Rossa (Sumber Foto: Instagram/@itsrossa910)

25 Tahun Berkarya, Simak Perjalanan Karier Rossa dari Penyanyi Cilik hingga Punya Label Sendiri

16 March 2023   |   09:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, siapa yang tak kenal Rossa. Penyanyi solo kelahiran 1978 tersebut kali ini akan membagikan ceritanya saat memulai karier di industri musik tanah air. Rossa bergabung dengan major label dan didebutkan sebagai penyanyi cilik pada 1996.

Sampai saat ini, dia aktif merilis single baru dan mencetak banyak prestasi sampai ke kancah internasional. Dalam wawancaranya bersama Hypeabis, Rossa menuturkan bahwa dia kerap bekerjasama dengan label musik major sejak awal kariernya hingga 2018. Sepanjang masa itu, dia juga beberapa kali menerima tawaran untuk pindah ke label internasional.

Baca juga: 30 Tahun Berkarier, Ini Dia Daftar Album Terbaik Dewa 19 Sepanjang Masa

"Alasan aku dulu bergabung dengan label major karena usiaku yang masih sangat muda ketika debut sebagai penyanyi. Ada banyak kontribusi yang diberikan label terhadap karier bermusikku, mulai dari proses produksi sampai promosi," ujarnya.

Di bawah naungan label Trinity Optima Production (dulu bernama Dian Records/Pro-Sound), Rossa telah menjual lebih dari 11 Juta keping album rekaman fisik hingga tahun 2021. Sebagai musisi, Rossa juga aktif berpartisipasi dalam proses produksi musik. Dia rajin berdiskusi teman-teman musisinya dan memberikan inspirasi mengenai tema lagu.

Setelah lama bermusik, Rossa pun harus berpisah dengan label yang membesarkan namanya. Penyanyi yang terkenal dengan lagu Tegar itu sukses medirikan labelnya sendiri dan merekrut banyak artis pendatang baru. Tentu ada cerita menarik saat dia memutuskan untuk membuat label musik sendiri. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rossa (@itsrossa910)


Sebelumnya pada 2019, Rossa bergabung dengan SM Entertainment. Namun karena pandemi, dia kesulitan untuk melakukan recording karena SM memiliki kantor pusat di Korea. Padahal saat itu, Rossa harus segera merilis lagu barunya.

"Lalu ada kebijakan dari SM untuk merilis single tapi harus bawah label sendiri,” ujar Rossa

Kemudian lahirlah Inspire Music pada 2020 dengan Rossa sendiri sebagai founder-nya bersama manajernya, Intan. Saat ini label yang juga merangkap sebagai manajemen artis tersebut telah menaungi beberapa nama seperti RiriMoeya, Eva Celia, Rio Dewanto, Dimas Anggara, Della Dertyan, and Gabriel Prince.

Lama berkecimpung di industri musik Indonesia, Rossa menyebutkan tantangan apa saja yang pernah dia hadapi. Misalnya saat bermusik di bawah major label, Rossa merasa seperti dibatasi baik untuk kegiatan produksi maupun promosi dengan keterbatasan budget. Sementara itu, dia juga masih belajar untuk menemukan strategi yang tepat pasca mendirikan label sendiri.

Tahun ini Rossa kembali aktif memproduksi album setelah vakum selama enam tahun dengan album terakhir, A New Chapter yang dirilis pada 2017. Beberapa waktu lalu, dia merilis album bertajuk Another Journey: The Beginning yang diproduksi dari sejak 2020.

Dalam pengerjaan album terbarunya, Rossa menggandeng beberapa komposer ternama seperti Yovie Widianto, Enda Ungu, Melly Goeslaw, Ryan D'Masiv, Andmesh Kamaleng, Mahalini. dan lainnya. Tak butuh waktu lama, album ini langsung menduduki chart nomor 1 di Apple Music dan di ITunes.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ajak Wanita Naik Kelas, Make Over Kenalkan Konsep Beauty Beyond Compare

BERIKUTNYA

Jangan Langsung Keluar Bioskop, Cek Post Credit Scene Film Shazam! Fury of The Gods

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: