Ilustrasi rumus matematika (Sumber gambar: Unsplash/Christian Padureh)

7 Matematikawan Paling Berpengaruh Sepanjang Masa, Al-Khawarizmi hingga Alan Turing

14 March 2023   |   18:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

4. Diophantus

Diophantus adalah matematikawan yang tinggal di Alexandria pada abad ke-3 M. Dia disebut sebagai Bapak Aljabar dan telah menulis buku berjudul Arithmetica, sebuah kumpulan masalah aljabar yang kelak mempengaruhi perkembangan selanjutnya dari teori bilangan. 

Dia merupakan salah satu matematikawan pertama yang memperkenalkan simbolisme ke dalam aljabar. Salah satunya lewat buku Arithmetica, yang menjadi risalah pertama tentang aljabar yang pernah ditulis oleh ilmuwan pada masanya. 

Buku ini terdiri dari 13 buku dan hingga saat ini telah diterjemahkan dalam banyak bahasa di dunia. Karya lain dari Diophantus adalah buku Polygonal Numbers and Geometric Elements tentang geometri kompleks serta Moriastics, buku tentang pecahan.


5. Hypatia

Hypatia (360-415 M) merupakan ahli matematika yang terkenal di dunia. Perempuan kelahiran Alexandria ini tak hanya ahli matematika, tetapi juga seorang astronom dan filsuf yang memiliki banyak murid pada masanya.

Hypatia adalah putri Theon dari Alexandria yang juga merupakan ahli matematika dan astronom. Theon paling diingat berkat sumbangsihnya dalam pelestarian Elemen Euclid, sebuah buku tentang matematika dan geometri yang ditulis oleh Euclides, matematikawan Yunani pada awal abad ke-3 SM.

Dilansir dari Britannica, Hypatia dikenal sebagai salah satu ilmuwan yang mengulas Aritmetika karya Diophantus yang terdiri dari tiga belas jilid. Selain itu, dia juga pernah membuat ulasan untuk risalah Apollonius dari Perga mengenai irisan kerucut, tapi ulasan tersebut kini sudah hilang ditelan zaman.
 

6. Rene Descartes

Meski dikenal sebagai Bapak Filsafat Modern, Rene Descartes juga memiliki sumbangsih yang tidak sedikit dalam ilmu matematika. Salah satunya lewat kalkulus modern yang kelak dikembangkan oleh Newton dan Leibniz, dan memengaruhi kehidupan modern saat ini.

Tak hanya itu, pada 1637 Descartes juga menerbitkan risalah filosofis bertajuk Discours de la méthode. Lalu ada juga salah satu lampirannya khusus bertajuk La Géométrie, yang sekarang dianggap sebagai purwarupa dalam sejarah matematika modern. 
 

7. Alan Turing

Di dunia modern, salah satu matematikawan paling populer adalah Alan Turing. Dia dikenal sebagai tokoh yang menciptakan metode pemecah kode yang akhirnya akan membantu dalam memecahkan kode Enkripsi Enigma milik Jerman saat perang dunia II berlangsung. 

Tak hanya itu, Turing adalah orang pertama yang mengembangkan ide untuk program komputer agar dapat bermain catur. Hal inilah kelak yang memengaruhi progresivitas teknologi komputer dan berkembang menjadi dunia internet yang kita kenal seperti sekarang.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
1
2


SEBELUMNYA

Museum MACAN Siapkan Pameran Eksklusif Seniman Populer Sepanjang 2023

BERIKUTNYA

pH-1 Siap Gelar Konser di Jakarta Mei 2023, Cek Harga Tiket & Seat Plan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: