Para WomenofTikTok Inspiratif (sumber gambar : TikTok)

Ini Dia Deretan Kreator Konten Perempuan Inspiratif di TikTok

09 March 2023   |   19:17 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, saat ini makin banyak platform yang dapat digunakan oleh para perempuan untuk dapat menunjukkan kreativitas dan mengekspresikan diri sekaligus saling berbagi dan terhubung bersama komunitasnya. Salah satu di antaranya adalah TikTok.

Melalui aplikasi ini, para perempuan dapat memberikan inspirasi melalui cerita-cerita yang mereka bagikan. Para kreator perempuan di TikTok juga terus mendorong perubahan positif dan bermakna melalui konten dan upaya mereka untuk merangkul dan menginspirasi sesama, baik di dalam TikTok maupun melalui profesi mereka sehari-hari.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia, TikTok ingin merayakan perempuan inspiratif lewat kampanye bertajuk #PerempuanBisa. Kampanye ini menyorot para perempuan, khususnya kreator TikTok, yang telah memberikan dampak positif kepada komunitas global TikTok, hingga masyarakat lebih luas lewat kreativitasnya, semangatnya dan pengaruh positifnya.

Baca juga: Konten Kreator Terus Bermunculan, Startup Ini Sediakan House of Tiktokers

Hari Perempuan Sedunia menjadi momen penting untuk menghargai dan merayakan pencapaian perempuan di seluruh dunia yang telah membawa perubahan. Tema Hari Perempuan Sedunia tahun ini adalah #EmbraceEquity, yang mengajak semua orang untuk aktif mendukung dan merangkul kesetaraan dengan menantang stereotip dan diskriminasi gender.

Sejalan dengan tema #EmbraceEquity, TikTok juga mengusung kampanye lokal bertajuk #PerempuanBisa yang mengajak siapa pun untuk mendukung, merangkul, dan mengapresiasi para perempuan yang berhasil mendorong perubahan positif dan bermakna bagi masyarakat.

Komunitas perempuan di TikTok tergabung dalam tagar #WomenofTikTok. Tagar yang telah memiliki lebih dari 4 miliar views secara global ini telah mengumpulkan perempuan pembawa perubahan, pelopor, pemimpin, dan para pendukung dalam menggunakan suara mereka yang beragam untuk mendobrak batasan, stereotip gender, dan juga menggerakkan keadilan atau equity bagi perempuan setiap harinya.

Beberapa #WomenofTikTok di Indonesia telah menginspirasi komunitas TikTok dan membawa dampak positifnya, baik di dalam platform maupun kepada masyarakat luas. Siapa saja mereka? Berikut di antaranya

1. Renny Antonious (@renny.antonious)
Seorang kreator beauty yang sering berbagi informasi seputar kecantikan sejak 2021. Selain berbagi konten di seputar beauty di TikTok, Renny juga aktif berkolaborasi dengan lebih dari 50 brand untuk melakukan LIVE Shopping di TikTok Shop.

Berkat konsistensinya, Renny pernah menghasilkan penjualan senilai lebih dari 1 miliar rupiah pada Maret 2022. Selain itu, Renny juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan seperti Kreator Terpopuler di TikTok Shop Award tahun 2022. Tidak hanya fokus pada mengembangkan dirinya, sebagai kreator affiliate, Renny juga mengajak kreator perempuan lain untuk ikut berjualan dan mendapatkan penghasilan tambahan bersama TikTok Shop.

Baca juga: Hypereport: Geliat Konten Kreator, Bukan Sekadar Cuan Singkat Lalu Tenggelam

2. Fanny Tjandra (@fanny.tjandra)
Mantan pegawai kantoran yang beralih menjadi kreator gaming profesional. Fanny memulai perjalanannya sebagai konten seputar gaming di TikTok sejak awal pandemi. Melalui kontennya, Fanny terus membuktikan bahwa profesi sebagai kreator gaming tidak hanya terbatas untuk kreator laki-laki.

Pembawaan Fanny yang menghibur, positif, juga edukatif menjadi angin segar bagi komunitas gaming di TikTok. Fanny juga sering mendapat pujian dari komunitas, terutama para Ibu, karena kontennya yang membangun dan tidak toxic seperti kebanyakan konten gaming di luar sana.

3. Gisela Sabrina (@selasidoo).
Perempuan berusia 21 tahun yang menggeluti profesi sebagai musisi dan produser musik. Sebagai bagian dari komunitas musik di TikTok, Gisela rajin mengunggah konten seputar musik mulai dari produksi musik hingga kebolehannya saat membawakan lagu lawas.

Berkat karakter vokal dan dan pembawaannya yang unik, beberapa konten saat Gisela membawakan lagu Indonesia berhasil menghibur komunitas TikTok. Sound dari salah satu lagu yang dibawakan oleh Gisela berjudul "Dia" yang dipopulerkan oleh penyanyi legendaris Vina Panduwinata juga digunakan di lebih dari dari 14 ribu video yang dibuat oleh komunitas TikTok secara organik.

4. Shania Nayaga (@shaninayaa)
Kreator perempuan yang bergelut di dunia olahraga sedari kecil. Shania yang memegang gelar Sarjana Kepelatihan Olahraga dan berprofesi sebagai pelatih ini terus membuktikan bahwa olahraga tidak hanya didominasi oleh pria.

Melalui konten seputar olahraga yang menghibur dan menginspirasi komunitas TikTok, Shania menunjukan bahwa perempuan juga bisa meraih prestasi di bidang olahraga yang mereka sukai.

5. Christie Basil, (@christiebasil)
Perempuan yang juga merupakan seorang pengusaha dan desainer pakaian ini tidak hanya berbagi cerita menarik dan menyentuh di balik pembuatan gaun untuk para kliennya di TikTok, tapi juga menggandeng para perempuan berbakat di dunia fesyen untuk mengembangkan bakat mereka melalui usaha milik Christie.

6. Nadia Alaydrus (@nadialaydr)
Nadia sering berbagi konten edukasi seputar kesehatan untuk membantu lebih banyak orang mendapatkan informasi yang lebih akurat seputar kesehatan pribadi mereka dengan penuturan yang mudah dipahami oleh orang awam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Naskah Tulang Belulang Tulang dari Indonesiana Film Dapat Investor & Siap Diproduksi

BERIKUTNYA

Tayang 10 Maret, Intip Spoiler Serial The Glory Part 2

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: