Produk dehumidifier (Sumber foto: Fanny Kusumawardhani/Bisnis)

Manfaat Kesehatan dari Dehumidifier, Bisa Cegah Tungau Hingga Peradangan

15 March 2023   |   16:59 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Berada di iklim tropis membuat Indonesia punya tingkat kelembapan udara yang tinggi. Situasi ini dapat mengganggu kondisi kesehatan seseorang, apalagi bagi yang memiliki alergi. Kelembapan yang tinggi bisa membuat reaksi alergi terjadi lebih sering, dari yang ringan seperti gatal-gatal sampai ke tahap berat seperti asma. 

Dokter kecantikan, Abelina Dini Fitria, mengatakan bahwa berada di lingkungan dengan kelembapan yang tinggi dapat memperburuk reaksi alergi seseorang. Sebab, alergen yang berada di udara akan menyatu di kondisi yang lembap.

Kelembapan yang tinggi, apalagi di dalam rumah, juga membuat debu akan berkumpul di satu titik dan menjadi sarang tungau berkembang biak. Adanya tungau membuat kondisi kesehatan orang yang berada di dalam rumah bisa terganggu, apalagi kalau sudah memiliki bayi.

“Secara jangka panjang, alergi yang timbul dapat membuat peradangan dan menghambat perkembangan si anak,” ujar dokter Abelina saat acara peluncuran Sharp Dehumidifier, Jakarta, beberapa waktu lalu.  

Baca juga: Penting! Yuk Kenali Gejala, Komplikasi & Perawatan Alergi

Sederet alasan itu membuat produk seperti dehumidifier cukup dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Alat elektronik penjaga kadar kelembapan ini bisa membantu menciptakan kondisi udara yang ideal di dalam rumah.

Ada beberapa produk dehumidifier yang telah beredar di Indonesia. Perusahaan multinasional asal Jepang, Sharp, misalnya baru-baru ini meluncurkan dehumidifier tipe DW-E16FA-W. Secara fisik, dehumidifier DW-E16FA-W mengusung tampilan yang simpel dan elegan.

Dengan desain yang tidak terlalu mencolok, dehumidifier dapat diletakkan di mana saja tanpa khawatir mengganggu tampilan ruangan. Sharp Dehumidifier DW-E16FA-W memiliki cakupan area 38 meter persegi dengan kapasitas tangki mencapai 3 liter. Dimensinya tidak terlalu besar, hanya 360x260x565 mm dengan berat 12,2 kilogram.

Dengan konsumsi listrik hanya 190 watt, dehumidifier ini punya beberapa mode yang lengkap. Home Appliances Product Manager PT Sharp Electronics Indonesia Yudha Eka Putra menjelaskan ada empat mode yang kegunaanya bisa disesuaikan dengan kondisi.

Mode pertama adalah dehumidifikasi. Mode ini berguna untuk mengambil kadar uap air di udara yang terlalu banyak sehingga tercipta kondisi udara yang lebih ideal. Proses penstabilan udara dari yang tadinya lembap ke ideal hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam sejak mesin dinyalakan.

“Jika kelembapan di dalam rumah tinggi, sebaiknya dinyalakan 24 jam.  Ada sensor yang bisa membuat alat otomatis berhenti ketika kelembapan sudah ideal dan kembali menyala saat kelempaban sudah melewati batas,” ujar Yuda kepada Hypeabis.id.

Mode kedua adalah laundry. Sesuai dengan namanya, mode ini bisa dipakai untuk mengeringkan pakaian yang dijemur di dalam rumah. Fitur dehumidifikasi yang berpadu dengan kecepatan kipas maksimum membuat pakaian akan kering hanya dengan waktu empat jam saja.

Mode ketiga adalah deodorizing filter. Mode ini dapat membantu menghilangkan bau pada pakaian, sofa, atau kasur yang masih berada di satu ruangan dengan dehumidifier.

Mode keempat ialah air purifier. Adanya fitur air purifier membuat alat ini jadi paket lengkap. Sebab, selain bisa mengeringkan ruangan, alat ini juga dapat melembapkan udara. Jika fitur air purifer dinyalakan, secara otomatis fitur dehumidifikasi akan mati.

Air purifier akan menarik udara ke dalam penyaringan untuk menghilangkan kontaminan. Udara yang dikeluarkan tidak hanya bersih, tetapi juga mengandung ion positif dan ion negatif berkat teknologi plasmacluster HD 7000.

Selain Sharp, jenama Notale juga mengeluarkan beberapa produk dehumidifier. Salah satu yang memiliki fitur cukup lengkap ialah varian Notale Dehumidifier Milzu. Varian ini memiliki bentuk yang kokoh dan desain yang elegan.

Oleh karena itu, Notale Dehumidifier Milzu cocok untuk digunakan di kamar, ruang tamu, atau ruangan lain yang memiliki ventilasi buruk. Dengan ukuran hanya sebesar 366 x 220 x 613 mm, produk ini juga tidak akan terlalu banyak memakan tempat. Terlebih, produk ini memiliki roda di bagian bawah sehingga lebih mudah ketika dipindahkan ke tempat lain.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan Notale Dehumidifier Milzu. Adanya air purifiying filter membuat produk ini mampu menyaring debu yang bertebaran di udara. Tidak hanya itu, bakteri yang ada juga akan ikut tersaring ke dalam dehumidifier.

Dengan demikian, dehumidifier dari Notale tidak hanya berfungsi untuk melembapkan udara saja, tetapi juga mengurangi kemungkinan bakteri dan jamur tumbuh di dalam rumah.

Meski cukup ramping, Notale Dehumidifier Milzu punya kapasitas yang besar. Produk dehumidifier ini mampu menyerap uap air hingga 20 liter per hari. Kapasitas besar ini akan memastikan kelembapan udara bisa terus berada di angka yang normal meski alat digunakan sepanjang hari.

Kapasitas tangki untuk menyimpan uap air juga cukup besar, yakni mencapai 4,5 liter. Produk ini juga memiliki fitur auto off sehingga ketika tangki air penuh, mesin otomatis berhenti bekerja. Jika tidak ingin ribet, konsumen bisa memakai selang untuk mengalirkan uap air ke lokasi lain sehingga tidak perlu mengganti tangki air secara berkala.

Hal menarik lain dari Notale Dehumidifier Milzu ialah dapat tersambung dengan smartphone. Jadi, konsumen bisa mengoperasikan dehumidifier melalui aplikasi meski sedang tidak berada di dalam rumah. 

Baca juga: Hempaskan Virus dan Bakteri, Cek 5 Tips Memilih Air Purifier

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah

SEBELUMNYA

Jangan Mager Ya, 1 dari 3 Orang Dewasa Berpotensi Terkena Osteoporosis saat Lansia

BERIKUTNYA

Intip Menu Berbuka Puasa Bertema Indonesia hingga Timur Tengah di Berbagai Hotel di Solo

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: