Selebrasi Haaland Ketika Mencetak Rekor (Instagram: erling.haaland)

Haaland Bukan Yang Pertama, Inilah Pencetak Rekor 5 Gol UCL Terdahulu

16 March 2023   |   16:30 WIB

Erling Haaland, seorang bintang muda berkebangsaan Norwegia berusia 22 tahun yang merupakan ujung tombak dari Manchester City ini baru saja mencatatkan rekor menakjubkan di Liga Champions pada laga leg ke-2 penyisihan 16 besar Liga Champions musim ini saat menghadapi klub perwakilan dari Jerman yakni RB Leipzig. Dengan skor 7-0.

Manchester City lolos ke babak berikutnya dengan agregat akhir 8-1. 

Pemain yang digadang-gadang menjadi penerus Filippo Inzaghi ini sukses mencetak 5 gol dan menjadikannya sebagai pemimpin top skor terbaru Liga Champions, menggeser Mohamed Salah dari Liverpool yang baru saja tersingkir di persaingan setelah tumbang dari salah satu raksasa spanyol Real Madrid.

Haaland saat ini memimpin pencetak gol terbanyak di Liga Champions dengan 10 gol dan angka ini masih mungkin bertambah seiring dengan lolosnya  Manchester City di pentas paling bergengsi dunia sepak bola Eropa ini menuju babak 8 besar bersama Chelsea sebagai perwakilan dari Inggris.

Dengan hasil terbaru tersebut, Haaland kini mencetak 39 gol dari 36 pertandingan seluruh Liga musim ini serta menggeser Kylian Mbappe sebagai pemain muda tercepat yang berhasil mencetak 30 gol di Liga Champions.

Lalu, siapa saja pemain yang sudah berhasil mencetak quintrick di Liga Champions selain Haaland sebelumnya?


1. Lionel Messi

Ada persamaan unik antara Haaland dan Messi. Pasalnya, keduanya sama-sama mencetak rekornya pada saat menghadapi sesama wakil Jerman di babak 16 besar Liga Champions musim 2011/2012. Messi mencetak 5 golnya pada saat masih berseragam Barcelona yang menghadapi Bayer Leverkusen. 
 

Lionel Messi (Sumber foto Youtube)

Lionel Messi (Sumber foto Youtube)


Barcelona mendominasi Leverkusen pada leg ke-2 saat itu dengan skor 7-1 yang berakhir dengan agregat 10-2. Namun, fakta gilanya adalah Messi mencatatkan rekor tersebut tanpa melalui gol penalti.

Dengan hasil itu, Messi menjadi pencetus rekor tersebut yang kemudian disusul oleh Luiz Adriano 3 tahun setelahnya.

Pada tahun 2011/2012 itu, Messi mencatatkan 73 gol dari 60 pertandingan dan 14 gol di antaranya dicetak di Liga Champions. Namun, langkah Barcelona harus terhenti dari Chelsea pada babak semifinal dengan agregat akhir 3-2 yang dimenangi Chelsea.

2. Luiz Adriano

Luiz Adriano mencatatkan rekornya pada saat berseragam Shakhtar Donetsk. Laga tandang kala menghadapi Bate Borisov menjadi saksi atas sejarah 5 gol yang ia catatkan pada Liga Champions musim 2014/2015. Shakhtar Donetsk mendominasi dengan agregat akhir 12-0.

 

Luiz Adriano (Sumber foto: Youtube)

Luiz Adriano (Sumber foto: Youtube)


Namun, mereka mendapatkan balasan yang menyakitkan atas rekor tersebut kala bertemu raksasa dari Jerman Bayern Munchen.

Baca juga: Siapa Marcin Oleksy? Pesepakbola Amputasi Peraih FIFA Puskas Award 2022

Shakhtar Donetsk gugur pada babak 16 besar setelah mengalami kekalahan telak atas Bayern dengan agregat akhir 7-0. Adriano tercatat telah melesatkan 21 gol dari 33 pertandingan seluruh liga musim 2014/2015.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Pameran Artina Jilid 2 Angkat Tema Mantrajiva, Tampilkan Koleksi Karya Bertema Spritualitas

BERIKUTNYA

Ini Tip Beli Produk Kosmetik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: