Gudfest 2023 (Sumber gambar: Gudlive)

Gudfest 2023 Batal Digelar, Promotor Bakal Fokus pada Proses Refund

14 March 2023   |   13:01 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Festival musik Gudfest 2023 yang rencananya digelar pada 19 Maret 2023 di Gor Soemantri, Plaza Festival Jakarta, dibatalkan. Informasi ini disampaikan oleh Gudlive selaku promotor Gudfest. Pembatalan ini dilakukan promotor lantaran banyak pihak yang memberikan sentimen negatif terhadap acara ini, dan menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam unggahan di akun Instagram, Gudlive menyatakan bahwa keputusan pembatalan Gudfest diambil lantaran perkembangan isu yang terjadi belakangan ini mengenai refund tiket Gudfest 2022 yang masih terus bergulir dan belum terselesaikan di kalangan pembeli tiket dengan promotor, yang berpotensi akan menjadi situasi yang sulit untuk dikendalikan.

"Setelah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait, maka kami dengan terpaksa memutuskan untuk membatalkan konser Gudfest 19 Maret 2023," demikian pernyataan resmi Gudlive.

Baca juga: Guns N' Roses & Arctic Monkeys Siap Guncang Glastonbury Festival 2023

Promotor juga menyampaikan bahwa pembatalan ini diputuskan dikarenakan adanya pihak-pihak yang menyuarakan hal-hal negatif yang dinilai merugikan pihak promotor terkait refund Gudfest 2022, yang masih terus diproses sampai saat ini.

"Bahkan patut diduga sampai mengancam akan mengerahkan massa ke event Gudfest 19 Maret 2023 SUM41, dan dikhawatirkan akan membuat keonaran yang akan mengganggu jalannya event," tulis promotor.

Dalam pernyataannya, Gudlive juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak yang dirugikan akibat pembatalan acara ini mulai dari pengisi acara, sponsor, media, dan seluruh pembeli tiket. Mereka tak memungkiri bahwa keputusan ini akan menimbulkan rasa kecewa mendalam bagi semua pihak yang terlibat.

Namun, keputusan ini promotor ambil lantaran ingin menyelesaikan polemik refund para pembeli tiket Gudfest 2022 agar tetap berjalan lancar dan kondusif, sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang berkepanjangan antara promotor dan seluruh pembeli tiket.

Adapun, promotor juga menegaskan bahwa untuk seluruh pembeli tiket Gudfest 2023 akan langsung dilakukan refund dengan proses terpisah, tidak bersamaan dan mengganggu jalannya proses refund lainnya yang detailnya akan diinformasikan segera oleh mereka.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Gudfest (@gud.festival)



Sementara itu, awalnya, festival musik Gudfest 2022 dijadwalkan dihelat selama 3 hari berturut-turut yakni 18-20 November 2022 di area Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Namun, 4 hari sebelum penyelenggaraan, promotor mengumumkan bahwa Gudfest 2022 resmi ditunda lantaran ada alasan teknis yang belum terpenuhi sehingga acara terpaksa ditunda.

Kekecewaan calon penonton pun membanjiri kolom komentar Instagram Gudfest, mengingat hanya tinggal menghitung hari hingga acara berlangsung. Hingga hari ini, proses  refund  dikatakan masih bergulir. Namun, tak sedikit pihak juga yang menilai bahwa promotor dinilai tidak transparan dan tidak tepat waktu terkait proses refund, sehingga merugikan pembeli tiket.

Di tengah polemik itu, promotor mengumumkan bahwa Gudfest akan diselenggarakan pada 18-19 Maret 2023. Sampai pada akhirnya, festival musik itu dijadwaljan hanya akan digelar selama satu hari pada 19 Maret 2023 di GOR Soemantri, Plaza Festival Jakarta, yang dijadwalkan akan diramaikan oleh sejumlah band lokal maupun internasional seperti Sum 41, Ntrl, Summerlane, Rocket Rockers, Anarcute, Stereo Wall, dan Closehead.

Sebelumnya, Bimo Nugroho sebagai perwakilan dari Gudlive menjelaskan bahwa proses pengembalian dana tiket (refund) dilakukan secara manual, sehingga jumlah yang dapat ditransfer per harinya terbatas yakni sebanyak 250 orang.

"Bagi GudFriends yang masih menunggu antrian refund mohon kesabarannya. Sebagai pihak penyelenggara kami akan bertanggung jawab hingga proses refund selesai semuanya. Perkiraan waktu selesai refund pada April 2023," jelasnya.

Sebagai pihak promotor, dia menyampaikan permohonan maaf kepada pembeli atas  proses refund yang memerlukan proses yang lama. Kejadian ini juga akan menjadi bahan evaluasi bagi pihaknya untuk perhelatan festival-festival berikutnya.

"Semoga GudFriends dapat memaklumi atas keterlambatan refund ini. Gudlive akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan semua proses refund pembelian tiket Gudfest sebelumnya," tambahnya.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Diperingati Setiap 14 Maret, Ini Sejarah & Tujuan Hari Matematika Internasional

BERIKUTNYA

Yuk Intip Koleksi Busana Hari Raya Idulfitri 2023 dari Vanilla Hijab dan Mandjha Hijab

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: