Siaran langsung atau live streaming mulai banyak digunakan untuk promosi penjualan (Sumber gambar: Unsplash/Markus Winkler)

5 Tips Praktis Memaksimalkan Fitur Live Streaming Untuk Promosi Penjualan 

13 June 2022   |   21:30 WIB

Siaran langsung (live streaming) saat ini telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk sarana promosi dan penjualan. Ragam fitur yang dimiliki memungkinkan adanya interaksi langsung antara penyelenggara dan penonton, dalam konteks ini adalah antara penjual dan pembeli. 

Sekarang ini, beberapa platform dagang elektronik (e-commerce) seperti Lazada hingga Shopee telah memiliki fitur siaran langsung yang memudahkan para pelaku usaha untuk mempromosikan dan menjual produk mereka. 

Live streaming Lead Lazada Indonesia, Partogi Baringbing, mengatakan bahwa shoppertainment telah mengubah perilaku belanja banyak orang dan memberikan arti baru pada pengalaman berbelanja di e-commerce

Bagi para pelaku usaha, berikut ini adalah sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk memaksimalkan kanal live streaming : 
 

1. Kenali target pasar 

Poeti Fatima, General Manager Business UniPin - perusahaan yang memanfaatkan fitur Lazada Live - menyarankan agar penjual harus mengetahui dan mengenali karakter dari penonton atau target konsumen. Hal ini perlu dilakukan untuk menghasilkan konten yang relevan dengan target konsumen dan produk yang dijual. 
 

2. Pilih waktu terbaik siaran langsung 

Setelah memilih target pasar dan menghasilkan konten yang relevan hingga menarik, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pemilihan waktu. Disarankan agar penjual mampu mengidentifikasi waktu terbaik guna siaran. Biasanya waktu seperti saat tanggal gajian, mega campaign, akhir pekan, atau jam-jam pulang kerja. 
 

3. Manfaatkan sebagai momen branding 

Jangan jadikan proses siaran langsung di platform hanya sebagai ajang untuk menjual produk. Akan tetapi, pelaku usaha perlu memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan kesadaran merek atau branding. Jadi penjual tidak harus selalu mengejar keuntungan penjualan dalam saat live streaming
 

4. Strategi FOMO 

Guna mendorong penonton melakukan transaksi saat melakukan siaran langsung, penjual atau pelaku usaha bisa memanfaatkan strategi fear of missing out (FOMO) dengan memberikan diskon besar-besaran. Strategi ini dilakukan guna menciptakan urgensi bagi konsumen agar tidak melewatkan hal tersebut.
 

5. Tingkatkan pengetahuan pembawa acara 

Melakukan peningkatan pengetahuan produk (product knowledge) pembawa acara dalam siaran langsung penting agar kegiatan itu bisa menjadi alat pemasaran yang efektif. Dengan pembawa acara yang paham dengan produk dijual, mereka bisa memberikan edukasi dan informasi yang tepat sehingga mendorong orang untuk melakukan transaksi. 

Editor : Fajar Sidik
SEBELUMNYA

3 Perbedaan Mengisi Ban Mobil dengan Angin Biasa & Nitrogen

BERIKUTNYA

Cek Fakta-Fakta Subvarian Omicron BA.4 & BA.5 yang Mulai Terdeteksi di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: