Ilustrasi hill hold control (Sumber gambar: Lifepal)

Kelebihan & Kekurangan Hill Hold Control, Fitur yang Bantu Mobil Hadapi Jalan Menanjak

14 March 2023   |   20:46 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Membawa mobil di jalanan menanjak tak jarang menimbulkan kekhawatiran pengemudi jika kendaraan yang dimiliki tidak kuat menanjak atau menimbulkan kemacetan hingga kecelakaan. Untuk menghindari kejadian yang berisiko akan keamanan tersebut, penting bagi pemilik kendaraan melengkapi mobil mereka dengan Hill Hold Control.

Fitur Hill Hold Control atau disebut juga Hill-Start Assist dipasang untuk membantu mobil tetap berhenti saat mengemudi di jalan menanjak. Fitur satu ini terbilang penting dimiliki, terutama bagi pengemudi yang sering melewati jalur tanjakan, untuk membantu memulai kembali kendaraannya di tanjakan dengan lebih mudah dan mengurangi risiko kecelakaan.

Baca juga: Berminat Beli Mobil Listrik? Cek 5 Hal Ini Dulu Yuk!

Menghentikan mobil selama beberapa detik setelah melepaskan rem, fitur ini membantu pengemudi memiliki waktu memindahkan kaki ke pedal gas tanpa khawatir mobil akan mundur. Dengan begitu, pengemudi tidak perlu merasa khawatir kendaraan akan tergelincir ke belakang saat mobil dalam posisi menanjak.

Untuk informasi lengkapnya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan Hill Hold Control bagi kendaraan.


Kelebihan Hill Hold Control


1. Menghindari mobil mundur ke belakang

Kelebihan pertama dari Hill Hold Control (HHC) yaitu dapat membantu mencegah mobil bergeser ke belakang saat pengemudi melepas rem ketika berada di tanjakan. Fitur ini membantu pengemudi memindahkan kaki dari rem ke gas tanpa khawatir mobil mundur ke belakang.


2. Meningkatkan kemampuan pengemudi

Dengan fitur HHC, pengemudi terutama bagi mereka yang masih kurang mahir membawa kendaraannya di posisi tanjakan dapat lebih percaya diri dan nyaman.


3. Mengurangi risiko kecelakaan

Fitur HHC juga dapat membantu pengemudi lebih mudah mengontrol kendaraannya saat memulai kembali berada ditanjakan. Sebab, fitur pengaman satu ini dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan karena kendaraan mundur ke belakang.
 

Ilustrasi hill hold control (Sumber gambar: Lifepal)

Ilustrasi hill hold control (Sumber gambar: Lifepal)


Kekurangan Hill Hold Control


1. Fitur HHC termasuk dalam biaya tambahan

HHC merupakan fitur tambahan pada mobil. Dengan begitu, dapat membuat biaya pembelian kendaraan lebih mahal.


2. Kesalahan sistem

Pada beberapa kasus, HHC dapat melakukan kesalahan deteksi yang menyebabkan mobil tidak bisa berjalan.


3. Mengurangi pengalaman mengemudi

Pemakaian HHC dapat mengurangi pengalaman pengemudi saat berada di posisi tanjakan. Pasalnya, fitur ini bisa membantu pengemudi ketika menanjak di jalanan terjal dan sempit, karena pengendara tidak perlu lagi memakai teknik kopling gas yang sulit dan berisiko saat kembali menyalakan kendaraannya di tanjakan jalan.

Fitur ini sangat membantu terutama bagi pengemudi yang masih kurang mahir mengemudi di jalanan menanjak. Meski dibantu fitur HHC, pengemudi harus tetap mengikuti aturan keselamatan berkendara dan memperhatikan kondisi jalan serta memiliki keterampilan mengemudi yang baik.

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Cek Manfaat Senam Aerobik yang Enerjik, Bisa Bakar Kalori Hingga Bikin Badan Ideal

BERIKUTNYA

Kilas Balik 3 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: