Snapdragon 7+ Gen 2 (Sumber gambar: Qualcomm)

Qualcomm Umumkan Chipset Snapdragon 7+ Gen 2, Cek Fitur-Fiturnya!

17 March 2023   |   22:46 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Bagi penggemar ponsel dengan performa tinggi, chipset Snapdragon dari Qualcomm tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Khususnya, Snapdragon 8 Series yang banyak dipakai di smartphone flagship dan gaming. Selain seri premiumnya itu, perusahaan juga punya entri Snapdragon 7 Series juga diidolakan para fan. 

Terbaru, Qualcomm Technologies Inc mengumumkan kehadiran Snapdragon 7+ Gen 2 Mobile Platform. Perusahaan meng-highlight sejumlah fitur yang jadi peningkatan ketimbang seri terdahulunya seperti performa lebih cepat, fotografi cahaya rendah yang dinamis, pengalaman AI yang disempurnakan, hingga konektivitas 5G dan Wi-Fi lebih cepat. 

Baca juga: Bawa Snapdragon 8 Gen 2, Cek Keunggulan Prosesor Samsung Galaxy S23 Series 5G

Senior Vice President and General Manager of Mobile Handsets, Qualcomm Technologies Inc, Christopher Patrick, mengatakan bahwa perusahaan mengembangkan cip tersebut dengan harapan bisa memberikan solusi inovatif untuk kebutuhan konsumen dan industri. 

“Peluncuran Snapdragon 7+ Gen 2 menggambarkan kemampuan kami untuk menghadirkan beberapa fitur unggulan yang paling banyak diminati ke dalam seri Snapdragon 7, yang membuatnya dapat diakses lebih banyak orang,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Hypeabis.id pada Jumat (17/3). 

Patrick merangkum, prosesor perangkat seluler itu hadir dengan sejumlah peningkatan. Contohnya, CPU Qualcomm Kryo yang dipakai meningkatkan performa lebih dari 50 persen ketimbang seri sebelumnya, sementara GPU Qualcomm Adreno yang tersemat memberi peningkatan kinerja hingga dua kali lipat. 

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah sejumlah fitur yang akan hadir di platform atau chipset Snapdragon 7+ Gen 2, yuk simak. 
 

Gim 

Qualcomm masih menyematkan dukungan fitur Snapdragon Elite Gaming seperti Auto Variable Rate Shading (VRS) pada cip anyar ini. Fitur itu memungkinkan optimalisasi daya dan kinerja pada resolusi yang lebih rendah. Prosesor juga punya fitur Snapdragon Sound dengan Qualcomm aptX yang penting untuk gamer melakukan streaming
 

Kamera 

Pada bagian pemrosesan gambar, Snapdragon 7+ Gen 2 dilengkapi dengan Triple ISP 18-bit, yang membuat pengguna bisa mengambil gambar dalam mode mega low light. Selain itu, sebagaimana tengah ramai ponsel dengan resolusi tinggi, cip ini juga mendukung pengambilan gambar hingga 200 megapiksel (MP). 
 

Kecerdasan Buatan 

Bagian sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence yang digunakan pada cip ini juga ditingkatkan. Qualcomm AI Engine terintegrasi yang ada diklaim punya performa dua kali lebih baik dibandingkan pendahulunya, dengan performa 40 persen lebih baik per Watt. 

Tak hanya itu, Sensing Hub yang tersemat memungkinkan AI Super Resolution untuk secara cerdas meningkatkan adegan gim atau foto sehingga kualitas visualnya lebih mulus, bahkan dari gambar dengan resolusi yang rendah. Misalnya dari format 1080p ke 4K. 
 

Konektivitas 

Prosesor ini didukung dengan X62 5G Modem-RF System yang menawarkan kecepatan unduh hingga 4,4 Gbps dan daya yang lebih efisien. Cip ini juga menjadi yang pertama di generasi Snapdragon 7 Series untuk menyertakan dukungan 4G/5G Dual-Sim Dual Active dan dilengkapi dengan FastConnect 6900 Mobile Connectivitu untuk Wi-Fi hingga 3,6 Gbps. 

Sebagai informasi tambahan, dalam peluncurannya, Qualcomm menyebut bahwa prosesor ponsel Snapdragon 7+ Gen 2 akan diadopsi oleh para vendor smartphone utama. Salah dua yang telah diumumkan adalah perusahaan asal China, Redmi dan Realme yang siap mengumumkan produknya pada bulan ini. 

Baca juga: Ini Pertimbangan Utama Konsumen Membeli Smartphone pada 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Sampai Pakai Gigi Palsu, Begini Cara Clay Gribble Dalami Karakter di Film Jin & Jun

BERIKUTNYA

Kagumi Sutradara Anggy Umbara, Alif Rivelino Totalitas Main di Film Jin & Jun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: