Shou Zi Chew di Bloomberg New Economy Forum (Sumber gambar: Youtube.com/Bloomberg Technology)

Profil Shou Zi Chew, CEO TikTok yang Bikin Amerika Serikat Ketar-Ketir

25 March 2023   |   12:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Nama CEO TikTok, Shou Zi Chew mendadak trending di jagat media sosial setelah konflik ketegangan antara Amerika Serikat dan Cina meningkat. Siapa sangka jika TikTok sebagai platform media sosial ikut terseret dalam masalah dua negara. Hal itu lantaran TikTok disebut bisa dipakai untuk mencuri data sensitif milik Amerika Serikat.

Konflik semakin meruncing ketika pemeirntah Cina mengecam Amerika Serikat menyoal permintaan untuk segera memisahkan TikTok cabang Amerika Serikat dari perusahaan pemilik di Cina. Shou Zi Chew selaku CEO TikTok pun bersaksi pada hubungan yang melibatkan semakin buruknya hubungan Washington dengan Beijing.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden memiliki kekhawatiran jika aplikasi media sosial tersebut bisa menjadi bahaya bagi keamanan nasional Amerika Serikat.

Dalam keterangannya di Komite Energid an Perdangan Amerika Serikat, Shou Zi Chew mati-matian membela TikTok yang diderang tudingan miring. Shou Zi Chew melakukan banyak dialog dengan pejabat Amerika Serikat soal ini. Namun sebetulnya, siapakah sosok Shou Zi Chew ini?

Baca juga: TikTok Hadirkan Fitur STEM, Konten Edukasi Pilihan Tentang Sains dan Teknologi

Shou Zi Chew merupakan pengusaha kelahiran Singapura berusia 40 tahun. Dia lahir tepat pada 1 Januari dan menjalani masa kecil dan remajanya di kota kelahirannya. Institut Hwa Chong, Singapura menjadi tempatnya meyelesaikan pendidikan tertinggi. Setelah lulus dari dunia kuliah, Shou Zi Chew memutuskan untuk bergabung dengan pelayanan nasional sebagai anggota militer di Angkatan Darat.

Setelah berkecimpung di dunia militer, Sou Zi Chew memutuskan untuk melanjutkan dunia perkuliahannya di London hingga akhirnya menyandang gelar  Sarjana Ekonomi. Dunia pendidikan Shou Zi Chew terus meroket. Dia bahkan menyelesaikan gelar masternya di sekolah bisnis bergengsi di Harvard Business School.

Setelah menyelsaikan gelar masternya, Shou Zi Chew mengambil pekerjaan terkait investasi dan pasar modal korporasi. Setelah itu, dia beralih bekerja di perusahaan bernama Xiaomi sebagai Chief Financial Officer (CFO). Meskipun memulai banyak bisang keahliannya dalam bidang keuangan, siapa sangka pembelajarannya dalam dunia bisnis sukses membawanya duduk sebagai CEO TikTok.

Perusahaan teknologi tempatnya bernaung pertama kemudian membawanya menapaki TikTok yang dimiliki oleh ByteDance. Di sana, Shou Zi Chew duduk sebagai petinggi keuangan sebelum akhirnya menggantikan Zhang Yiming yang saat itu merupakan pendiri ByteDance. Karier Shou Zi Chew sudah terbilang gemilang sebelum diangkat menjadi CEO TikTok pada 2021 lalu.

Satu tahun sebelum menyandang gelar CEO TikTok, Shou Zi Chew  sudah masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia.  Namanya juga mentereng di jajaran influencer yang memajukan bisnis global dalam The Bloomberg 50 pada 2020. Ketertarikan Shou Zi Chew sebelum membuat meta TikTok seperti saat ini, lahir dari jiwa penasarannya dengan kemampuan konten dan video pendek hingga disukai banyak orang.

Baca juga: Mau Buat Konten Menarik di TikTok? Ikuti Saran dari Kreator Ini

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

The Legend of Zelda: Tears of The Kingdom Siap Meluncur Mei 2023 di Nintendo Switch

BERIKUTNYA

Lana Del Rey Resmi Merilis Album Terbarunya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: