Macam-macam buah yang dijual di pasar. (Sumber gambar : Pexels/Daria Shevtsova)

Biar Puasa Lancar, Ini 7 Buah yang Cocok disantap Saat Sahur

05 April 2022   |   15:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Sahur menjadi kunci tubuh tetap sehat dan stamina terjaga saat berpuasa. Namun jangan sembarang makan. Penting memperhatikan asupan vitamin dan mineral pada waktu tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan selain makanan pokok seperti karbohidrat, protein, dan sayur. 

Nah, untuk mendukung pelancaran puasa kamu di bulan Ramadan, berikut beberapa buah yang bisa jadi pilihan saat sahur. 
 

1. Kurma

Meskipun sering dikonsumsi saat berbuka puasa, kurma juga cocok untuk sahur. Kurma dikemas dengan vitamin, mineral, serat makanan, dan potasium yang akan membuat kamu tetap bersemangat sepanjang hari. Buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung.  


2. Mangga

Mengutip Suunpride, mangga mengandung banyak vitamin A, E dan C yang bisa membantu membersihkan  darah. Bagi kamu yang sedang berpuasa, minum jus buah mangga dapat mengurangi dehidrasi tubuh.


3. Buah beri

Stroberi, blueberry, dan raspberry kaya akan antioksidan, vitamin C, dan serat, Buah ini juga dapat membantu mengatur gula darah, mengurangi rasa lapar, dan memerangi peradangan. 


4.Pisang 

Kandungan vitamin A, B1, B2 dan C pada buah pisang, dapat mengurangi asam lambung. Karena bisa membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, maka pisang sangat cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Kandungan serat larut dalam pisang juga dapat memperlambat pencernaan dan membantu kamu kenyang lebih lama.


5. Zaitun

Zaitun mengandung vitamin E, serat makanan, dan antioksidan. Buah ini bisa mencegah anemia, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat, dan mengatur tekanan darah.


6. Pepaya 

Kandungan vitamin C dan provitamin A pada pepaya bisa membantu memecah serat makanan dan membuat pencernaan menjadi lancar. Masalah buang air besar akan  teratasi.


7.Apel 

Apel mengandung vitamin A, B dan C yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan dapat mencegah nafsu makan yang terlalu besar. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Intip 5 Kostum Terbaik di Grammy Awards 2022

BERIKUTNYA

Return to Monkey Island Segera Dirilis Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: