Alif Rivelino (Sumber foto: Yayus Yuswoprihanto/Bisnis)

Kagumi Sutradara Anggy Umbara, Alif Rivelino Totalitas Main di Film Jin & Jun

17 March 2023   |   22:44 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Alif Rivelino, film Jin & Jun punya makna yang spesial. Tentu saja dia bangga bisa menjadi salah satu aktor yang bermain di film yang diaptasi dari serial populer pada era 1990-an tersebut. Namun, secara pribadi, film ini bagi Alif begitu penting karena merupakan debut pertamanya di dunia keaktoran.

Alif memerankan tokoh Irdan di film Jin & Jun. Menurut Alif, Irdan merupakan tipikal anak sekolah yang tengil dan suka menggombali para perempuan. Sayangnya, dengan penampilan yang gendut dan botak, dia juga jadi karakter yang sering dirundung di sekolahnya.

Baca juga: Sampai Pakai Gigi Palsu, Begini Cara Clay Gribble Dalami Karakter di Film Jin & Jun

Menjadi karakter yang nelangsa sekaligus kocak di film ini membuat Alif harus banyak belajar. Meski mengaku tidak memiliki persiapan khusus, eks komika Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) 9 ini mengatakan dirinya banyak menonton dokumenter-dokumenter dari para aktor besar internasional.

Dia juga banyak menonton wawancara dari beberapa aktor lokal, seperti Reza Rahadian hingga senior-seniornya di dunia komika yang terlebih dahulu terjun ke dunia film. Dari jawaban-jawaban para aktor tersebut, Alif mengaku banyak belajar tentang cara mendalami karakter hingga memainkan emosi saat beradu peran.

Menurut Alif, latar belakang dirinya menjadi komika dan mantan pegiat teater membuatnya tidak terlalu sulit beraptasi. Proses syuting yang berjalan sekitar 15 hari itu berhasil dilaluinya dengan lancar.

“Salah satu hal baru yang aku belajar banget di sini adalah seni merespons. Bagaimana seorang aktor bisa memberikan respons yang baik dari lawan mainnya, terlebih aku di sini memainkan peran komedi,” kata Alif saat ditemui Hypeabis.id di Wisma Bisnis Indonesia, Jumat (17/3).
 

Alasan Bergabung di Film Jin & Jun

 

Alif Rivelino (Sumber foto: Yayus Yuswoprihanto/Bisnis)

Alif Rivelino (Sumber foto: Yayus Yuswoprihanto/Bisnis)

Alif mengatakan dirinya mau mengambil peran di film Jin & Jun karena film ini diangkat dari serial yang legendaris. Hampir semua orang yang besar di era 1990-an pasti mengenal serial Jin & Jun dan berbagai karakternya yang ikonik.

Saat ditawari ikut ambil bagian, dirinya tentu tidak menolak. Sebab menurutnya, kesempatan debut di dunia akting dengan langsung bermain di film yang populer tentu adalah kesempatan yang langka.

Di sisi lain, dirinya juga mengaku sangat mengagumi sosok sang sutradara, yakni Anggy Umbara, yang dia anggap sebagai salah satu sutradara terbaik yang ada di Indonesia.

“Aku senang banget sih waktu ditawarin ikut, apalagi ini produksinya Anggy Umbara. Bisa bermain di filmnya Anggy Umbara itu adalah cita-citaku sejak lama,” imbuhnya.

Kekagumannya terhadap sosok Anggy bukan tanpa sebab. Selain film-filmnya banyak yang populer, Anggy juga kerap membidani seorang komika lahir ke dunia aktor.

Salah satunya adalah film Comic 8 , dengan daftar pemain yang diisi oleh mayoritas komika itu, sukses melambungkan para aktor di dalamnya. Hal itu kemudian membuat Alif sangat mengagumi Anggy.

“Banyak komika yang lahir ke industri film berkat karya dan tangan dingin Anggy Umbara. Jadi, aku ngefan banget sama dia,” tegasnya.

Menurut Alif, Anggy juga sosok sutradara yang sangat mengerti apa yang ingin dibuatnya sekaligus memahami cara pemain dalam berakting. Hal itu kemudian membuatnya sangat mudah beradaptasi di dunia film meski ini adalah kali pertamanya beradu peran.

Saat menjalani proses syuting, Alif menyebut Anggy tidak banyak memberikan arahan kepada dirinya. Dia justru mempercayakan semua set komedi yang ada di film ini kepadanya. Apalagi dengan latar belakang Alif yang aktif di dunia stand up comedy, Anggy memberikan kebebasan arah komedi dalam tiap scene asal tetap mengacu pada plot.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 7+ Gen 2, Cek Fitur-Fiturnya!

BERIKUTNYA

Mau Nonton Arctic Monkeys? Cek Informasi Lengkap Akses ke Beach City International Stadium

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: