Festival Film Indonesia (Sumber gambar: Instagram.com.festivalfilmid)

Festival Film Indonesia Kembali Hadirkan Kategori Pemeran Anak Tahun Ini

31 March 2023   |   20:27 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Festival Film Indonesia (FFI) 2023 resmi diluncurkan oleh Komite Festival Film Indonesia bertepatan dengan Hari Film Nasional pada 30 Maret 2023. Peluncuran ini dilangsungkan secara daring melalui platform Twitter Space di akun Twitter FFI. Dengan demikian, pendaftaran karya terbaik insan film Indonesia pun resmi dibuka di situs resmi FFI.

Menariknya, Komite Festival Film Indonesia akan menambah satu kategori baru dalam ajang film nasional ini. Kategori tamabahan itu dikhususkan untuk pemeran anak. Sebetulnya, kategori ini bukan pertama kali hadir di FFI. Pada 2019 saat masa Komite FFI dipimpin oleh Lukman Sardi, kategori pemeran anak tersebut sempat dihapus. Alasannya adalah untuk menyetarakan bidang keaktoran dalam memperebutkan trofi bergengsi Piala Citra.

Baca juga: Rangkaian Festival Film Indonesia Resmi Dibuka, Usung Tema Citra

Tahun ini, kategori pemerna anak tampaknya dilirik lagi oleh Komite FFI 2021-2023 yang dipimpin oleh Reza Rahadian. Menurutnya,  penambahan kategori ini menjadi bentuk dukungan FFI terhadap banyaknya pemeran anak di kancah film nasional.

“Kami lihat banyak film yang diperankan oleh pemeran anak di tahun ini. Dengan penambahan atau kembalinya kategori ini, semoga kita bisa mengembalikan juga semangat para pemeran anak di dunia film Indonesia,” ungkap Reza sesi bincang Peluncuran Festival Film Indonesia melalui Twitter Space pada Kamis (30/3).

Tidak hanya soal kembalinya kategori baru,  Komite Festival Film Indonesia juga turut mengumukan lima aktor dan katir ternama yang didapuk sebagai Duta FFI 2023. Mereka adalah Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, Putri Marino, dan Chicco Kurniawan. Mereaka dipilih oleh Komite Festival Film Indonesia sebagai perwajahan dari dunia perfilman Indonesia.

Kelimanya siap mengemban tugas sebagai duta yang membawa nama FFI di hadapan penikmat film nasional. Dalam platform Twitter Space FFI, Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2021-2023 menyebut, terpilihnya lima Duta FFI 2023 tersebut mewakili generasinya masing-masing.

“Masing-masing merepresetasikan generasinya melalui perjalanan mereka dalam dunia film Indonesia,” jelas Reza.

Sementara itu, Garin Nugroho selaku Ketua Bidang Penjurian FFI 2021-2023 mengatakan, kelimanya dipilih melihat pada pencapaian panjang mereka dalam berkontribusi di perfilman nasional.

Komite FFI juga tengah sibuk dengan ragam persiapan setelah FFI 2023 resmi diluncurkan. Rencananya, Malam Anugerah FFI 2023 akan dilaksanakan pada 18 November 2023. “Penyelenggaraan secara aturannya tetap sama, hanya kita lakukan penyempurnaan dan evaluasi dari tahun kemarin. Penetapan tanggal Malam Anugerah semuanya sudah selesai dibahas, tinggal penyempurnaan saja untuk malam puncak nanti,” jelas Reza.

Terlebih, rangakaian FFI terbilang cukup panjang mulai dari tahap pendaftaran, pembuatan daftar pendek yang kemudian memerlukan rekomendasi dari asosiasi, proses review oleh Akademi Citra, kurasi, dan lainnya yang akan berlangsung sepanjang April hingga September 2023. “Kita berusaha lakukan yang terbaik karena Piala Citra ini penting. Harus adil dan mewakili semua suara penggiat film,” tutup Reza.

Baca juga: Reza Rahadian Ungkap Alasan di Balik Terpilihnya 5 Duta Festival Film Indonesia 2023

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Acara Refleksi Legenda Film Komedi Bahas Unsur Satire atau Humor Kritis dalam Film Warkop DKI

BERIKUTNYA

Cerita Seniman Nyoman Nuarta Pilih Desain Burung Garuda untuk Istana Kepresidenan di IKN

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: