Penumpang di stasiun kereta api (Sumber gambar: PT KAI)

KAI Sediakan 400.000 Tiket Mudik Lebaran Tambahan Melalui Website dan Aplikasi

13 March 2023   |   20:57 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ada kabar baik bagi Genhype yang tidak kebagian tiket kereta api untuk mudik lebaran pada tahun ini. PT Kereta Api Indonesia sebagai operator menjual tiket KA Jarak Jauh Tambahan mulai Senin, (13/3/2023), yang tersedia melalui sejumlah kanal penjualan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus, mengatakan pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan berbagai mitra penjualan resmi yang bekerja sama dengan perusahaan. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melakukan pembelian langsung di loket atau go show mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

Dia menuturkan, langkah perusahaan mengoperasikan kereta api tambahan di berbagai rute untuk memenuhi permintaan masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman pada masa mudik lebaran tahun ini.

Baca juga: Tiket Kereta Api Untuk Mudik 18-21 April 2023 Hampir Habis Nih!

“KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat guna mudik menggunakan kereta api pada momen Lebaran 2023,” katanya dalam rilis yang dilihat Hypeabis.id pada Senin, (13/3/2023).

Adapun, jumlah tiket kereta api tambahan yang disediakan untuk masa angkutan Lebaran 2023 mencapai 487.180 atau 22.144 tiket per hari di sejumlah rute favorit, seperti Jakarta - Solo PP, Jakarta - Surabaya PP, Bandung - Semarang PP, Yogyakarta - Surabaya PP, dan lainnya.  

Manajemen mencatat sejumlah kereta api jarak jauh juga telah memiliki okupansi tinggi . KA yang memiliki tingkat keterisian hingga 100 persen adalah KA Airlangga dan KA Kahuripan. Sementara KA Bengawan mencapai 95,63 persen, KA Sri Tanjung 85,48 persen, dan KA Serayu sebanyak 61,12 persen.

Berdasarkan pantauan pada Minggu (12/3/2023), pukul 19.00 WIB, tiket KA Jarak Jauh pada masa Angkutan Lebaran 2023 yang terjual untuk keberangkatan 12 - 26 April 2023 sebanyak 514.127 atau 32,3 persen dari total keseluruhan tiket yang disediakan, yakni sebanyak 1.594.014 tiket.

Untuk diketahui, pada masa angkutan lebaran tahun ini, manajemen memberlakukan pembelian 45 hari sebelum keberangkatan atau H-45 agar para pelancong dapat mengatur waktu untuk pulang ke kampung halaman pada lebaran tahun ini.

 

Berikut daftar KA Tambahan pada masa angkutan Lebaran 2023.


- Keberangkatan 1, 2, 6-9, 13-30 April 2023

  • KA Sancaka Tambahan (Surabaya Gubeng - Yogyakarta PP)


- Keberangakatan 1, 2, 7-9, 14-30 April 2023

  • KA Arjuno Ekspres (Surabaya Gubeng - Malang PP)


- Keberangakatan 1-10, 12-30 April 2023

  • KA Argo Sindoro Tambahan (Semarang Tawang - Gambir PP)


- Keberangkatan 6-30 April 2023

  • KA Gajayana Tambahan (Malang - Gambir PP)
  • KA Sembrani Tambahan (Surabaya Pasarturi - Gambir PP)
  • KA Argo Sindoro Tambahan (Semarang Tawang - Gambir)
  • KA Argo Muria Tambahan (Gambir - Semarang Tawang)


- Keberangkatan 11-30 April 2023

  • KA Kertajaya Tambahan (Surabaya Pasarturi - Pasar Senen)
  • KA Brantas Tambahan (Blitar - Pasar Senen)
  • KA Ciremai (Semarang Tawang - Bandung)


- Keberangkatan 12-30 April 2023

  • KA Argo Lawu Tambahan (Solo Balapan - Gambir PP)
  • KA Argo Dwipangga Tambahan (Solo Balapan - Gambir PP)
  • KA Taksaka Tambahan (Yogyakarta - Gambir PP)
  • KA Kertajaya Tambahan (Pasar Senen - Surabaya Pasarturi)
  • KA Brantas Tambahan (Pasar Senen - Blitar)
  • KA Ciremai (Bandung - Semarang Tawang)
  • KA Malioboro Ekspres (Malang - Yogyakarta PP)
  • KA Pasundan Tambahan (Surabaya Gubeng - Kiaracondong PP)
  • KA Tambahan Sbi - Sgu - Gmr (Surabaya Pasarturi - Surabaya Gubeng - Gambir PP)
 
Sementara itu, berikut cara memesan tiket kereta api jarak jauh tambahan yang dihimpun oleh Hypeabis.id dengan menggunakan KAI Access:

Langkah pertama, unduh aplikasi di gawai jika belum memiliki aplikasi dari Google Playstore bagi pengguna smartphone android. Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut. Jangan lupa untuk melakukan registrasi ketika laman aplikasi keluar.

Kemudian, log in dengan akun yang telah diregistrasi. Di halaman aplikasi, kalian akan mendapati pilihan KA antar kota dan KA Lokal. Pilihlah KA Antar Kota dan isi stasiun asal tempat kalian akan naik dan stasiun tujuan.

Setelah itu, pilih tanggal berangkat, masukan jumlah penumpang yang akan menggunakan jasa kereta api jarak jauh. Setelah itu, klik cari.

Laman aplikasi akan menampilkan daftar kereta yang dapat dibeli. Klik nama kereta dengan nama tambahan. Kemudian, ikuti langkah berikut dengan mengisi sejumlah data yang diperlukan. Pilih tempat duduk sebagai langkah lanjutan dan jangan lupa untuk menyimpan data pemesanan.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Serial Mungkin Suatu Hari Nanti Siap Tayang di Vidio, Dibintangi Tissa Biani hingga Zikri Daulay

BERIKUTNYA

Meryl Streep Bakal Tampil di Only Murders in the Building Season 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: