini

Menahan rasa lapar bagi sebagian orang mungkin berat dan tetap kenyang saat puasa bisa menjadi tantangan apalagi jika kalian memiliki rutinitas yang padat sehingga orang sering bertanya bagaimana cara tetap kenyang selama Ramadan. Untungnya, kalian tidak perlu repot-repot melakukan rutinitas sahur baru dan cukup mengganti pola diet saja.

Untuk membantu kalian merasa kenyang yang lebih lama dan selanjutnya menjadikan puasa Ramadan sebagai pengalaman yang lebih baik, mari coba konsumsi bahan-bahan super ini untuk makanan sahur Genhype dan keluarga:


1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sahur yang sempurna untuk orang yang mencoba makan sehat. Oat atau haver tinggi serat, memiliki indeks glikemik rendah, dan merupakan sumber protein yang baik.

Menurut penelitian, oat juga mengandung avenanthramides, yaitu polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antiperadangan. Itulah mengapa oat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kadar kolesterol.

Selain itu, oatmeal adalah sumber karbohidrat yang bagus untuk memulai hari, bahkan saat berpuasa, karena akan membuat kita merasa kenyang hingga matahari terbenam. Kalian bisa melengkapi oatmeal dengan buah-buahan seperti stroberi, pisang, dan menambahkan madu untuk membuatnya manis dan lebih nikmat.


2. Telur

Telur sangat padat nutrisi dan mengenyangkan, terutama karena kandungan proteinnya yang tinggi. Makanan berprotein tinggi diketahui dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan makanan yang mengandung sedikit protein.

Sejumlah penelitian juga telah menunjukkan bahwa makan telur, terutama jika dipasangkan dengan makanan kaya serat, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan pada waktu makan selanjutnya dibandingkan dengan makanan lain dengan kandungan kalori yang sama. Kelebihan ini tentu cocok untuk Genhype yang berpuasa.


3. Smoothies

Smoothies bukan hanya cara yang baik untuk menambah asupan buah selama Ramadan, tetapi juga memberikan energi dan protein, yang merupakan salah satu keuntungan meminumnya untuk sahur. Makan lebih banyak protein membuat kita merasa lebih kenyang dan menurunkan keinginan makan di kemudian hari.

Protein adalah molekul kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah daripada karbohidrat, sehingga memberikan lebih banyak energi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Protein juga membantu mencegah hilangnya otot saat menurunkan berat badan dengan diet rendah kalori, menjadikan smoothie berprotein tinggi sebagai makanan sahur yang sangat baik. Kalian dapat menambahkan bahan-bahan berikut ke smoothie sebagai menu sahur sehat dan mengenyangkan:
  • Yogurt
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan
  • Susu atau air
  • Bubuk protein
  • Rempah-rempah
  • Buah-buahan


4. Kurma

Bagaimana agar tetap kenyang selama Ramadan? Makan kurma saat sahur! Kurma kaya akan serat makanan larut, terutama pektin. Serat ini menarik air dan meningkatkan fluiditas isi lambung, sehingga meningkatkan waktu yang dihabiskannya di dalam perut dan memberikan sensasi kenyang.

Dengan memasukkan makanan berserat tinggi seperti kurma saat sahur, serta mendukung asupan serat ini dengan banyak air, kalian akan memiliki kontrol yang lebih baik terhadap nafsu makan dan merasa kenyang lebih lama.


5. Quinoa

Quinoa adalah tanaman biji-bijian populer yang ditanam untuk diambil bijinya, dan merupakan sumber protein yang baik. Faktanya, ini menyediakan semua asam amino esensial dan oleh karena itu dianggap sebagai sumber protein lengkap. Quinoa juga lebih tinggi seratnya daripada kebanyakan biji-bijian. Kandungan protein dan serat quinoa dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu kalian makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

Baca juga: Selain Sayur, Ini 5 Makanan Rendah Kalori yang Bisa Bikin Kenyang

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Tantangan Mengemas Jagat Film Horor, Begini Cerita Awi Suryadi Garap Danur Universe

BERIKUTNYA

The Last Emperor, Film Peraih Oscar yang Ikut Digarap Ryuichi Sakamoto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: