Proses syuting film Siksa Neraka sudah dimulai pada 11 Mei 2023 (sumber gambara Dee Company)

Mulai Proses Syuting, Cek 5 Fakta Unik Film Siksa Neraka Besutan Anggy Umbara

17 May 2023   |   06:57 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Generasi 90-an pencinta komik Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan komik legendaris Siksa Neraka. Ya, komik yang dulunya sering dijual oleh pedagang mainan yang mangkal di depan sekolah itu pastinya pernah meneror hari-hari kalian dengan cerita horornya.

Sesuai judulnya, Siksa Neraka memang mengisahkan beraneka siksaan yang diterima para pendosa saat di neraka. Kengerian dari komik ini selain membuat kalian menjadi lebih alim dan patuh pada orang tua tentu saja gambarnya yang vulgar dan penuh visual penyiksaan.

Bagaimana tidak, gambar seperti tubuh yang disetrika hingga kulitnya meleleh, lidah yang digergaji, hingga ditusuk dengan tombak pastinya bakal membuat kalian jera untuk mengulangi dosa. Hingga saat ini, bahkan tak sedikit yang masih terngiang-ngiang visualnya yang penuh pertumpahan darah.

Nah, kabar gembiranya bagi kalian yang ingin menyaksikan visual tersebut dalam format yang lebih ciamik, saat ini komik Siksa Neraka bakal diangkat ke layar lebar. Diproduksi oleh Dee Company, proses syuting film ini pun sudah dimulai dengan melibatkan sederet artis kenamaan Tanah Air.
 

Namun sebelum menyimak lebih jauh mengenai aksi horor dari film tersebut, yuk simak 5 fakta unik film Siksa Neraka yang dihimpun Hypeabis.id dari berbagai sumber dalam ulasan berikut yuk Genhype.


1. Diadaptasi dari Komik Legendaris

Sebagaimana telah dijelaskan di awal, film Siksa Neraka diadaptasi dari komik legendaris yang sempat populer pada dekade 90-an. Adapun komik dengan judul sama untuk filmnya ini merupakan karya dari MB Rahimsyah, seorang pengarang yang banyak menulis buku yang akrab dengan dunia anak-anak.

Kendati begitu, data mengenai pengarang ini tidak cukup banyak di internet. Namun karya-karya cukup populer dikenal masyarakat seperti Kumpulan Cerita Rakyat Legenda Nusantara (2022), Ramuan Obat Kuno Ampuh (1992), Joko Dolog (1990), hingga Kisah Teladan 25 Nabi & Rasul (2018).


2. Perilisan Proyek Diumumkan Sejak 2022

Meski proses syuting film dimulai pada pertengahan Mei 2023, tapi pengumuman mengenai proyek film Siksa Neraka sebenarnya telah diumumkan sejak akhir 2022. Hal ini berlangsung setelah pihak produksi mencapai kesepakatan untuk mengadaptasi komiknya dari MB Rahimsyah selaku pengarang.
 
 

Barulah setelah menyiapkan berbagai detail mengenai produksi film tersebut akhirnya pada 11 Mei 2023 proses syuting mulai dilakukan. Hal itu pun ditandai dengan proses syukuran potong tumpeng yang diikuti berbagai jajaran produksi, mulai dari pemain, produser, hingga sutradara film.


3. Habiskan Dana Rp5 Miliar 

Tidak tanggung-tanggung biaya untuk memvisualisasikan adegan Siksa Neraka yang memfokuskan pada teknologi CGI pun mencapai Rp5 miliar. Adapun, set produksi ini sendiri terdiri atas real set building dan XR Virtual Screen yang tentunya dapat memberikan visual ciamik berbagai adegan gore di dalamnya.

“Mulai dari api neraka, Lava yang menyala, karang-karang bebatuan, dan berbagai penyiksaan di dalamnya yang tidak mungkin dilakukan secara live shooting. Makanya kita butuh waktu lama dan biaya tinggi untuk CGI," papar Anggy Umbara dikutip dari siaran resmi.


4. Dibintangi Artis Lintas Generasi

Selain mengusung teknologi canggih, Siksa Neraka juga akan didukung aktor dan aktris berbakat lintas generasi di Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah Ratu Sofya, Astri Nurdin, Ariyo Wahab, Rizky Fachrel, Nayla D. Purnama, Kiesha Alvaro hingga aktor legendaris Slamet Rahardjo.

Sebelumnya, Dee Company pun sempat mengunggah teaser poster Siksa Neraka dengan latar komik yang separuhnya terbakar di laman medsos mereka untuk mengawali proses syuting film. Bahkan, Dheeraj Kalwani, selaku produser juga sempat mengunggah foto penandatanganan kerjasama dengan MB Rahimsyah.


5. Digarap Sutradara Multitalenta

Film Siksa Neraka pun akan digarap oleh sutradara multitalenta Anggy Umbara yang juga dikenal sebagai D'Jackal. Ya,lelaki berusia 42 tahun ini selain dikenal sebagai sineas handal juga populer sebagai disjoki, penulis naskah, produser film, sekaligus musisi yang namanya cukup moncer.

Adapun di dunia film, Anggy Umbara pernah dinominasikan Piala Citra untuk Penulis Skenario Asli Terbaik atas film 3: Alif Lam Mim pada FFI 2015 bersama saudaranya Bounty Umbara dan Fajar Umbara. Awal tahun ini bahkan sutradara asal Jakarta itu juga berhasil mengadaptasi ulang sinetron Jin & Jun yang tayang pada April bulan lalu.

Baca juga: Kagumi Sutradara Anggy Umbara, Alif Rivelino Totalitas Main di Film Jin & Jun

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Intip Seat Plan Konser Coldplay Jakarta Sebelum War Ticket, Genhype Pilih Kategori Mana?

BERIKUTNYA

Raih Emas SEA Games 2023, Simak 10 Drama & Kejadian Menarik Kemenangan Timnas Indonesia vs Thailand

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: