Ilustrasi penumpang pesawat. (Sumber gambar: Danila Hamsterman/Unsplash)

5 Tips Jitu Mengatasi Kelebihan Bagasi Pesawat

20 March 2023   |   19:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Like
Viral di media seorang penumpang maskapai yang melayangkan protes keras terhadap petugas bandara. Dia tidak terima karena harus membayar denda senilai Rp2 juta untuk 3 dus oleh-oleh bika Ambon yang dibawanya. Video penumpang wanita yang cekcok dengan petugas Bandara Kualanamu itu diunggah akun TikTok @henryobbytanauma.

Namun demikian, Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam pernyataannya kepada media menyampaikan video tersebut merupakan peristiwa yang terjadi pada 2021 silam. Adapun denda Rp2 juta yang diajukan ke penumpang tersebut merupakan efek kelebihan muatan kabin atau bagasi pesawat. Ketentuan aturan bagasi kabin yang ditetapkan yakni 7 kilogram untuk setiap penumpang. 

Sejak 2022, maskapainya pun menghadirkan layanan tambahan untuk penumpang yang membawa basi di luar batas ketentuan maksimal, yakni 20 kilogram untuk kelas ekonomi dan di luar kompartemen bagasi kabin. Saat ini sedang ada potongan 80 persen loh. 

Nah buat kamu yang punya rencana pulang kampung menyambut awal Ramadan, pastinya ingin dong membawakan buah tangan untuk orang-orang terkasih. Kendati demikian, penting untuk memperhatikan berat barang bawaan tersebut agar tidak kena denda seperti video yang viral. 

Untuk mengantisipasi, berikut cara mengatasi kelebihan berat bagasi kabin atau pesawat, terutama buat kamu yang tidak ingin membayar biaya tambahan. 


1. Pilih Tas yang Sesuai

Cara paling cerdas untuk menghindari membayar bagasi terdaftar adalah mengemas semuanya dalam tas jinjing. Namun, tetap pastikan kamu memeriksa syarat dan ketentuan maskapai untuk barang bawaan. 

Kamu bisa memanfaatkan tas jinjing ini untuk menaruh pakaian jika koper kamu sudah penuh dengan barang bawaan. Kamu dapat menggulung pakaian agar muat di tas jinjing. Selain tas jinjing, ransel juga bisa menjadi pilihan nggunakan ransel daripada tas jinjing. Kamu bisa menaruhnya di kabin atau di bawah kursi pesawat. 

Untuk koper, pilih yang tidak terlalu tebal. Perhatikan bobot dari koper tersebut. Pilih yang ringan agar muatan bawaan kamu banyak. Ingat, petugas tidak hanya menimbang koper berdasarkan isinya saja.


2. Timbang Tas Sebelum Berangkat

Rata-rata maskapai menetapkan muatan bagasi untuk setiap penumpang domestik sebanyak 20 kilogram. Oleh karena itu, jika tidak ingin membayar kelebihan bagasi, sebaiknya timbang terlebih dahulu bawaan kamu di rumah sebelum berangkat ke bandara. 
1
2


SEBELUMNYA

Shinta Dhanuwardoyo, Perempuan yang Berdaya & Diberdayakan dengan Teknologi

BERIKUTNYA

Keren, Kain Ulos Dipamerkan pada Ajang Global Indigenous Runway 2023 di Australia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: