Layanan Pocket (sumber foto Youtube)

Pocket Bukan Sekadar Bookmark Web

23 March 2023   |   13:31 WIB

Genhype tahu layanan Pocket saat menjelajah di internet? Pocket (https://getpocket.com) adalah salah satu layanan yang cukup sering saya gunakan untuk menyimpan artikel daring. Pocket tidak hanya berfungsi sebagai markah buku (bookmark) di jaringan web, tetapi juga menyimpan suatu laman web ke dalam format yang lebih mudah dibaca.

Biasanya, bila saya menemukan artikel web yang menarik, saya akan menyimpannya ke layanan Pocket untuk dibaca kemudian.

Pocket yang dirilis pada 2007 sebelumnya dikenal sebagai Read it Later. Pada saat ini, Pocket telah diakuisisi oleh Mozilla. Walaupun begitu, layanan ini tetap dapat digunakan dari berbagai peramban modern.

Pocket tersedia baik sebagai aplikasi ponsel maupun aplikasi web. Layanan Pocket sudah terintegrasi dengan peramban Mozilla Firefox.

Tersedia ekstensi/pengaya untuk aplikasi peramban lain seperti Google Chrome atau Microsoft Edge. Ekstensi dan integrasi dengan peramban ini terutama memudahkan kita untuk menyimpan laman web ke layanan Pocket.


Menemukan Artikel

Biasanya saya akan menyimpan artikel yang ditemukan dari pencarian di mesin pencari (misalnya Google), atau yang melintas di media sosial. Namun Pocket sebenarnya juga memberikan rekomendasi dari fitur Discover.
 
Tampilan Aplikasi Pocket di Ponsel (Sumber foto tangkapan layar)
Fitur ini bisa ditemukan dari menu di panel sebelah kiri pada aplikasi webnya. Rekomendasi ini dipilihkan oleh editor dari Pocket, dan digolongkan dalam berbagai topik (misalnya, teknologi, politik, sains).

Collections (koleksi) adalah kumpulan artikel yang dipilihkan oleh redaktur Pocket, tentang suatu topik yang dianggap menarik. Kita bisa menyimpan koleksi ini ke dalam daftar artikel.


Organisasi Artikel

Kita dapat menyimpan artikel begitu saja tanpa mengorganisasikannya lebih jauh. Namun ini akan menyulitkan ketika sudah banyak artikel yang disimpan.

Salah satu cara untuk memudahkan organisasi artikel adalah dengan memberi label (tag) pada artikel. Kita bisa memberi lebih dari satu label untuk sebuah artikel. Misalnya, kita bisa memberi label “indonesia” dan “teknologi” pada artikel yang membahas inovasi teknologi terbaru dari perusahaan di Indonesia. Kita kemudian dapat memfilter tampilan artikel berdasarkan label, untuk memudahkan pencarian.

Pocket sebenarnya menyediakan fitur pencarian bila Anda malas mengorganisir artikel. Namun pada versi gratis, fitur pencarian ini hanya akan mencari judul dan URL artikel.

Ketika membaca, kita sering menemukan kalimat atau paragraf yang menarik perhatian. Pada buku atau majalah, kita mungkin akan menggunakan stabilo untuk menyorot (highlight) kalimat-kalimat penting tersebut. Bagaimana dengan bentuk digital?

Pocket menyediakan fitur sorotan untuk menandai kalimat-kalimat yang kita anggap menarik. Kalimat tersebut akan ditampirkan di panel sisi kiri artikel.  Pengguna versi gratis hanya dapat menandai tiga sorotan (highlight). Pengguna Premium tidak terhalangi oleh batasan ini.


Mendengarkan Artikel

Salah satu fitur Pocket yang sangat berguna adalah kemampuan mendengarkan artikel (fitur audio). Ini merupakan alternatif bila Anda terlalu sibuk. Dengan mendengarkan artikel, Anda bisa mengerjakan hal lain sambil tetap menyimak bahan bacaan.

Fitur ini bisa digunakan, misalnya, ketika sedang menyetir mobil atau bepergian di angkutan umum. Waktu yang dihabiskan untuk pulang pergi kantor bisa dimaksimalkan.

Daftar artikel yang Anda simpan tersedia sebagai kanal RSS (really simple syndication). Ini artinya Anda juga bisa membacanya dari aplikasi seperti Feedly atau Thunderbird. Sayangnya kanal RSS ini tidak menyediakan tampilan yang lebih disederhanakan dari Pocket. Anda harus mengandalkan fitur penyederhanaan tampilan dari aplikasi RSS (kalau ada).


Penyimpanan Luring

Tidak punya sambungan internet? Kita bisa menyimpan artikel secara luring. Fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi Pocket di ponsel (Android atau iPhone), serta Pocket for Mac.

Sayangnya sampai saat ini belum tersedia aplikasi khusus untuk Windows. Jadi fitur penyimpanan luring belum dapat dinikmati di sistem operasi Microsoft itu.

Meskipun Pocket dapat dinikmati gratis, beberapa fitur tambahan hanya tersedia sebagai fitur berbayar (Pocket Premium).

Selain fitur berbayar yang sudah dibahas di atas, fitur seperti pemilihan font hanya bisa diakses bila Anda membayar. Fitur arsip permanen juga hanya tersedia untuk pengguna Premium. Fitur ini sangat berguna bila artikel yang pernah disimpan ternyata tidak lagi tersedia di jaringan web. Pocket akan menyimpan salinannya sendiri yang selalu bisa diakses.

Layanan berbayar ini tersedia sebagai langganan per bulan ataupun per tahun. Biaya langganan total per tahun lebih murah (US$45) dibandingkan layanan per bulan (US$5).

Baca juga: Menyelaraskan Bookmark Secara Sederhana dengan Floccus

Pocket Premium bisa dipertimbangkan bila Anda cukup intensif menggunakan Pocket untuk menyimpan referensi. Bila tidak, versi gratisnya sudah mencukupi.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Peringati Hari Meteorologi Sedunia, Ini Sejarahnya

BERIKUTNYA

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Film Buya Hamka Bisa Jadi Inspirasi bagi Kalangan Muda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: