Ilustrasi dehumidifier (Sumber gambar: Freepik)

Agar Dehumidifer Lebih Awet, Yuk Lakukan Perawatan Ini Berkala

16 March 2023   |   16:45 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menciptakan tempat tinggal yang sehat bisa dimulai dengan mengatur tingkat kelembapan udara di dalam rumah. Salah satu cara yang sudah banyak dilakukan oleh keluarga di Indonesia ialah dengan menempatkan dehumidifier di sudut rumah, seperti ruang tengah, ruang tamu, hingga kamar tidur.

Sejak tiga tahun terakhir ini, kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dari dalam rumah sendiri memang terus meningkat. Banyak orang mulai berpikir bahwa kualitas udara di dalam rumah adalah hal penting yang harus diperhatikan.

Tidak mengherankan jika produk dehumidifier menjadi diminati. Penggunaan yang mudah dan manfaat kesehatan yang banyak membuat alat elektronik tersebut penting untuk ada di dalam rumah.

Dokter kecantikan Abelina Dini Fitria menjelaskan bahwa kelembapan yang tinggi bisa membuat kasur atau sofa menjadi sarang spora jamur. Jika terhirup dalam jumlah banyak, seseorang dapat mengalami sesak napas.

Menurut dia, penggunaan dehumidifier sangat penting. Setidaknya, seseorang bisa memastikan udara yang dihirup di rumahnya lebih sehat dibandingkan dengan di luar rumah.

Namun, layaknya alat elektronik lainnya, dehumidifier juga perlu perawatan agar fungsinya bisa tetap maksimal. Home Appliances Product Manager PT Sharp Electronics Indonesia Yudha Eka Putra mengatakan bahwa produk dehumidifier membutuhkan perawatan yang berkala.

Namun, proses perawatan tersebut tidak terlalu ribet dan mudah dilakukan di dalam rumah. Selain itu, pembersihan dehumidifer juga relatif tidak membutuhkan waktu yang lama. Proses pembongkaran dan pemasangan juga mudah. Sebab, pabrikan mayoritas sudah memisahkan komponen tertentu yang butuh perawatan berkala, sehingga dibuat mudah untuk dibongkar pasang.
 

(Sumber gambar: Freepik)

(Sumber gambar: Freepik)


Saat ingin melakukan perawatan, sebaiknya konsumen mematikan mesin dan mencopot semua kabel dari dehumidifier terlebih dahulu. Hal itu dilakukan untuk meminimalkan konslet saat dehumidifier dibersihkan.

Setelah dipastikan aman, konsumen dapat membersihkan bagian luar dari dehumidifier. Mulailah dengan menyeka atau lap bagian luar dari dehumidifier. Gunakanlah kain kering yang lembut untuk membersihkannya.

Pembersihan di bagian luar hanya dilakukan dengan cara yang simpel. tidak perlu memakai air berlebihan atau sabun karena bisa masuk ke bagian dalam dan merusak alat tersebut.

Yudha menjelaskan bahwa salah satu komponen penting dari dehumidifier ialah filter udara. Filter ini punya peran penting untuk menyaring udara dan kontaminan tertentu. Oleh karena itu, pastikan filter ini dicek berkala dan selalu dalam keadaan bersih agar fungsinya normal.

“Pengecekan secara berkala ini sebenarnya tergantung dari kondisi ruangan dan polusi udaranya. Jika kondisi udaranya terbilang buruk, sebaiknya filter dicek setiap dua minggu sekali,” ujar Yudha kepada Hypeabis.id.

Cara membersihkan filter tersebut sangat mudah. Konsumen hanya perlu mengeluarkan filter tersebut dari mesin, kemudian bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner.

Menurut Yudha, pembersihan filter memiliki beragam cara. Namun, jika menggunakan Sharp Dehumidifier DW-E16FA-W, pembersihan hanya boleh dilakukan dengan vacuum cleaner. Yuda tidak menyarankan membersihkan menggunakan sabun atau air.

Sebaliknya, bagian tangki air perlu pembersihan yang lebih maksimal dengan sabun. Sebab, tangki air merupakan tempat pembuangan uap air dan kontaminan kotor yang ada di udara. Jika sudah dibersihkan, konsumen perlu mengeringkan tangki air sebelum dipasang kembali ke dehumidifier.

Sementara itu, bagian lain dehumidifier tidak membutuhkan perawatan khusus. Terlebih, di bagian dalam, seperti kompresor. Konsumen tidak perlu repot-repot mencuci karena kontaminan dari luar sudah tersaring dengan sempurna lewat filter.

Baca juga: Perusahaan Ini Meluncurkan Alat Deteksi Teks Buatan AI

Namun, jika masih ingin membersihkan bagian dalam, konsumen bisa menggunakan vacuum cleaner  kecil untuk menyedot debu-debu yang mungkin bersarang di dalam dehumidifier.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Intip Profil Kim Seon Ho, Aktor Ganteng Yang Bakal Datang ke Jakarta

BERIKUTNYA

Pameran City of All Accor Tawarkan Promo Menarik Staycation di Hotel Mewah Seluruh Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: