Ilustrasi kartu ucapan Hari Raya Nyepi. (Sumber gambar : Freepik)

Rekomendasi Ucapan Hari Raya Nyepi dalam Bahasa Indonesia dan Bali

20 March 2023   |   17:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 tinggal menghitung hari. Jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023, umat Hindu akan berhenti beraktivitas di luar rumah dan menjalani refleksi, introspeksi, meditasi, dan puasa secara spiritual di kediamannya. 

Diperingati setiap 1 Saka antara Maret atau April setiap tahunnya, selama seharian penuh umat Hindu menjauhkan diri hal-hal yang bersifat duniawi dan mendekatkan diri kepada Sang Hyang Widhi Wasa untuk menyucikan Bhuana Alit (manusia) dan Bhuana Agung (alam serta segala isinya. Mereka juga menghindari kegiatan yang menganggu ketenangan, termasuk menyalakan lampu atau peralatan elektronik di dalam rumah.  

Baca juga: Nikmati Keheningan Nyepi di Bali dengan Pilihan Hotel Ini

Nah, salah satu cara menyambut Hari Raya Nyepi yakni dengan mengirimkan ucapan kepada yang merayakannya. Berikut ucapan yang bisa dikirimkan kepada keluarga, teman, atau kerabat dalam perayaan ini. 


Bahasa Indonesia 

1. Selamat Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Baru Saka 1945, semoga kamu dalam kedamaian dan kesejahteraan.

2. Kesunyian untuk menyembuhkan Bumi, keheningan untuk kedamaian diri. Semoga semua makhluk hidup dalam kebahagiaan, hidup rukun dan damai, serta terbebas dari bencana. Selamat Hari Raya Nyepi.

3. Mari introspeksi diri, melaksanakan Catur Brata Penyepian. Semoga berjalan lancar.

4. Untuk semua saudaraku, mari kita sucikan pikiran, menyambut Hari Raya Nyepi dengan sepenuh hati.

5. Suara burung terdengar lirih, suara gemericik air mengalir pun terdengar, dunia sepi, dunia damai, itulah pertanda Nyepi, selamat hari raya.


Bahasa Bali

1. Rahajeng nyanggra rahina Nyepi caka 1945. Rahina Nyepi pinaka sarana kaanggen mulat sarira ring sajeroning angga sarira. (Selamat menyambut hari Nyepi Caka 1945. Hari Nyepi mari kita jadikan sarana intropeksi diri).

2. Rahina Nyepi sameton sareng sami, dumogi molihang kerahayuan lan kerahajengan. (Selamat Hari Raya Nyepi untuk kita semua, semoga kita diberikan kelancaran serta keselamatan).

3. Majeng ring para semeton tiange, ngiring iraga suciang pikayun, nyanggra Rahina Nyepi sangkaning manah tulus suci nirmala. (Untuk semua saudaraku, mari kita sucikan pikiran, menyambut Hari Raya Nyepi dengan sepenuh hati).

4. Rahajeng nyanggra warasa anyar caka 1945, jagate degdeg sami rahayu. (Selamat menyambut tahun baru saka 1945, semoga bumi selalu dalam keadaan rahayu).

5. Rahina Nyepi pinaka rahina sane suci, dumogi iraga sareng sami pageh nglaksanayang Catur Brata Nyepi. (Hari Nyepi adalah hari yang suci, semoga kita semua lancar melaksanakan Catur Brata Nyepi).

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Momen Seru Konser TREASURE di Jakarta, Joget Bareng Ayu Ting Ting sampai Jaehyuk Pake Batik Khas Cirebon

BERIKUTNYA

Musikal Ken Dedes, Broadway Bercita Rasa Nusantara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: