Sutradara Awi Suryadi. (Sumber gambar: MD Pictures)

Sudah Nonton KKN di Desa Penari? Cek Juga 5 Film Horor Lainnya Karya Awi Suryadi

30 August 2022   |   16:28 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Film KKN di Desa Penari tercatat sebagai film horor Indonesia terlaris sepanjang masa dengan jumlah penonton mencapai 9 juta lebih di bioskop. Capaian tersebut membuat film yang disutradarai Awi Suryadi ini nangkring di nomor satu dalam daftar film terlaris sepanjang masa di Indonesia.

KKN di Desa Penari jauh mengungguli jumlah penonton sejumlah film yang sebelumnya tercatat terlaris sepanjang masa. Sebut saja Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016) dengan jumlah penonton 6.858.616 dan Dilan 1990 (2018) yang hanya meraup penonton 6.315.664.

Diangkat dari cerita viral beberapa tahun lalu, KKN di Desa Penari mampu membuat para penontonnya penasaran dan berbondong-bondong ke bioskop. Suksesnya film tersebut tentu tak bisa dilepaskan dari sosok Awi Suryadi selaku sutradara.

Baca juga: Tayang di Disney+ Hotstar, Intip 6 Fakta Menarik Proses Syuting KKN di Desa Penari

Nyatanya, Awi Suryadi bukan orang baru di dunia film horor. Beberapa kali film garapannya pun melejit. Kalau Genhype penggemar film horor, kalian wajib menyaksikan lima film horor lainnya garapan Awi Suryadi yang tak kalah seram dari KKN di Desa Penari. Simak, yuk!
 

1. Trilogi Danur

 

Danur. (Sumber gambar: MD Pictures)

Danur. (Sumber gambar: MD Pictures)

Nama Awi Suryadi melambung ketika dia menggarap film Danur yang diadaptasi dari buku berjudul Gerbang Dialog Janur karya Risa Sarasvati. Dia adalah sosok penting dalam penggarapan film yang kemudian berkembang menjadi trilogi itu.

Ketiga film tersebut ialah Danur: I Can See Ghost (2017), Danur 2: Maddah (2018), dan Danur 3: Sunyaruri (2019). Trilogi ini berisi perjalanan hidup anak kecil bernama Risa yang memiliki kemampuan indigo. Risa kemudian menemukan sosok teman bermain di dunia gaib, tetapi rupanya anak perempuan itu juga harus menghadapi sosok hantu yang jahat.


2. Asih

 

Asih tayang sebagai prekuel dari trilogi Danur. (Sumber gambar: MD Pictures)

Asih tayang sebagai prekuel dari trilogi Danur. (Sumber gambar: MD Pictures)


Awi Suryadi juga jadi sosok yang menggarap film Asih. Film ini bercerita tentang sosok hantu bernama Asih. Film yang dirilis 2008 itu juga masih punya benang merah dengan trilogi Danur.

Hantu Asih yang meneror Risa ternyata punya kisah sendiri yang layak untuk disimak. Bagi pencinta Danur universe, tentu film Asih tak boleh terlewatkan. Sebab, ada kisah menarik di balik kemunculan hantu Asih di Danur universe. Kemunculan hantu Asih yang sering meneror orang-orang di sekitar pohon beringin besar ternyata punya sejarah yang cukup kelam.


3. Sunyi

 

Sunyi. (Sumber gambar: MD Pictures)

Sunyi. (Sumber gambar: MD Pictures)


Film Sunyi digarap Awi pada 2019. Dibintangi Angga Aldi Yunanda dan Amanda Rawles, film ini rupanya menyajikan horor tentang bangunan sekolah. Cerita klasik ini tentu bikin para pencinta film horor di Indonesia penasaran.

Namun, Sunyi sendiri ternyata adalah adaptasi dari film horor asal Korea Selatan, yakni Whispering Corridors (1998). Tak hanya menyajikan soal horor semata, film ini juga membawa isu perundungan di bangku sekolah yang masih marak terjadi.


4. Badoet

 

Badoet. (Sumber gambar: DT Films)

Badoet. (Sumber gambar: DT Films)


Film horor garapan Awi tampaknya tak bisa jauh-jauh dari keberadaan anak indigo. Dalam film Badoet, Awi juga menggunakan formula tersebut. Film yang dirilis pada 2015 itu diproduksi DTFilms.

Kisah film Badoet dimulai dari tiga anak muda, yakni Farel, Donald, dan Kayla, yang mencoba mencari tahu kematian misterius tiga orang anak. Pada saat yang sama, sosok badut misterius juga meneror mereka. keberadaan Nikki, anak yang punya kemampuan indigo, kemudian menambah bumbu menarik dalam film Badoet.
 

5. Sumpah Pocong di Sekolah

 

Sumpah Pocong di Sekolah. (Sumber gambar: Maxima Pictures)

Sumpah Pocong di Sekolah. (Sumber gambar: Maxima Pictures)


Dirilis pada 2008, Sumpah Pocong di Sekolah adalah film horor pertama Awi Suryadi. Debut pertamanya itu bercerita tentang tiga sahabat yang menyewa penari telanjang ke sekolahnya. Ketiganya tak menyangka, efek perbuatannya itu ternyata berbuntut panjang.

Ketiganya pun harus menerima pil pahit karena dikeluarkan dari sekolah. Namun, salah satu dari tiga sahabat itu berkilah dan melakukan sumpah pocong. Meski prosesi sempat dihentikan, sumpah pocong tersebut benar-benar mengubah kehidupannya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Penuh Tekanan, Begini Kelamnya Kehidupan Selebritas dari Kacamata Psikolog

BERIKUTNYA

Viral Foto Lukisan Raden Saleh Diunggah Menkeu, Yuk Intip Perawatan Koleksi Benda Seni di Istana Negara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: