Ilustrasi smartphone (Sumber gambar: Sven/Unsplash)

Ini Pertimbangan Utama Konsumen Membeli Smartphone pada 2023

06 March 2023   |   18:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Industri smartphone terus memacu diri dalam menghadirkan teknologi tercanggih. Bukan hanya dari sisi konsumen yang saling beradu gengsi, perusahaan ponsel juga tampak berlomba menghadirkan produk yang berbeda satu sama lain. 

Dalam beberapa waktu terakhir, tampilan dan desain smartphone jadi salah satu pertimbangan utama konsumen membeli ponsel baru. Namun nyatanya tren pertimbangan membeli gawai itu mulai bergeser. Performa yang gahar, kamera yang canggih, serta harga yang bersaing merupakan hal terpenting yang dilirik konsumen saat ini.

Baca juga: Tren Smartphone 2023: Layar Lipat, Ponsel Spesifik hingga Ekosistem Gawai

Tech Reviewer, Ikhsan, mengatakan fitur kamera masih menjadi pertimbangan penting bagi konsumen untuk memutuskan pembelian smartphone. Artinya, tren adu gengsi lewat desain tampak mulai disisihkan. Alih-alih sibuk dengan desain, konsumen lebih melirik fitur dan performa saat sebuah smartphone anyar rilis.

Selain kamera, performa memang menjadi hal penting yang paling diperhatikan. “Alasan orang berganti smartphone utamanya adalah karena performanya sudah lemot, baterai boros, kamera kurang baik,” kata Ikhsan kepada Hypeabis.id.

Selain itu, banyak konsumen yang tak mau berganti smartphone dalam waktu yang singkat. Menurut Ikhsan, ini mendukung tren besarnya storage internal smartphone yang kini mulai dibuat perusahaan mencapai 1 TB.

“ Orang sekarang ini suka sekali mengabadikan momen dalam bentuk video 4K serta foto guna memuaskan kebutuhan untuk menjadi yg pertama menguploadnya ke media sosial. Storage 64GB aku rasa masih akan menjadi opsi terkecil pada tahun 2023. 128 GB bakal menjadi standar,” imbuhnya. 
 

Ilustrasi smartphone (Sumber gambar:Freestocks/Unsplash)

Ilustrasi smartphone (Sumber gambar:Freestocks/Unsplash)

Selain itu, jaringan 5G akan dinilai sebagai nilai tambah dari sebuah smartphone keluaran baru. Tak heran jika belakangan vendor menyematkan kata ‘5G’ di akhir tipe ponsel anyarnya. Perusahaan memang ingin mengenalkan jika ponsel baru pun ikut mengikuti perkembangan kecepatan jaringan 5G yang diprediksi akan lebih besar tahun ini.

“Namun, jaringan 4G masih tetap jadi andalan karena setahuku 5G dengan teknologi saat ini akan menyedot penggunaan baterai lebih banyak,” kata Ikhsan. Dia mengharapkan perusahaan bisa segera menemukan solusi dari masalah daya baterai tersebut.

Secara umum, kamera dengan kapabilitas yang canggih juga akan menjadi faktor utama yang dipertimbangkan pembeli. Tak sedikit konsumen yang mengulik lebih dalam soal gembar-gembor megapiksel kamera yang besar.

“Kamera zoom alias telephoto semakin sempurna hasil capture-nya walaupun tentu belum terlihat superior seperti lensa tele yang ada di mirrorless,” tambah Ikhsan. Meski demikian, dia optimis jika smartphone mulai mengarah dalam pengembangan lensa yang masif.

Selain itu, beberapa konsumen mulai menilik bagaimana prosesor yang mendukung penangkapan gambar yang lebih baik. “Fast charging dan chipset lebih ngebut masih akan menjadi highlight. Kemampuan virtual RAM juga akan lebih populer di smartphone kelas low end untuk mensiasati minimnya besaran RAM fisik yg biasanya hadir di smartphone kelas ini,” ujarnya. 

Baca juga: 5 Alasan Kalian Perlu Upgrade ke Smartphone Baru

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Wujud Harapan & Optimisme Seni Rupa dalam Pameran New Hope

BERIKUTNYA

Hasil MPL ID S11 Pekan 3: ONIC Makin Meroket, Alter Ego Kian Merosot

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: