Iluastrasi konser dengan bantuan Metaverse dan AI (sumber gambar Unaplsah/Aditya Chinchure)

Konser Musik dengan Teknologi AI dan Metaverse Kian Marak, dari Ariana Grande hingga Glenn Fredly

08 March 2023   |   20:37 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

5. Justin Bieber

Justin Bieber mengadakan penampilan metaverse pertamanya di Wave pada 2021 untuk mempromosikan albumnya, Justice. Teknologi Wave memang memungkinkan penggemar untuk terlibat dengan Bieber serta berinteraksi dengan sang artis pujaan. Tidak seperti pertunjukan metaverse lainnya, Justin Bieber bahkan saat itu bisa membuat avatar secara langsung dengan mengenakan setelan motion-capture.


6. Twenty One Pilots

Grup band asal Ohio, Amerika Serikat ini juga memasuki metaverse melalui kinerja Roblox mereka. Pengalaman tersebut melibatkan penggemar dengan cara yang inovatif, karena menyertakan setlist yang dinamis.  Tak hanya itu, pemain Roblox bahkan dapat mengontrol urutan lagu di setlist melalui sistem voting instan. Selain performa, pemain Roblox dapat mengakses fitur interaktif, emote, serta lebih dari 30 merchandise virtual eksklusif dari Twenty One Pilots.


7. Ozzy Osbourne

Vokalis grup band legendaris Black Sabbath, Ozzy Osbourne juga melakukan konser metaverse yang bernama Ozzfest pada 2022. Menjadi bagian dari Festival Musik Metaverse Decentraland, Ozzfest menampilkan pertunjukan metaverse oleh Megadeth, The Raven Age, Motorhead, dan tentu saja Osbourne alias sang Pangeran Kegelapan. 


8. Mocca

Tak hanya di luar negeri, Indonesia juga sering menggelar konser dalam dunia metaverse, salah satunya yang dilakukan grup band Mocca pada 2022. Lewat konser bertajuk Mocca Love Fest itu bahkan mereka juga meluncurkan NFT yang bisa dikoleksi oleh para penggemar serta tidak dipungut biaya saat menonton konser tersebut.


9. Glenn Fredly

Terbaru, musisi Glenn Fredly juga akan 'dihidupkan' kembali dalam teknologi hologram dalam konser memperingati 25 tahun mendiang pelantun Januari itu. Tak hanya itu, dalam konser ini nantinya juga akan digunakan bantuan AI dan computer generated imagery guna menampilkan sosoknya.

Adapun, konser bertajuk Glenn Fredly: 25 Years of Music itu akan dihelat pada 24 Juni 2023, di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara. Rencananya, konser ini juga bakal menampilkan musisi lintas generasi untuk memberikan penghormatan pada Glenn.


Editor: Fajar Sidik
1
2


SEBELUMNYA

Meriahnya Festival Kampong Gelam Singapura di Bulan Ramadan, Ada Bazaar Makanan dan Buka Puasa Bersama

BERIKUTNYA

Mengintip Koleksi Terbaru Sejauh Mata Memandang yang Terinspirasi dari Jajanan Tradisional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: